Cara Menggunakan SKY2000 Gas Detector

oleh | Agu 12, 2022 | Industrial Hygiene

Apakah anda memiliki alat SKY2000 Gas Detector? Nah di artikel kali ini admin akan memberikan tips User Manual untuk penggunaan alat yang bernama SKY2000 Gas Detector, untuk itu silahkan baca dengan baik-baik berikut ini langkah-langkah untuk penggunaan alatnya, berikut penjelasannya.

SKY2000 Gas Detector

SKY2000 Gas Detector

SKY2000 Gas Detector adalah sejenis perangkat pengukuran gas respons cepat dan dengan akurasi yang tinggi. Dengan adanya pompa pengambilan sampel internal, kecepatan pengambilan sampel menjadi cepat dan laju aliran tinggi, memastikan waktu cepat respons detektor. Lihat informasi selengkapnya.

Cara penggunaan gas detector SKY2000

Berikut ini adalah langkah cara menggunakan gas detector SKY2000 diantaranya silahkan simak penjelasannya berikut ini :

1. Keterangan Tombol

SKY2000 Gas Detector

Hidupkan/matikan: tekan lama selama 3 detik untuk menghidupkan/mematikan perangkat, tekan sebentar untuk mengonfirmasi atau menyimpan data.

SKY2000 Gas Detector

Menu: dalam mode deteksi, tekan tombol ini untuk masuk ke mode pengaturan parameter, dan dalam mode pengaturan parameter, tekan tombol ini untuk menggerakkan kursor

SKY2000 Gas Detector

Plus: dalam mode pengaturan parameter, tekan sebentar untuk memilih item ke atas atau menambah nilai. Tekan lama selama 3 detik untuk mengaktifkan/menonaktifkan fungsi alarm dengan cepat.

SKY2000 Gas Detector

Minus: dalam mode pengaturan parameter, tekan sebentar untuk memilih item ke bawah atau penurunan nilai. Tekan lama selama 3 detik untuk menghidupkan/mematikan pompa udara dengan cepat.

SKY2000 Gas Detector

Keluar: dalam mode pengaturan parameter, tekan sebentar untuk kembali ke menu sebelumnya. Tekan lama untuk menggeser unit konsentrasi gas dengan cepat.

(Catatan: Fungsi tekan lama hanya berfungsi dalam mode deteksi. Saat Anda mengubah atau mengatur ulang data apa pun, harap ingat untuk mengklik tombol “ON/OFF” untuk mengonfirmasi dan menyimpan pengaturan. Ingatlah untuk menyalakan pompa saat memulai deteksi. Harap matikan pompa saat tidak perlu dideteksi, yang akan membantu masa pakai pompa.)

2. Power On / Off

Letakkan detektor di udara bersih, dan tekan tombol “ON/OFF” selama tiga detik, detektor akan menyala dan pompa akan mulai bekerja. Layar menampilkan antarmuka berikut secara berurutan: Merek dan Logo, antarmuka parameter utama, hitung mundur inisial. Hitung mundur akan menjadi 60 atau 120 detik, yang memastikan bahwa sensor diaktifkan sepenuhnya. Setelah hitungan mundur, perangkat memasuki antarmuka deteksi normal. Keluarkan detektor dari lingkungan yang terdeteksi dan tunggu hingga data turun ke nol, lalu tekan tombol “ON/OFF” untuk mematikan detektor.

3. Zero Calibration

Kalibrasi nol harus dilakukan di udara bersih. Lebih baik dilakukan sekali setelah mengkhawatirkan terjadi.

Tekan “MENU” untuk masuk ke mode pengaturan parameter, pilih “kalibrasi nol”, dan tekan “ON/OFF” untuk masuk ke mode. Amati nilai “konsentrasi waktu nyata”. Jika pembacaan tidak nol dan drifting terlalu besar saat pembacaan stabil, maka perlu dilakukan kalibrasi titik nol.

Tekan “ON/OFF”, konsentrasi real-time akan kembali ke nol, dan tekan “ESC” untuk kembali ke mode deteksi, nilai konsentrasi gas juga kembali ke nol.

Catatan: Kalibrasi nol detektor oksigen, detektor nitrogen, dan detektor karbon dioksida (gas target adalah komponen udara) tidak dapat dilakukan di udara. Hanya kalibrasi titik target (nilai konsentrasi titik target adalah nilai konsentrasi standar di udara bersih) yang dapat dilakukan.

4. Proses operasi yang salah dalam jangkauan yang berlebihan

Pengguna harus menghindari penggunaan gas yang melebihi rentang ukuran untuk mempengaruhi sensor, karena akan mempengaruhi umur dan sensitivitas sensor, bahkan “meracuni” sensor. Jika ada operasi yang salah jangkauan yang membuat detektor menampilkan konsentrasi pada pembacaan yang besar, obatnya adalah segera mengeluarkan perangkat dari lingkungan dan meletakkannya di udara bersih selama lebih dari setengah jam, dan kemudian mengamati pembacaan, jika terus turun, maka tunggu hingga pembacaan kembali ke nol sebelum mematikannya, dan lakukan kalibrasi titik nol lain kali sebelum menggunakannya. Jika pembacaan dipertahankan pada skala penuh, pengguna harus mengirim perangkat kembali ke produsen atau agen untuk memperbaiki atau mengganti sensor.

SKY2000 Gas Detector

Keterangan :

  1. Air Inlet
  2. Air Outlet
  3. Air chamber of sensor
  4. LCD
  5. PLUS
  6. MINUS
  7. MENU
  8. ESC
  9. ON/OFF

Catatan :

*Jika detektor digunakan untuk deteksi tabung gas, mengingat tekanan tinggi di dalam silinder, harap gunakan pengatur tekanan, dan simpan seperti data di bawah ini:

Laju aliran: 800mL~1L/menit

Tekanan: 0,1MPa atau 1Bar

*Mohon letakkan detektor di udara bersih selama sekitar 5 menit dan tunggu data turun ke normal sebelum mematikannya setelah pengukuran

5. Operasi Antarmuka

Ketika detektor dihidupkan sepenuhnya, perangkat akan memasuki antarmuka pendeteksian. Jenis gas akan ditampilkan di kiri atas, dan waktu dan daya baterai akan berada di kanan. Di tengah, ada konsentrasi real-time. Akan ada BEEP-ON di kiri bawah, yang berarti alarm menyala. PUMP-ON di kanan bawah, yang berarti pompa bekerja.

6. Status Alarm

Ketika konsentrasi gas yang terdeteksi lebih tinggi dari nilai alarm rendah, suara alarm akan menyala, lampu kuning akan berkedip.

Ketika konsentrasi gas yang terdeteksi lebih tinggi dari nilai alarm tinggi, suara alarm akan menyala, lampu merah akan berkedip.

7. Pengaturan Alarm

Tekan “Menu”, pilih “Alarm point set”, dan mulai mengatur nilai alarm.

Ada LOW POINT dan HIGH POINT untuk set, tekan “MENU” untuk memindahkan kursor ke nilai yang ingin Anda atur, dan tekan “PLUS” atau “MINUS” untuk mengubah nilainya.

Setelah pengaturan selesai, tekan tombol “ON/OFF” untuk menyimpan pengaturan.

8. Pemberitahuan Baterai Lemah

Saat baterai hampir habis, akan ada suara, alarm baterai lemah. Akan ada suara dan cahaya setiap 5 detik untuk mengingatkan pengguna untuk mengisi daya perangkat tepat waktu. Saat baterai habis, perangkat akan mati secara otomatis.

9. Reset Pengaturan Pabrik

Ketika semua pengaturan salah, atau pengguna mengoperasikan detektor dengan cara yang salah, Anda dapat mengembalikan detektor ke pengaturan pabrik. Tetapi jika detektor berfungsi normal, mohon jangan operasikan pengaturan ini. Untuk menghindari pengaturan yang salah, kata sandi diperlukan. Jika Anda ingin mengembalikan detektor ke pengaturan pabrik, silakan hubungi pemasok.

10. Kalibrasi Titik Target

Catatan: Kalibrasi harus dilakukan oleh para profesional dan dengan aksesori yang diperlukan dan gas standar.

Siapkan gas standar sebelum memulai kalibrasi titik target. Dalam mode deteksi, tekan “MENU”, pilih “kalibrasi rentang”, tekan tombol ON/OFF untuk masuk. Kemudian Anda harus memasukkan kata sandi. (Jika Anda membutuhkan kata sandi, silakan hubungi produsen untuk mendapatkannya)

Setelah berhasil memasukkan kata sandi, tekan ON/OFF untuk masuk ke antarmuka kalibrasi titik target, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Antarmuka akan menampilkan “konsentrasi”, “set nilai. Konsentrasi tersebut merupakan hasil perhitungan beberapa parameter kalibrasi internal. Proses kalibrasi adalah proses untuk menghitung ulang parameter internal perangkat. Nilai yang ditetapkan adalah nilai yang harus dimasukkan secara manual; itu harus konsentrasi gas standar yang akan dikalibrasi. Pilih parameter di bawah antarmuka saat ini, ubah nilainya dengan tombol “PLUS” dan “MINUS”.

Proses kalibrasi adalah sebagai berikut:

  1. Hubungkan detektor dengan tabung gas standar dengan selang.
  2. Masuk ke antarmuka kalibrasi titik target, atur “nilai SET” sebagai konsentrasi gas standar.
  3. Lepaskan gas standar ke detektor dengan laju aliran 500mL/menit. Nilai “konsentrasi” akan menjadi lebih besar secara bertahap, dan menjadi stabil setelah 30 detik.
  4. Saat nilai “konsentrasi” stabil, tekan tombol “ON/OFF”, nilai “konsentrasi” akan sama atau hampir sama dengan “Nilai yang disetel”. Kalibrasi selesai.
  5. Putuskan pasokan gas standar. Tekan “ESC” untuk kembali ke antarmuka deteksi.
SKY2000 Gas Detector

Nah itulah artikel yang membahas cara menggunakan SKY2000 Gas Detector yang benar, semoga user manual diatas dapat bermanfaat bagi anda khususnya yang mungkin bingung bagaimana cara meggunakan alatnya.

Jual SKY2000 Gas Detector

Jual SKY2000 Gas Detector

Jual alat uji Fumigasi yaitu ENV2000 PUMPING GAS DETECTOR – Tracer Gas Analyzer alat yang berfungi untuk mendeteksi suatu gas dan alat ini dipakai oleh orang saat melakukan aktifitas di lingkungan industri atau pabrik ketika sedang memasuki ruangan yang rentang dengan gas yang berbahaya, dengtan adanya alat fumigasi ini kita bisa mengetahui berapa kadar gas dalam ruangan tersebut sehingga setelah mengetahui gas tersebut apakah kita boleh masuk ruangan tersebut atau tidak setelah mengetahui berapa kadarnya. Cek informasi harga.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×