Kertas Saring Kimia: Fungsi, Gambar, Jenis, Dan Cara Menggunakannya

oleh | Des 16, 2022 | Kimia

Dalam artikel ini Blog Lab akan membahas tentang pengenalan alat laboratorium kimia yaitu peralatan lab yang biasanya digunakan di laboratorium kimia yaitu alatnya yang bernama Kertas Saring. Untuk itu silahkan anda baca mengenai pembahasannya berikut ini.

Kertas Saring Kimia

Kertas saring kimia adalah kertas yang digunakan dalam laboratorium untuk menyaring bahan kimia atau sampel yang akan diuji. Kertas saring lab terdiri dari serat kertas yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki lubang-lubang kecil yang dapat menyaring partikel-partikel kecil.

Kertas saring lab tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kekasarannya tergantung pada ukuran partikel yang ingin disaring. Kertas saring lab yang lebih kasar biasanya digunakan untuk menyaring partikel yang lebih besar, sedangkan yang lebih halus biasanya digunakan untuk menyaring partikel yang lebih kecil.

Kertas saring lab biasa digunakan dalam laboratorium kimia untuk menyaring larutan atau sampel yang akan diuji. Kertas saring lab juga dapat digunakan dalam laboratorium biologi untuk menyaring cairan tubuh manusia atau sampel jaringan untuk diuji. Kertas saring lab juga dapat digunakan dalam laboratorium lain seperti laboratorium farmasi dan industri untuk menyaring bahan-bahan kimia atau sampel yang akan diuji.

Fungsi Kertas Saring

Fungsi utama kertas saring kimia adalah untuk menyaring larutan atau sampel yang akan diuji dalam laboratorium kimia. Kertas saring memiliki lubang-lubang kecil yang dapat menyaring partikel-partikel kecil dari larutan atau sampel tersebut. Dengan menggunakan kertas saring , diharapkan larutan atau sampel yang diuji lebih bersih dan tidak tercemar oleh partikel-partikel yang tidak diinginkan.

Selain itu, kertas saring kimia juga dapat digunakan untuk mengukur volume larutan atau sampel yang diuji. Caranya adalah dengan menggunakan kertas saring yang telah diencerkan dengan larutan atau sampel, kemudian ditimbang massanya. Dengan mengetahui massa larutan atau sampel yang diuji, maka dapat dihitung volume larutan atau sampel tersebut dengan menggunakan konstanta densitas.

Gambar Kertas Saring

Berikut ini adalah beberapa gambar kertas saring yang bisa anda temukan di laboratorium kimia, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Gambar Kertas Saring
Sumber Syaf Unica Indonesia
Gambar Kertas Saring
Sumber Bukabukumu

Jenis Kertas Saring

Ada beberapa jenis kertas saring yang tersedia, diantaranya:

1. Kertas saring biasa

Kertas saring biasa adalah jenis kertas saring yang paling umum digunakan. Kertas saring biasa terdiri dari serat kertas yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki lubang-lubang kecil yang dapat menyaring partikel-partikel kecil. Kertas saring biasa tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kekasarannya tergantung pada ukuran partikel yang ingin disaring. Kertas saring biasa yang lebih kasar biasanya digunakan untuk menyaring partikel yang lebih besar, sedangkan yang lebih halus biasanya digunakan untuk menyaring partikel yang lebih kecil.

Kertas saring biasa biasa digunakan dalam laboratorium kimia, biologi, dan industri untuk menyaring larutan atau sampel yang akan diuji. Kertas saring biasa juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam menyaring air atau menyaring kopi. Kertas saring biasa juga dapat digunakan untuk mengukur volume larutan atau sampel dengan menggunakan konstanta densitas.

2. Kertas saring halus

Kertas saring halus adalah jenis kertas saring yang lebih halus daripada kertas saring biasa. Kertas saring halus terdiri dari serat kertas yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki lubang-lubang kecil yang dapat menyaring partikel-partikel kecil. Kertas saring halus tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kekasarannya tergantung pada ukuran partikel yang ingin disaring.

Kertas saring halus biasanya digunakan untuk menyaring partikel yang lebih kecil daripada yang dapat disaring oleh kertas saring biasa. Kertas saring halus biasa digunakan dalam laboratorium kimia, biologi, dan industri untuk menyaring larutan atau sampel yang akan diuji. Kertas saring halus juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam menyaring air atau menyaring kopi. Kertas saring halus juga dapat digunakan untuk mengukur volume larutan atau sampel dengan menggunakan konstanta densitas.

3. Kertas saring sintetis

Kertas saring sintetis adalah jenis kertas saring yang terbuat dari bahan sintetis seperti polipropilena atau polietilena. Kertas saring sintetis memiliki lubang-lubang kecil yang dapat menyaring partikel-partikel kecil. Kertas saring sintetis tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kekasarannya tergantung pada ukuran partikel yang ingin disaring.

Kertas saring sintetis lebih tahan terhadap panas dan lebih tahan lama daripada kertas saring biasa. Kertas saring sintetis juga lebih tahan terhadap cairan asam dan basa. Kertas saring sintetis biasa digunakan dalam laboratorium kimia, biologi, dan industri untuk menyaring larutan atau sampel yang akan diuji. Kertas saring sintetis juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam menyaring air atau menyaring kopi. Kertas saring sintetis juga dapat digunakan untuk mengukur volume larutan atau sampel dengan menggunakan konstanta densitas.

4. Kertas saring membran

Kertas saring membran adalah jenis kertas saring yang terbuat dari membran seperti polipropilena atau polietilena. Kertas saring membran memiliki lubang-lubang yang lebih kecil dan lebih halus daripada kertas saring biasa. Kertas saring membran tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kekasarannya tergantung pada ukuran partikel yang ingin disaring.

Kertas saring membran biasanya digunakan untuk menyaring partikel yang sangat kecil, seperti bakteri atau virus. Kertas saring membran biasa digunakan dalam laboratorium kimia, biologi, dan industri untuk menyaring larutan atau sampel yang akan diuji. Kertas saring membran juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam menyaring air atau menyaring kopi. Kertas saring membran juga dapat digunakan untuk mengukur volume larutan atau sampel dengan menggunakan konstanta densitas.

Cara menggunakan Kertas Saring

Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan kertas saring:

  1. Pilih jenis kertas saring yang sesuai dengan ukuran partikel yang ingin disaring. Kertas saring yang lebih kasar biasanya digunakan untuk menyaring partikel yang lebih besar, sedangkan yang lebih halus biasanya digunakan untuk menyaring partikel yang lebih kecil.
  2. Letakkan kertas saring di atas gelas piala atau beaker.
  3. Tuangkan larutan atau sampel yang ingin disaring ke dalam kertas saring.
  4. Tunggu hingga larutan atau sampel tersebut mengalir melalui kertas saring dan mengendap di bawahnya.
  5. Jika ingin menyimpan larutan atau sampel yang telah disaring, bisa menggunakan botol atau wadah yang steril dan kering.
  6. Jika ingin mengukur volume larutan atau sampel yang telah disaring, bisa menggunakan kertas saring yang telah diencerkan dengan larutan atau sampel, kemudian ditimbang massanya. Dengan mengetahui massa larutan atau sampel yang diuji, maka dapat dihitung volume larutan atau sampel tersebut dengan menggunakan konstanta densitas.

Nah itulah pembahasan mengenai kertas saring kimia yang Blog Lab jelaskan. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Dan selain itu juga disini saya merekomendasikan sebuah peruahaan yang menjual dan menyediakan berbagai macam peralatan laboratorium yang lengkap yaitu yang bernama ENVILIFE.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×