Jenis-jenis SSL dan Cara Memilih SSL yang Baik

oleh | Des 13, 2023 | Website

SSL atau Secure Socket Layer adalah sebuah protokol keamanan yang digunakan untuk mengenkripsi data yang ditransfer antara server dan klien. SSL berguna untuk melindungi data pribadi, transaksi online, dan identitas website dari pihak-pihak yang tidak berwenang. SSL juga dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari, karena Google telah menjadikan HTTPS sebagai salah satu faktor penentu.

Namun, tidak semua SSL itu sama. Ada beberapa jenis SSL yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan fungsi website. Bagaimana cara memilih SSL yang baik dan tepat untuk website Anda? Simak penjelasan berikut ini.

Jenis-jenis SSL Berdasarkan Jumlah Domain dan Subdomain

Jenis-jenis SSL yang pertama dibedakan berdasarkan jumlah domain dan subdomain yang dapat dilindungi oleh SSL. Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, misalnya bloglab.id. Subdomain adalah bagian dari domain yang dapat digunakan untuk membuat website tambahan, misalnya forum.bloglab.id.

Ada empat jenis SSL berdasarkan jumlah domain dan subdomain, yaitu:

1. SSL Single Domain

SSL ini hanya dapat melindungi satu domain dan seluruh halaman di dalamnya, tetapi tidak dapat melindungi subdomain yang terkait. SSL ini cocok untuk website skala kecil yang tidak memiliki banyak subdomain, seperti blog pribadi atau website portofolio.

2. SSL Wildcard

SSL ini dapat melindungi satu domain dan seluruh subdomain yang ada di bawahnya. SSL ini cocok untuk website yang memiliki banyak subdomain, seperti website e-commerce atau media sosial.

3. SSL Multi-Domain

SSL ini dapat melindungi beberapa domain yang berbeda dengan satu sertifikat SSL. SSL ini cocok untuk website yang memiliki banyak domain, seperti website perusahaan yang memiliki cabang di berbagai negara.

4. SSL UCC

SSL ini adalah jenis khusus dari SSL Multi-Domain yang dapat melindungi domain dan subdomain yang berbeda dengan satu sertifikat SSL. SSL ini cocok untuk website yang menggunakan Microsoft Exchange Server atau Office Communication Server.

Jenis-jenis SSL Berdasarkan Tingkat Validasi

Jenis-jenis SSL yang kedua dibedakan berdasarkan tingkat validasi yang dilakukan oleh Certificate Authority (CA) atau penyedia layanan sertifikat SSL. Validasi adalah proses verifikasi identitas pemilik website yang meminta sertifikat SSL. Ada tiga tingkat validasi yang umum digunakan, yaitu:

1. Domain Validation (DV SSL)

Validasi ini hanya memeriksa apakah pemilik website memiliki hak atas domain yang diminta. Validasi ini tidak memeriksa identitas pemilik website secara detail. Validasi ini biasanya cepat dan murah, tetapi tidak memberikan jaminan kepercayaan yang tinggi kepada pengunjung website. DV SSL cocok untuk website skala kecil yang tidak membutuhkan informasi pribadi atau transaksi online, seperti blog pribadi atau website informasi.

2. Organization Validation (OV SSL)

Validasi ini memeriksa identitas pemilik website secara lebih detail, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Validasi ini membutuhkan dokumen resmi yang dapat membuktikan identitas pemilik website. Validasi ini memberikan jaminan kepercayaan yang lebih tinggi kepada pengunjung website, tetapi tidak sebesar EV SSL. OV SSL cocok untuk website skala menengah yang membutuhkan informasi pribadi atau transaksi online, seperti toko online atau website perusahaan.

3. Extended Validation (EV SSL)

Validasi ini adalah validasi tertinggi yang memeriksa identitas pemilik website secara menyeluruh dan ketat. Validasi ini membutuhkan dokumen resmi yang lebih banyak dan proses verifikasi yang lebih lama. Validasi ini memberikan jaminan kepercayaan yang paling tinggi kepada pengunjung website, karena menampilkan nama perusahaan pemilik website di sebelah alamat website. EV SSL cocok untuk website skala besar yang membutuhkan informasi pribadi atau transaksi online yang sensitif, seperti website e-commerce, bank, atau pemerintah.

Cara Memilih SSL yang Baik

Setelah mengetahui jenis-jenis SSL, Anda perlu memilih SSL yang baik dan sesuai dengan kebutuhan website Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  • Pahami kebutuhan website Anda: Anda perlu menentukan tujuan dan fungsi website Anda, serta jumlah domain dan subdomain yang Anda miliki. Hal ini akan mempengaruhi jenis SSL yang Anda butuhkan.
  • Perhatikan reputasi CA: Anda perlu memilih CA yang memiliki reputasi baik dan terpercaya, serta mendukung semua browser dan sistem operasi. Anda dapat mencari ulasan atau testimoni dari pengguna CA sebelumnya untuk mengetahui kualitas layanan mereka.
  • Bandingkan harga dan fitur: Anda perlu membandingkan harga dan fitur yang ditawarkan oleh berbagai CA, serta memperhatikan masa berlaku dan proses perpanjangan sertifikat SSL. Anda dapat memilih SSL yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda, tetapi jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah atau fitur yang tidak berguna.
  • Pilih SSL gratis atau berbayar: Anda dapat memilih SSL gratis atau berbayar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. SSL gratis biasanya memiliki masa berlaku yang pendek, fitur yang terbatas, dan validasi yang rendah. SSL berbayar biasanya memiliki masa berlaku yang lebih lama, fitur yang lebih banyak, dan validasi yang lebih tinggi. Anda dapat memilih SSL gratis jika website Anda tidak membutuhkan keamanan dan kepercayaan yang tinggi, atau SSL berbayar jika website Anda membutuhkan keamanan dan kepercayaan yang tinggi.
  • Pilih SSL dengan fitur keamanan tambahan: Anda dapat memilih SSL yang memiliki fitur keamanan tambahan, seperti enkripsi yang kuat, garansi uang kembali, segel kepercayaan, atau dukungan teknis. Fitur-fitur ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan website Anda.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang jenis-jenis SSL dan cara memilih SSL yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda memilih SSL yang tepat untuk website Anda.

Sumber: cloudmatika.co.id, gudangssl.id, www.dewaweb.com

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×