Cara Membuat Kategori di WordPress yang SEO Friendly

oleh | Mar 14, 2024 | WordPress

WordPress adalah sistem manajemen konten yang sangat populer, dan penggunaannya yang luas membuat optimasi SEO menjadi sangat penting. Salah satu aspek penting dari SEO di WordPress adalah pengelolaan kategori. Kategori yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu mesin pencari memahami struktur dan konten situs Anda. Berikut adalah tips untuk membuat kategori yang SEO friendly di WordPress.

Tips Membuat Kategori yang SEO di WordPress

1. Pahami Tujuan Kategori

Kategori membantu mengorganisir konten dan memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari. Kategori yang efektif harus mencerminkan topik utama situs Anda dan membantu mesin pencari dalam mengindeks halaman Anda.

2. Riset Kata Kunci

Sebelum membuat kategori, lakukan riset kata kunci. Gunakan alat seperti Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan niche Anda. Kata kunci ini akan membantu Anda dalam menamai kategori dan membuat deskripsi yang SEO friendly.

3. Buat Nama Kategori yang Deskriptif

Nama kategori harus jelas dan deskriptif. Gunakan kata kunci yang telah Anda riset untuk membuat nama yang akan memberi tahu pengguna dan mesin pencari tentang topik yang Anda bahas.

4. Deskripsi Kategori

Tambahkan deskripsi yang kaya kata kunci untuk setiap kategori. Ini tidak hanya membantu SEO, tetapi juga memberikan konteks bagi pengguna yang mungkin menemukan kategori melalui pencarian.

5. Struktur Permalink yang Bersih

Pastikan struktur permalink Anda bersih dan mudah dibaca. Ini berarti menggunakan struktur yang sederhana seperti example.com/category/nama-kategori.

6. Hindari Duplikasi Konten

Pastikan bahwa setiap posting hanya ditempatkan dalam satu kategori yang paling relevan untuk menghindari duplikasi konten, yang dapat merugikan peringkat SEO Anda.

7. Pantau dan Sesuaikan

SEO adalah proses yang berkelanjutan. Pantau kinerja kategori Anda dengan alat seperti Google Analytics dan sesuaikan strategi Anda berdasarkan data tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat kategori di WordPress yang tidak hanya membantu pengguna Anda tetapi juga meningkatkan SEO situs Anda.

Dan untuk tutorial membuat kategorinya silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara membuat Kategori di WordPress

Untuk membuat kategori di WordPress, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke Dashboard WordPress: Pertama, login ke area admin WordPress Anda.
  2. Pergi ke Bagian Kategori: Di menu sebelah kiri, klik ‘Posts’ dan kemudian pilih ‘Categories’.
  3. Tambahkan Kategori Baru: Di sini, Anda akan melihat opsi untuk menambahkan kategori baru. Isi ‘Name’ dengan nama kategori yang deskriptif dan menggunakan kata kunci yang relevan.
  4. Isi Deskripsi Kategori: Tambahkan deskripsi yang informatif dan mengandung kata kunci untuk kategori tersebut. Ini akan membantu mesin pencari memahami konten kategori Anda.
  5. Atur Slug Kategori: Slug adalah versi URL-friendly dari nama kategori. Pastikan slug singkat, jelas, dan mengandung kata kunci.
  6. Pilih Kategori Induk jika Perlu: Jika Anda membuat subkategori, pilih kategori induk dari dropdown ‘Parent Category’.
  7. Simpan Kategori: Setelah selesai, klik tombol ‘Add New Category’ untuk menyimpan kategori baru Anda.
  8. Optimalkan untuk SEO: Gunakan plugin SEO seperti Yoast SEO untuk membantu Anda mengoptimalkan kategori lebih lanjut dengan saran kata kunci dan meta deskripsi.
  9. Periksa dan Sesuaikan: Terakhir, periksa tampilan kategori di situs Anda dan sesuaikan jika perlu untuk memastikan navigasi yang mudah dan pengalaman pengguna yang baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan memiliki kategori yang tidak hanya terorganisir dengan baik tetapi juga dioptimalkan untuk mesin pencari, yang dapat membantu meningkatkan visibilitas situs Anda di hasil pencarian.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, selebihnya silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika masih bekum paham, dan bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan website di Bandung silahkan hubungi kami sekarang juga.

Sumber: wordpress.com

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×