Poin Penting Sebelum Menggunakan Neraca Analitik Digital

Perawatan neraca analitik bukan sebenarnya tidak rumit, dan bisa dilakukan oleh laboran, peneliti maupun anak sekolah. Perawatan timbangan analitik pun perlu dilakukan guna mencegah seta meminimalisir mencegah serta meminimalisir kerusakan pada alat ini.

Neraca analitik digital

Gambar Neraca analitik digital
Gambar Neraca analitik digital

Neraca Analitik atau biasanya juga sering disebut sebagai timbangan analitik yaitu sebuah alat laboratorium yang biasa digunakan untuk mengukur massa suatu zat, baik zat berbentuk padat maupun cair. Neraca Analitik ini biasanya sangat mudah ditemukan setiap laboratorium, karena fungsi dan kegunaannya yang sangat penting untuk memabantu dalam kegiatan atau aktivitas di laboratorium.

Poin-poin penting dalam penggunaanya

Secara umum untuk merawat neraca ini yakni cukup dengan membersihkan timbangan setelah menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang wajib anda perhatikan ketika menggunakan timbangan analitik ini, antara lain :

  1. Letakan timbangan analitik pada meja atau bagian yang datar agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Pastikan untuk tidak menjatuhkan bahan marerial terlalu ekstrim pada timbangan analitik, meski beratnya masih dalam batasan ukur.
  3. Hindari dan jangan menempatkan bahan kimia biasa maupun yang berbahaya pada plate neraca analitik secara langsung. Anda bisa memanfaatkan wadah lain terlebih dahulu.
  4. Jika benda yang akan ditimbang mempunyai suhu yang sangat ekstrim (terlalu panas atau dingin), tunggu terlebih dahulu hingga menemukan suhun normal.
  5. Hindari memakai kuas yang terlalu keras hendak membersihkan timbangan.
  6. jangan terlalu menggeser memindahkan neraca di banyak tempat.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan mengenai beberapa poin-poin yang penting untuk diketahui sebelum menggunakan atau pada saat menggunakan neraca analitik digital, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Dan bagi anda yang ingin membeli timbangan analitik silahkan buka link berkut ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *