Contoh Macam-macam Alkaloid Indol

Bloglab.id, Hallo gays dalam pembahasan laboratorium kali ini disini saya akan memberikan informasi yang bermanfaat kepada anda yaitu tentang apa saja contoh macam-macam Alkaloid Indol yang harus diketahui, dan dibawah ini adalah beberapa 6 contoh Alkaloid Indol yang akan dijelaskan satu persatu.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya alangkah baiknya anda terlebih dahulu apa itu pengertian dari Alkaloid Indol itu sendiri. Jadi apa itu Alkaloid Indol?.

Alkaloid Indol

Alkaloid indol adalah kelas alkaloid yang mengandung bagian struktural indol; banyak alkaloid indol juga termasuk gugus isoprena dan dengan demikian disebut terpene indole atau sekologanin tryptamine alkaloid. Mengandung lebih dari 4100 senyawa berbeda yang dikenal, itu adalah salah satu kelas alkaloid terbesar.

Sumber : Wikipedia

Nah itulah penjelasan singkat tentang Alkaloid Indol menurut versi wikipedia, lalu selanjutnya langsung saja ke pembahasan utama tentang contoh Alkaloid Indol diantaranya sebagai berikut.

Contoh alkaloid indol

Contoh alkaloid indol

Alkaloid Indol memiliki beberapa contoh-contoh yang harus anda ketahui, untuk itu berikut ini adalah 6 contohnya sebagai berikut:

1. Reserpina

Merupakan hasil ekstraksi dari akar tumbuhan Rauwolfia serpentine dari suku Apocynaceae yang terkadang bercampur dengan fragmen rhizima dan bagian batang yang melekat padanya. Senyawa ini berfungsi sebagai antihipertensi. Â Dalam perdagangan terdapat 5 jenis yaitu R. Serpentine, R. Canescens, R. Micratha, dan R. Tetraphylla. Selain sebagai anti hipertensi juga berfungsi sebagai traqulizer (penenang),

2. Vinblastina, Vinleusina, Vinrosidina, Vinkristina

Diperoleh dari tumbuhan Vinca rosea, Catharanthus roseus (fam. Apocynaceae) berupa herba yang berkhasiat sebagai antitumor.

3. Sriknina & Brusina

Berasal dari tumbuhan Strychnos nux-vomica dan S. ignatii (fam :Loganiaceae) yang terdapat di Filifina, Vietnam dan Kamboja. Bagian tanaman yang diambil berupa ekstrak biji yang telah kering dengan khasiat sebagai tonikum dalam dosis yang kecil sedangkan dalam pertanian digunakan sebagai ratisida (racun tikus).

4. Fisostigmina & Eserina

Simplisianya dikenal dengan nama Calabar bean, ordeal bean, chop nut dan split nut berupa biji dari tumbuhan Physostigma venenosum (fam : Leguminosae) yang berkhasiay sebagai konjungtiva pengobatan glaukoma.

5. Ergotoksina, Ergonovina, & Ergometrina

Alkaloid ini asalnya berbeda dibandingkan dengan yang lain, sebab berasal dari jamur yang menempel pada sejenis tumbuhan gandum yang kemudian dikeringkan. Jamur ini berguna sebagai vasokonstriktor untuk penyakit migrain yang spesifik dan juga sebagai oxytoksik.

Diperoleh dari sisik jamur yang menempel pada tumbuhan Claviceps purpurea (fam: Hypocreaceae), jamur ini merupakan parasit pada tumbuhan tersebut, selain itu jamur ini juga terdapat pada tumbuhan Secale cornutum (fam: Graminae).

6. Kurare

Diperoleh dari kulit batang Stricnos crevauxii, CCastelnaci, C. Toxifera (fam:loganiaceae) dan Chondodendron tomentosum (fam: Menispermaceae) yang berguna sebai relaksan pada otot.

Nah itulah yang dapat admin sampaikan kepada anda mengenai contoh Alkaloid Indol, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan referensi belajar anda.

Dan disini juga bagi anda yang sedang mencari peralatan laboratorium anda bisa mengunjungi website berikut ini yaitu di www.envilife.co.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *