Macam-macam Alat Untuk Mengukur BOD

oleh | Jan 14, 2023 | Lingkungan

Dalam pembahasan kali ini disini Blog Lab akan memberikan informasi kepada anda mengenai beberpa macam peralatan yang dapat digunakan untuk mengukur parameter BOD atau (Biological Oxygen Demand). Untuk itu tidak panjang lebar langsung ke pembahasannya.

Namun sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu apan itu pengertian dari BOD (Biological Oxygen Demand) itu sendiri, berikut penjelasan singkatnya.

Apa itu BOD?

BOD (Biological Oxygen Demand) adalah ukuran kuantitatif dari jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh organisme biologis dalam air untuk menguraikan materi organik. BOD diukur dalam satuan mg/l (miligram per liter) oksigen yang dibutuhkan dalam waktu yang ditentukan (biasanya 5 hari) pada suhu yang ditentukan (biasanya 20 derajat Celsius). BOD digunakan sebagai indikator kualitas air dan untuk mengevaluasi efektivitas pengolahan air limbah.

Nah itulah penjelasan singkatnya tentang BOD, selanjutnya untuk mengukur parameter tersebut dibutuhkan sebuah alat yang dapat membantu dalam melakukan pengukuran, maka dari itu berikut adalah beberpa macam alat ukut BOD.

Daftar alat ukur BOD

Untuk mengukur parameter BOD (Biological Oxygen Demand) dibutuhkan beberapa alat, dan diantaranya adalah berikut ini:

1. BODTrak™ II Apparatus – Biochemical Oxygen Demand (BOD)

BODTrak™ II Apparatus – Biochemical Oxygen Demand (BOD)

BODTrak™ II Apparatus adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mempermudah dan menyederhanakan analisis Biochemical Oxygen Demand (BOD). Alat ini dapat menghasilkan hasil yang sama dengan metode pengenceran hanya dalam waktu dua hingga tiga hari. Hasil ini dapat digunakan untuk kontrol proses atau sebagai pelengkap dari metode pengenceran, meskipun tidak disetujui oleh USEPA untuk tujuan pelaporan NPDES.

BODTrak II adalah versi yang diperbarui dari BODTrak Hach asli, dengan perbaikan pada sistem lama termasuk segel botol tanpa gemuk, tampilan grafis yang lebih besar, peningkatan pengadukan dan kontrol suhu, tapak yang lebih kecil, prosedur yang ditingkatkan dengan opsi yang diperluas, catu daya switching otomatis, dan pagar botol untuk mencegah botol terbalik.

2. AQUAS H2O Water Quality Spectrometer

AQUAS H2O Water Quality Spectrometer

Spektrometer kualitas air H2O AQUAS H2O dirancang khusus untuk pemantauan kualitas air dalam waktu nyata. Sonde terhubung langsung ke perangkat melalui RS485, menyediakan data real-time yang mudah, andal, dan hemat biaya. Dengan kemampuan pemantauan, konfigurasi, dan diagnostik jarak jauh. Ditambah dengan penutup IP68 yang kuat, perangkat ini sangat cocok digunakan untuk pemantauan air limbah, air permukaan dan air minum.

3. AQUAS SMR46 Biochemical Oxygen Demand Analyzer

AQUAS SMR46 Biochemical Oxygen Demand Analyzer

Penganalisis Permintaan Oksigen Biokimia adalah perangkat yang terhubung langsung ke antarmuka komunikasi RS485, memberikan data proses yang sederhana, andal, dan hemat biaya. Dilengkapi dengan kemampuan pemantauan, kalibrasi, konfigurasi, dan diagnostik jarak jauh. Didesain dalam sebuah rumah yang tahan IP68 yang kuat, dilengkapi dengan kabel yang diperkuat dengan kekuatan tarik 1500 N Kevlar. Transmisi data digital hingga jarak 1,2 km. Penganalisis BOD dan pengukur BOD sangat cocok digunakan dalam industri air/air limbah.

4. Photonic UV254 Go! – Accurate Portable UV254 Measurements

Photonic UV254 Go! – Accurate Portable UV254 Measurements

Photonic UV254 Go! adalah perangkat portabel yang digunakan untuk mengukur transmisi dan penyerapan UV254 pada air, yang menunjukkan tingkat Bahan Organik Alami (NOM) dalam air. Perangkat ini dapat digunakan sebagai pengukuran pengganti TOC, BOD, dan COD tanpa memerlukan penambahan reagen.

5. Photonic UV254 Dip Probe – Measures Natural Organic Materials In Open Water

Photonic UV254 Dip Probe – Measures Natural Organic Materials In Open Water

Photonic UV254 Dip Probe adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur Bahan Organik Alami (NOM) pada air terbuka. Probe ini dapat direndam ke dalam air untuk melakukan pengukuran pengganti TOC, BOD, dan COD tanpa menggunakan reagen yang mahal. Probe ini juga mengukur UVA, UVT, dan SUVA yang memungkinkan deteksi responsif bahan organik aromatik sehingga dapat digunakan untuk bertindak berdasarkan produk samping infeksi.

6. i-WQMS RESIDUAL CHLORINE Waste Water Treatment Plant

i-WQMS RESIDUAL CHLORINE Waste Water Treatment Plant

Sel pengukuran elektroda amperometrik adalah perangkat yang terdiri dari dua probe kombinasi yang menggunakan anoda emas dan elektroda katoda tembaga untuk mengukur residu klorin bebas secara amperometrik. Probe ini tidak memerlukan reagen kimia, bola kaca yang ada di dalamnya berputar terus-menerus untuk menghilangkan gelembung dari elektroda. Reaksi elektrokimia terjadi di dalam elektroda ini, berdasarkan pada konsentrasi klorin yang tersedia, menghasilkan arus yang proporsional. Probe ini tidak memerlukan reagen atau membran dan tidak terpengaruh oleh tekanan dan kecepatan aliran serta memiliki fitur pembersihan otomatis.

7. PHOTONIC UV254 PROBE – Water Quality Monitoring Sensor

PHOTONIC UV254 PROBE – Water Quality Monitoring Sensor

SENSOR PENGUKURAN KUALITAS AIR PHOTONIC UV254 PROBE, memberikan cara yang cepat, responsif, dan hemat biaya untuk mengelola proses air Anda. Pengukuran Uv254 membantu dalam mengelola proses aerasi, mengontrol dosis bahan kimia, atau memantau kinerja desinfeksi UV.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa macam alat ukur BOD yang dapat anda gunakan dalam membantu melakukan pengukurannya, mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan kepada anda, jika anda ingin membeli alat yang di uraikan diatas anda bisa mengunjungi link berikut ini, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu dan menjadi informasi yang berguna bagi pembaca. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×