Pengertian Dan Fungsi Low Volume Air Sampler (LVAS)

oleh | Jan 27, 2023 | Lingkungan

Hallo sahabat Bloglab, pada pembahasan kali ini disini admin akan memberikan informasi atau menyampaikan pembahasan tentang alat yang bernama LVAS atau singkatan dari “Low Volume Air Sampler“, dimana disini kita akan menjelaskan kepada anda tentang pengertian Low Volume Air Sampler, dan juga apa fungsi utama dari Low Volume Air Sampler tersebut. Maka dari itu silahkan anda baca pembahasan berikut ini dengan seksama.

Suatu keberadaan udara di lingkungan tempat tinggal ataupun di lingkungan kerja seperti industri yang berperan dengan keberadaannya suatu udara yang khususnya berbahaya itu kita dapat menentukan udara tersebut berbahaya atau tidaknya kita harus membutuhkan dengan alat khusus yang dapat membantu menganalisanya, dan maka dari itu dengan adanya alat yang bernama Low Volume Air Sampler (LVAS) ini kita dapat mengambil sampel udara seperti partikel udara seperti debu, asap, atau polutan lainnya dan dapat menyimpulkan suatu udara di lingkungan sekitar.

Namun sebelumnya apakah anda tahu apa itu Low Volume Air Sampler? Nah untuk anda yang belum tahu berikut adalah penjelasan singkat tentang LVAS.

Pengertian Sampel Udara

Pengertian Sampel Udara
Sampel udara

Sampel udara adalah sejumlah udara yang diambil dari lingkungan sekitarnya untuk diuji atau di analisis. Sampel udara dapat diambil dari berbagai sumber seperti dari udara dalam ruangan, udara luar, atau dari lingkungan kerja. Sampel udara diambil dengan menggunakan alat yang disebut air sampler yang di desain untuk mengambil sampel udara dengan volume yang diinginkan, dari volume yang besar sampai volume yang kecil. Sampel udara yang diambil dapat di analisis untuk mengetahui kualitas udara, menentukan sumber emisi, mengidentifikasi jenis partikel yang terkandung dalam sampel udara.

Analisis sampel udara dapat dilakukan dengan metode fisika, kimia, atau mikrobiologi untuk mengetahui kandungan gas, partikel, atau mikroorganisme yang terkandung dalam sampel udara. Hasil analisis sampel udara dapat digunakan untuk mengevaluasi kualitas udara, menentukan sumber emisi, dan mengambil keputusan dalam pengendalian pencemaran udara.

Namun selain menggunakan alat yang bernama Low Volume Air Sampler (LVAS) untuk melakukan pengambilan sampel udara anda juga bisa menggunakan alat yang bernama High Volume Air Sampler (HVAS). Untuk penjelasan tentang alat HVAS anda bisa membaca artikelnya disini.

Pengertian Low Volume Air Sampler (LVAS)

Low Volume Air Sampler (LVAS) adalah alat yang digunakan untuk mengambil sampel udara dengan volume rendah. Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur konsentrasi partikel udara seperti debu, asap, atau polutan lainnya. Dengan menggunakan alat ini, sampel udara dapat diambil dari lingkungan dengan volume yang rendah sehingga memudahkan analisis kimiawi dan mikrobiologi dari partikel yang terkandung dalam sampel tersebut.

Nah itulah penjelasan singkatnya yang dapat admin sampaikan, selanjutnya apakah anda tahu juga bagaimana fungsi utama dari LVAS tersebut, berikut ini fungsi alanya.

Fungsi Utama Low Volume Air Sampler

Fungsi utama Low Volume Air Sampler (LVAS) adalah untuk mengambil sampel udara dengan volume rendah dan mengukur konsentrasi partikel udara seperti debu, asap, atau polutan lainnya. Dengan menggunakan LVAS, sampel udara dapat diambil dari lingkungan dengan volume yang rendah sehingga memudahkan analisis kimiawi dan mikrobiologi dari partikel yang terkandung dalam sampel tersebut. Beberapa fungsi utama LVAS adalah:

  • Mengukur konsentrasi partikel udara dalam lingkungan
  • Menentukan sumber emisi dari partikel udara
  • Mengidentifikasi jenis partikel yang terkandung dalam sampel udara
  • Membantu mengevaluasi kualitas udara
  • Membantu dalam pemantauan lingkungan
  • Membantu dalam pengambilan keputusan dalam pengendalian pencemaran udara.

Setelah anda membaca pembahasan diatas dan memahaminya lalu apakah anda tahu bagimana cara mengoperasikan atau cara menggunakan LVAS? Nah maka dari itu bagi anda ingin mengetahui cara penggunaannya silahkan anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menggunakan LVAS

Cara menggunakan Low Volume Air Sampler (LVAS) tergantung pada jenis dan tipe alat yang digunakan. Namun, umumnya, cara menggunakan LVAS sebagai berikut:

  1. Buka casing alat dan siapkan media filter yang sesuai dengan jenis partikel yang akan diambil sampelnya.
  2. Pasang media filter di dalam alat dan pastikan sambungan pipa atau nozzle terpasang dengan benar.
  3. Tentukan laju aliran yang diinginkan, biasanya ditentukan dalam liter per menit (LPM).
  4. Nyalakan alat dan biarkan beroperasi selama waktu yang diinginkan. Waktu pengambilan sampel bisa berbeda-beda tergantung pada jenis partikel yang diambil sampelnya, biasanya ditentukan oleh standar atau regulasi yang berlaku.
  5. Matikan alat dan keluarkan media filter yang digunakan. Simpan media filter dalam wadah yang sesuai untuk dianalisis.
  6. Catat data yang diperlukan seperti laju aliran, waktu pengambilan sampel, dan kondisi lingkungan selama pengambilan sampel.
  7. Kemudian analisis sampel yang diambil, bisa dianalisis dengan metode fisika, kimia atau mikrobiologi.

Catatan:

Sebelum menggunakan LVAS, pastikan alat sudah dikalibrasi dan dalam kondisi baik. Baca manual dan perhatikan panduan yang disertakan dalam paket pembelian alat untuk mengetahui cara penggunaan yang tepat.

Nah selain itu juga disini admin akan memberikan rekomendasi alat tersebut kepada anda khususnya yang ingin memiliki alat tersebut dan ingin membelinya disini anda bisa mengunjungi website www.envilife.co.id untuk pembelian alat LVAS tersebut.

Dan selain itu juga disini admin akan memberikan gambaran umum dari macam-macam LVAS yang dijual di PT Cakrawala Bima Instument atau di website www.envilife.co.id.

Macam-macam Low Volume Air Sampler

Berikut ini adalah beberapa macam alat LVAS yang tersedia di PT Cakrawala Bima Instrument yang dapat anda miliki diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. STAPLEX LVAS Low Volume Air Sampler

Low Volume Air Sampler
STAPLEX LVAS

STAPLEX LVAS Low Volume Air Sampler mengambil sampel udara dengan volume rendah melalui filter menggunakan pompa putar. Berbagai jenis dan ukuran filter seperti filter kertas, kaset filter, dan karbon aktif dapat digunakan. Laju aliran diukur dalam liter per menit (lpm). Pengambilan sampel udara dengan volume rendah ini meningkatkan kecepatan dan efisiensi waktu dalam melakukan berbagai tes kualitas udara, sehingga lebih cepat dan produktif dibandingkan dengan metode pengambilan sampel pribadi.

LVAS yang ringan dan portabel sangat efektif dalam mengukur sampel yang akurat dari lingkungan untuk polutan udara, seperti asbes, asap, partikel radioaktif, dan tes kesehatan dan keselamatan industri, pemerintah, rumah sakit, rumah, kantor, kondisi atmosfer, bahaya udara tambang, debu pabrik, penelitian dan pengujian, termasuk analisis kimia, radiologi, dan toksikologi. Cocok untuk operasi mobile dan tetap di atmosfer normal non-ledakan.

LVAS ini dilengkapi dengan motor jenis sikat dan bantalan pelumas otomatis khusus yang memerlukan perawatan. Beberapa tetes minyak motor harus ditambahkan ke unit setiap 200 jam kerja pada dua lubang kecil yang disediakan di gagang pembawa. Jika digunakan secara terus-menerus selama 8 jam, harus diolesi setiap hari setelah digunakan.

Fitur:

  • Sampel dikumpulkan dengan akurat dari lokasi sampling.
  • Model ini beroperasi dengan baterai.
  • Dapat digunakan di dalam ruangan, di luar ruangan, dan di bawah tanah.
  • Sangat cocok untuk mengambil sampel udara asbes dan debu.
  • Dapat digunakan secara terus-menerus.
  • Kuat, ringan, dan mudah dibawa.

Spesifikasi:

Sampling range15-35 LPM or 3-25 LPM (Optional)
Flow ControlFully adjustable flow control valve on radduated rotometer Settable over the full flow range. Accurate to ± 5% full scale
Inlet15-35 LPM or 3-25 LPM (Optional)
Power220-240 Votts AC, 50-60 Hz
Standard UnitMotor, pump, built-in flowmeter (rotometer) 1-1/8″ diameter Filter Holder Assembly, convenient carryng handle.
Filter Holder47mm Diameter
Dimension10.2cm x 10.2 x 17.8 cm
Weight2,7 kg
Complete Unit47mm Filter holder 47mm Filter paper (100 sheet)

2. LVAS-LV2 Staplex – Low Volume Air Sampler

Low Volume Air Sampler
LVAS-LV2 Staplex

LVAS-LV2 Staplex – Low Volume Air Sampler yang ringan dan portabel sangat efektif digunakan untuk pengukuran sampel lingkungan polutan udara, serat asbes, asap dan kabut, partikel radioaktif, pengujian kesehatan dan keselamatan industri, pemerintah, rumah sakit, rumah dan kantor, kondisi atmosfer, bahaya udara tambang, debu pabrik, riset dan pengujian, termasuk analisis kimia, radiologi dan toksikologi. Cocok untuk operasi bergerak dan tetap dalam suasana normal non-eksplosif.

Fitur:

  • Sampel yang akurat dikumpulkan dari lokasi pengambilan sampel
  • Model saluran dan bertenaga baterai
  • Penggunaan dalam ruangan, luar ruangan dan bawah tanah
  • Kuat, ringan, dan portabel
  • Sangat baik untuk pengambilan sampel udara asbes dan debu
  • Dapat digunakan terus menerus

Spesifikasi:

Sampling range15-35 LPM or 3-25 LPM (Optional)
Flow ControlFully adjustable flow control valve on radduated rotometer
Settable over the full flow range. Accurate to ± 5% full scale
Inlet15-35 LPM or 3-25 LPM (Optional)
Power220-240 Votts AC, 50-60 Hz
Standard UnitMotor, pump, built-in flowmeter (rotometer) 1-1/8″ diameter
Filter Holder Assembly, convenient carryng handle
Filter Holder47mm Diameter
Dimension10.2cm x 10.2 x 17.8 cm
Weight2,7 kg
Complete Unit47mm Filter holder 47mm Filter paper (100 sheet)

Tunggu apalagi? Beli alatnya sekarang juga dengan menekan tombol diatas.

Nah itulah pembahasan yang dapat Bloglab sampaikan kepada anda mengenai pengenalan alat yang dapat digunakan untuk mengambil sampel udara dengan sekala yang kecil yaitu dengan LVAS, mudah-mudahan artikel yang ditulis diatas dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×