Pengertian Kalibrasi Dan Manfaat Kalibrasi

oleh | Nov 11, 2022 | Kalibrasi

Hallo sahabat BLOGLAB, pada pembahasan kali ini disini saya akan menyampaikan kepada anda mengenai definisi kalibrasi, mengapa demikian, karena sebelum anda belajar bagaimana cara melakukan kalibrasi sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu kalibrasi. Maka dari itu berikut ini adalah pengertian kalibrasi dan manfaat kalibrasi yang bisa anda pahami.

Pengertian Kalibrasi

Pengertian atau arti kalibrasi menurut wikipedia adalah proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang tertelusur dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.

Kalibrasi ISO/IEC Guide 17025

Sedangkan pengertian / arti kalibrasi ISO/IEC Guide 17025 adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu. Dengan kata lain, kalibrasi adalah kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu telusur (traceable) ke standar nasional untuk satuan ukuran dan/atau internasional.

Sistem manajemen baik itu sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008, sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2005, ataupun sistem manajemen kesehatan keselamatan kerja OHSAS 18001 : 2008 juga mempersyaratkan dalam salah satu klausulnya bahwa peralatan yang digunakan dalam suatu perusahaan yang berpengaruh terhadap mutu, lingkungan, ataupun kesehatan harus dikalibrasi ataupun diverivikasi secara berkala.

Manfaat Kalibrasi

Kalibrasi alat ukur selain digunakan untuk memenuhi salah satu persyaratan / klausul sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008, sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2005, ataupun OHSAS 18001 : 2007 tetapi juga mempunyai manfaat lainnya antara lain:

  1. Jaminan mutu terhadap produk yang dihasilkan melalui sistem pengukuran yang valid.
  2. Menghindari cacat/penyimpangan hasil ukur.
  3. Menjamin kondisi alat ukur tetap terjaga sesuai spesifikasinya.

Kesimpulan

Nah itulah yang dapat saya sampaikan mengenai pembahasan tentang kalibrasi, mudah-mudahan artikel singkat tentang pengertian atau arti kalibrasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×