Nama Alat Untuk Mengukur pH Air (pH Meter)

Dalam pembahasan alat uji lingkungan kali ini disini Blog Lab akan menjelaskan tentang apa nama alat yang biasa digunakan untuk mengukur pH air yaitu alatnya yang bernama pH meter. Maka dari itu berikut ini admin akan menjelaskan secara lengkap mengenai alat pH meter berikut ini.

Apa itu Air?

Air adalah senyawa kimia yang terdiri dari hidrogen dan oksigen, dengan rumus kimia H₂O. Air bersifat tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa, dan merupakan salah satu bahan yang paling penting bagi keberlangsungan kehidupan di Bumi. Air memiliki banyak fungsi penting bagi kehidupan, seperti menjaga keseimbangan suhu tubuh, membantu proses metabolisme, dan sebagai pelarut bagi banyak zat yang dibutuhkan oleh organisme.

Apa itu pH?

pH adalah sebuah ukuran yang mengukur tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan. pH dinyatakan dalam skala yang berkisar dari 0 hingga 14, dengan angka 7 sebagai titik netral. Larutan dengan pH di bawah 7 disebut asam, sedangkan larutan dengan pH di atas 7 disebut basa. pH dihitung dengan menggunakan rumus kimia tertentu, dan dapat diukur menggunakan alat yang disebut pH meter. Tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan dapat mempengaruhi kondisi lingkungan dan kesehatan organisme yang tinggal di dalamnya. Oleh karena itu, penting untuk memantau dan mengontrol pH suatu larutan untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

Untuk melakukan pengukuran pH terhadap air anda bisa menggunakan sebuah alat yang bernama pH meter. Dan berikut adalah penjelasan tentang pH Meter.

pH Meter

pH meter adalah alat alat ukur ph air atau yang digunakan untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan. Alat ini terdiri dari sebuah sonde yang dimasukkan ke dalam larutan yang akan diukur, dan sebuah meter yang menunjukkan nilai pH larutan tersebut. pH meter biasanya digunakan oleh laboratorium, industri, dan pertanian untuk memantau dan mengontrol tingkat keasaman atau kebasaan larutan yang digunakan. Selain itu, ada juga aplikasi pH meter virtual yang dapat diunduh di smartphone untuk memudahkan penggunaan pH meter.

Fungsi pH Meter

Fungsi utama pH meter adalah untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan. Dengan mengetahui nilai pH suatu larutan, kita dapat mengetahui apakah larutan tersebut asam, basa, atau netral. Ini berguna untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan kesehatan organisme yang hidup di dalamnya. pH meter juga dapat digunakan untuk mengukur konsentrasi zat-zat kimia dalam larutan, mengontrol proses kimia dalam industri, dan memantau kualitas air untuk tujuan konsumsi manusia. Selain itu, pH meter juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan produk-produk konsumen, seperti makanan, minuman, dan obat-obatan.

Prinsip kerja pH Meter

Prinsip kerja pH meter adalah dengan mengukur arus listrik yang dilewatkan oleh suatu larutan yang ditetesi dengan ion hidrogen (H⁺). Ion hidrogen merupakan ion yang terdapat dalam larutan yang bersifat asam, sehingga arus listrik yang dilewatkan oleh larutan akan meningkat seiring dengan tingkat keasaman larutan. pH meter menggunakan prinsip ini untuk mengukur nilai pH suatu larutan. Alat ini terdiri dari sebuah sonde yang terbuat dari elektroda-elektroda yang dipasang di dalam sebuah pipet. Elektroda-elektroda tersebut terhubung ke sebuah meter yang menunjukkan nilai pH larutan. Saat sonde dimasukkan ke dalam larutan, arus listrik yang dilewatkan oleh larutan akan mengalir ke meter, sehingga meter akan menunjukkan nilai pH larutan tersebut.

Manfaat pH Meter

Manfaat pH meter antara lain:

  1. Mengukur tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan: Dengan menggunakan pH meter, kita dapat mengetahui apakah suatu larutan bersifat asam, basa, atau netral. Ini berguna untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan kesehatan organisme yang hidup di dalamnya.
  2. Mengukur konsentrasi zat-zat kimia dalam larutan: pH meter dapat digunakan untuk mengukur konsentrasi zat-zat kimia dalam larutan, seperti konsentrasi bahan-bahan kimia yang digunakan dalam industri atau pertanian.
  3. Mengontrol proses kimia dalam industri: pH meter dapat digunakan untuk mengontrol proses kimia yang terjadi dalam industri, seperti pembuatan produk-produk kimia atau pengolahan limbah.
  4. Memantau kualitas air untuk tujuan konsumsi manusia: pH meter dapat digunakan untuk memantau kualitas air yang akan dikonsumsi manusia, sehingga air yang dikonsumsi sesuai dengan standar kesehatan.
  5. Mengukur tingkat keasaman atau kebasaan produk-produk konsumen: pH meter juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan produk-produk konsumen, seperti makanan, minuman, dan obat-obatan. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa produk-produk tersebut aman untuk dikonsumsi.

Contoh alat pH Meter

Berikut ini adalah salah satu beberapa macam contoh alat pH meter yang bisa anda gunakan untuk menguji pH terhadap larutan atau air diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. ENVILIFE PH-813 Touch screen PH meter

Gambar ENVILIFE PH-813
Gambar ENVILIFE PH-813

ENVILIFE PH-813 Touch screen PH meter adalah ph meter tipe baru kami yang hadir dengan desain layar sentuh, sederhana dan nyaman untuk dioperasikan. Desain tampilan portabel mudah dibawa.

Untuk membeli alatnya anda bisa mengunjungi link berikut ini.

2. P611 Envilife – Portable pH Meter

Gambar P611 Envilife
Gambar P611 Envilife

P611 adalah alat ukur kualitas air yang digunakan untuk mengetahui atau menilai konsentrasi pH (daya hidrogen) berupa keasaman (alkali) dan kebasaan suatu larutan atau air.

Untuk membeli alat tersebut silahkan kunjungi link berikut ini.

3. HydroLite HL101 – Pocket pH/°C/°F Meter

Gambar HydroLite HL101
Gambar HydroLite HL101

Pengukur pH yang sangat akurat, menawarkan fungsi kalibrasi 1 hingga 3 titik dengan pengenalan buffer otomatis untuk standar AS dan NIST. Kompensasi suhu otomatis memberikan pembacaan yang akurat di seluruh rentang pengukuran. Elektroda bohlam kaca bundar sangat cocok untuk mengukur pH cairan. Dilengkapi dengan layar LCD dengan kejelasan tinggi, HL101 dirancang untuk kemudahan penggunaan maksimum, dengan fungsi auto-hold untuk membekukan pembacaan yang stabil untuk kemudahan perekaman. Indikator baterai yang terlihat dan fungsi mati otomatis secara efektif menghemat dan mengkomunikasikan masa pakai baterai kepada pengguna. Modul elektroda yang dapat diganti sepenuhnya mengurangi biaya perawatan.

Untuk membeli alat tersebut silahkan klik link berikut ini.

4. ENVILIFE FP-560 Flat-Panel pH

Gambar ENVILIFE FP-560
Gambar ENVILIFE FP-560

ENVILIFE FP-560 adalah alat unutk Menguji kadar pH, konduktiviti dan oksigen terlarut. pH merupakan indikator tingkat asam atau basa pada air yang dinilai dengan skala 0-14. Air yang netral alias tidak basa maupun asam memiliki kandungan pH sebesar 7. Air asam memiliki pH kurang dari 7 dan air basa lebih dari 7. Setiap angka ini menggambarkan perubahan derajat asam/basa sebesar 10-kali lipat.

Untuk membelinya silahkan kunjungi link berikut ini.

Nah itulah beberama macam contoh alat yang dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan pengukuran pH.

Cara menggunakan pH Meter

Untuk menggunakan pH meter, pertama-tama pastikan bahwa pH meter sudah terisi dengan baterai yang cukup dan sonde pH meter sudah terkalibrasi. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Bersihkan sonde pH meter dengan air bersih dan keringkan dengan hati-hati.
  2. Masukkan sonde pH meter ke dalam larutan yang akan diukur. Pastikan bahwa sonde pH meter tidak menyentuh dinding atau bagian lain dari wadah larutan.
  3. Tunggu selama beberapa saat hingga pH meter menunjukkan nilai pH yang stabil.
  4. Baca nilai pH yang ditunjukkan oleh pH meter. Nilai pH yang tertera pada skala pH meter berkisar dari 0 hingga 14, dengan angka 7 sebagai titik netral. Larutan dengan pH di bawah 7 disebut asam, sedangkan larutan dengan pH di atas 7 disebut basa.
  5. Bersihkan sonde pH meter dengan air bersih setelah selesai mengukur, dan keringkan dengan hati-hati.
  6. Simpan pH meter di tempat yang kering dan terhindar dari cahaya matahari langsung. Jangan membiarkan pH meter terkena air atau zat-zat kimia lain.

Cara merawat pH Meter

Untuk merawat pH meter agar tetap berfungsi dengan baik, ikuti langkah-langkah berikut:

Bersihkan sonde pH meter setelah setiap digunakan. Gunakan air bersih untuk membersihkan sonde, lalu keringkan dengan hati-hati. Jangan menggunakan zat-zat kimia atau sabun untuk membersihkan sonde, karena dapat merusak elektroda sonde.

Kalibrasi sonde pH meter secara berkala. Kalibrasi dapat dilakukan dengan menggunakan larutan standar pH 7 dan larutan standar pH 4 atau 10. Baca petunjuk penggunaan pH meter untuk mengetahui cara kalibrasi yang tepat.

Simpan pH meter di tempat yang kering dan terhindar dari cahaya matahari langsung. Jangan membiarkan pH meter terkena air atau zat-zat kimia lain.

Ganti baterai pH meter jika mulai lemah atau tidak berfungsi dengan baik. Jangan menggunakan baterai yang sudah lewat masa pakainya, karena dapat menyebabkan kerusakan pada pH meter.

Periksa pH meter secara berkala untuk memastikan bahwa masih berfungsi dengan baik. Jika ada masalah atau kerusakan, segera minta bantuan kepada teknisi atau ahli pH meter untuk memperbaiki atau mengganti bagian yang rusak.

Harga pH Meter

Harga pH meter alat pengukur ph air ini bervariasi tergantung pada merk, tipe, dan fitur yang disediakan. Harga pH meter biasanya berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 5.000.000. Harga pH meter yang lebih mahal biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan akurasi yang lebih tinggi. Selain itu, harga pH meter juga dapat bervariasi tergantung pada tempat dan toko penjualnya. Sebagai panduan, Anda dapat membandingkan harga pH meter di berbagai toko untuk mendapatkan harga yang terbaik. Untuk informasi lengkap terkait harga alat pengukur pH yang di jelaskan diatas anda bisa mengunjungi websitenya langsung yaitu di www.envilife.co.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *