Bagian-bagian Pipet Elektronik dan Fungsinya

oleh | Jun 26, 2023 | Laboratorium

Pipet elektronik adalah alat yang sangat penting dalam bidang ilmiah dan laboratorium. Dengan menggunakan pipet elektronik, kita dapat mentransfer cairan secara akurat dan presisi. Pipet elektronik terdiri dari beberapa bagian utama yang memiliki peran dan fungsi masing-masing. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagian-bagian pipet elektronik dan fungsinya secara rinci.

Bagian-bagian Pipet Elektronik

Berikut ini adalah beberapa bagian pipet elektronik, diantaranya yaitu:

1. Bagian Pegangan (Grip)

Bagian pertama dari pipet elektronik adalah pegangan atau grip. Pegangan ini biasanya terbuat dari bahan yang tahan terhadap bahan kimia dan mudah digenggam. Fungsinya adalah untuk memberikan kenyamanan dan stabilitas saat mengoperasikan pipet elektronik. Pegangan yang baik akan membantu mengurangi kelelahan pengguna dan memastikan keakuratan dalam pengambilan dan pengepakan cairan.

2. Tombol Pengambilan (Aspiration Button)

Tombol pengambilan, juga dikenal sebagai tombol pengisian, adalah bagian yang digunakan untuk menarik cairan ke dalam pipet elektronik. Ketika tombol ini ditekan, tekanan negatif akan tercipta di dalam pipet dan cairan akan naik melalui ujung pipet. Tombol pengambilan harus dirancang dengan baik agar mudah digunakan dan menghasilkan hisapan cairan yang konsisten.

3. Ujung Pipet (Pipette Tip)

Ujung pipet adalah bagian yang berhubungan langsung dengan cairan yang akan ditransfer. Ujung ini terbuat dari bahan yang kompatibel dengan cairan dan memiliki ukuran yang sesuai. Fungsinya adalah untuk mengambil cairan dan mengeluarkannya dengan presisi. Ujung pipet harus diganti setiap kali digunakan untuk menghindari kontaminasi silang antara sampel yang berbeda.

4. Pemegang Ujung Pipet (Pipette Tip Holder)

Pemegang ujung pipet adalah bagian yang digunakan untuk memasang ujung pipet pada pipet elektronik. Bagian ini harus dapat menahan ujung pipet dengan kuat agar tidak mudah lepas selama penggunaan. Pemegang ujung pipet juga harus memastikan posisi ujung pipet yang tepat agar cairan dapat diambil dan ditransfer dengan akurat.

5. Skala Pengukuran (Measurement Scale)

Skala pengukuran terletak di sepanjang tubuh pipet elektronik. Skala ini digunakan untuk mengukur volume cairan yang akan ditransfer. Skala pengukuran harus jelas dan akurat, sehingga pengguna dapat mengambil volume yang tepat sesuai dengan kebutuhan percobaan atau analisis.

6. Tombol Pengeluaran (Dispensing Button)

Tombol pengeluaran adalah bagian yang digunakan untuk mengeluarkan cairan dari ujung pipet. Ketika tombol ini ditekan, cairan akan keluar dengan aliran yang terkontrol. Tombol pengeluaran harus mudah dijangkau dan dapat dioperasikan dengan satu tangan. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan cairan dengan presisi dan menghindari tumpahan yang tidak diinginkan.

7. Batang Pipet (Pipette Shaft)

Batang pipet adalah bagian yang menghubungkan pegangan dengan ujung pipet. Bagian ini harus kuat dan kokoh agar pipet dapat digunakan dengan stabil dan tidak mudah rusak. Batang pipet juga dapat berfungsi sebagai pengatur aliran cairan saat tombol pengeluaran ditekan.

Keunggulan Pipet Elektronik Envilife

Disini terdapat beberapa keunggulan yang penting untuk anda ketahui yang ada terhadap pipet elekronik khususnya jenis pipet yaitu “ENVILIFE HiPette Fully Autoclavable Mechanical Pipette” untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

Bagian-bagian Pipet Elektronik
  • Tombol yang Halus, Rendah Gaya, dan Tanpa Upaya
  • Penyetelan Tombol yang Lancar, Penyesuaian Volume yang Ringan dan Lancar
  • Desain Ergonomis:
    • Nyaman & Tanpa Usaha mengacu pada keadaan atau pengalaman yang membuat seseorang merasa nyaman dan tidak perlu banyak usaha atau kerja keras. Ini berarti segala sesuatu berjalan dengan lancar dan mudah, tanpa menimbulkan kelelahan atau stres berlebihan.
    • Tepat & Akurat mengacu pada tingkat ketepatan dan keakuratan dalam melakukan sesuatu. Ini berarti melakukan tugas atau aktivitas dengan sangat teliti dan memastikan bahwa hasilnya benar dan sesuai dengan harapan.
    • Kombinasi kedua konsep ini dapat menciptakan pengalaman yang menguntungkan dan efisien, di mana seseorang merasa nyaman dalam melakukan tugas atau aktivitas dengan akurasi yang tinggi tanpa mengalami kelelahan atau kesulitan berlebihan.
  • Pemecahan Sederhana:
    • Pemecahan Sederhana merujuk pada kemampuan untuk membongkar suatu barang atau perangkat dengan mudah dan tanpa kesulitan. Ini berarti komponen-komponen dapat dipisahkan dengan cepat dan tanpa kerusakan, memudahkan perbaikan atau penggantian bagian yang diperlukan.
    • Perawatan Rutin Mudah merujuk pada kegiatan pemeliharaan atau perawatan suatu barang atau perangkat yang dapat dilakukan dengan mudah. Ini berarti bahwa tindakan perawatan yang rutin, seperti pembersihan atau pelumasan, dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa memerlukan keterampilan khusus atau alat yang rumit.
    • Kombinasi dari kedua konsep ini memastikan bahwa pemecahan dan perawatan barang atau perangkat dapat dilakukan dengan mudah dan efisien. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatasi masalah kecil, melakukan perawatan rutin, atau mengganti komponen dengan cepat dan tanpa kesulitan berarti.
  • Pengaturan Kunci Volume Satu Tombol
    • Tarik roda kunci ke atas merujuk pada tindakan memutar roda kunci ke arah atas untuk mengatur volume. Ini adalah instruksi yang mengarahkan pengguna untuk mengatur volume suara dengan cara mengangkat atau menarik roda kunci ke atas.
    • Dengan melakukan tindakan ini, pengguna dapat meningkatkan atau mengurangi volume suara perangkat sesuai dengan keinginan mereka. Menarik roda kunci ke atas adalah cara yang disarankan untuk mengatur volume dan mengunci pengaturan volume tersebut.
    • Dengan melakukan langkah ini, pengguna dapat dengan mudah mengatur volume perangkat dengan menggerakkan roda kunci ke arah yang diinginkan. Instruksi ini memberikan panduan yang jelas bagi pengguna untuk melakukan penyesuaian volume dengan menggunakan roda kunci.
    • Tekan roda kunci ke bawah merujuk pada tindakan mendorong roda kunci ke arah bawah untuk mengunci volume. Ini adalah instruksi yang mengarahkan pengguna untuk mengunci pengaturan volume dengan cara menekan atau mendorong roda kunci ke bawah.
    • Dengan melakukan tindakan ini, pengguna dapat mengunci volume suara perangkat pada tingkat yang diinginkan. Tekan roda kunci ke bawah adalah cara yang disarankan untuk mengunci pengaturan volume tersebut.
    • Dengan melakukan langkah ini, pengguna dapat dengan mudah mengunci pengaturan volume perangkat dengan menekan roda kunci ke bawah. Instruksi ini memberikan panduan yang jelas bagi pengguna untuk mengunci volume suara dengan menggunakan roda kunci.
  • Jendela Tampilan Volume, Tampilan Volume Baru dengan 4 Digit
  • Elemen Filter:
    • Mengurangi masuknya cairan mudah menguap ke dalam tubuh pipet; membantu menghindari aliran balik cairan yang disebabkan oleh operasi yang tidak benar dan dengan demikian mencegah korosi dan kontaminasi pada piston.
    • Hal ini berfungsi untuk mencegah masuknya cairan yang mudah menguap ke dalam tubuh pipet. Dengan demikian, membantu mencegah aliran balik cairan yang terjadi akibat kesalahan operasi, dan oleh karena itu mencegah terjadinya korosi pada piston dan kontaminasi pada pipet.
    • Dengan adanya langkah ini, cairan yang mudah menguap tidak akan merusak pipet dan meminimalisir risiko terjadinya aliran balik cairan yang dapat menyebabkan korosi pada piston dan kontaminasi pada pipet. Ini memastikan integritas dan kebersihan pipet, serta menjaga kualitas dan akurasi penggunaan pipet dalam berbagai aplikasi.

Kesimpulan

Pipet elektronik adalah alat yang penting dalam laboratorium dan penelitian ilmiah. Dengan memahami fungsi masing-masing bagian pipet elektronik, kita dapat menggunakan alat ini dengan lebih efektif dan akurat. Pegangan, tombol pengambilan, ujung pipet, pemegang ujung pipet, skala pengukuran, tombol pengeluaran, dan batang pipet adalah bagian-bagian utama yang harus diperhatikan saat menggunakan pipet elektronik. Dengan penggunaan yang tepat dan perawatan yang baik, pipet elektronik akan menjadi alat yang dapat diandalkan dalam melakukan proses pengambilan dan pengepakan cairan dalam bidang ilmiah.

Sekian artikel mengenai bagian-bagian pipet elektronik dan fungsinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam menjalankan kegiatan laboratorium dan penelitian. Terima kasih telah membaca!

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×