Pengertian Densitometer, Fungsi, dan Prinsip Kerja

oleh | Jun 27, 2023 | Laboratorium

Densitometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur densitas atau kerapatan zat cair atau gas. Densitas adalah sifat karakteristik bahan yang menunjukkan hubungan antara massa dan volume. Densitas diukur dalam satuan g/cm³ atau kg/m³. Densitas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti suhu, massa, volume, ukuran partikel, dan kekentalan.

Densitometer bekerja dengan prinsip Archimedes yang dikombinasikan dengan teknologi mikroelektronika. Sampel yang diukur dimasukkan ke dalam tabung U berosilasi dan alat akan menghitung jumlah densitas pada sampel tersebut. Alat ini dapat menampilkan hasil pengukuran dengan satuan OD (Optical Density) atau persentase.

Densitometer
Densitometer

Fungsi Densitometer

Densitometer memiliki berbagai fungsi sesuai dengan bidang aplikasinya. Beberapa fungsi densitometer adalah:

  • Mengukur densitas zat cair secara langsung, seperti minyak, bensin, alkohol, larutan kimia, dll.
  • Mengukur densitas gas, seperti udara, nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dll.
  • Mengukur optical density atau derajat kegelapan pada fotografi atau permukaan benda.
  • Mengukur perbedaan area transparansi pada film negatif atau positif.
  • Mengukur konsentrasi zat terlarut dalam larutan.
  • Mengukur kadar air dalam minyak goreng atau minyak tanah.
  • Mengukur kualitas produk industri grafika, seperti kertas, tinta, cat, dll.

Jenis Densitometer

Densitometer dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan cara kerja dan bentuknya. Berikut adalah beberapa jenis densitometer:

  • Densitometer Manual: alat ini memiliki bentuk hampir sama dengan urinometer dan sering digunakan untuk mengukur massa jenis zat cair. Alat ini memiliki tangkai berskala yang menunjukkan angka densitas sesuai dengan permukaan zat cair yang diukur.
  • Densitometer Digital: alat ini memiliki bentuk seperti tabung U dan sering digunakan untuk mengukur densitas zat cair atau gas secara cepat dan akurat. Alat ini memiliki sensor elektronik yang dapat mengubah sinyal osilasi menjadi angka densitas yang ditampilkan pada layar LCD.
  • Densitometer Refleksi: alat ini digunakan untuk mengukur jumlah cahaya yang direfleksikan oleh permukaan benda. Alat ini memiliki sumber cahaya dan sel fotoelektrik yang dapat mendeteksi intensitas cahaya yang dipantulkan. Semakin gelap permukaan benda, semakin rendah nilai optical densitynya.
  • Densitometer Transmisi: alat ini digunakan untuk mengukur jumlah cahaya yang melewati benda transparan. Alat ini memiliki sumber cahaya dan sel fotoelektrik yang dapat mendeteksi intensitas cahaya yang ditransmisikan. Semakin transparan benda, semakin tinggi nilai optical densitynya.

Prinsip Kerja Densitometer

Prinsip kerja densitometer berdasarkan hukum Archimedes yang menyatakan bahwa gaya apung yang dialami oleh suatu benda sama dengan berat fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut. Jadi, semakin besar massa jenis benda, semakin besar gaya apungnya dan semakin rendah volume fluida yang dipindahkan.

Dalam densitometer digital, sampel dimasukkan ke dalam tabung U berosilasi dengan frekuensi tertentu. Frekuensi osilasi ini dipengaruhi oleh massa jenis sampel. Semakin besar massa jenis sampel, semakin rendah frekuensi osilasinya dan sebaliknya. Sensor elektronik akan mengubah sinyal osilasi ini menjadi angka densitas yang ditampilkan pada layar LCD.

Dalam densitometer refleksi, sumber cahaya akan mengirimkan cahaya ke permukaan benda yang diukur. Cahaya ini akan dipantulkan oleh benda dan diterima oleh sel fotoelektrik. Sel fotoelektrik akan mengubah intensitas cahaya yang dipantulkan menjadi arus listrik. Arus listrik ini akan diubah menjadi angka optical density yang ditampilkan pada layar LCD.

Dalam densitometer transmisi, sumber cahaya akan mengirimkan cahaya ke benda transparan yang diukur. Cahaya ini akan melewati benda dan diterima oleh sel fotoelektrik. Sel fotoelektrik akan mengubah intensitas cahaya yang ditransmisikan menjadi arus listrik.

Jika anda ingin membeli alat Densitometer silahkan anda kunjungi link berikut ini.
Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×