Bagian-bagian LAF (Laminar Air Flow)

oleh | Apr 10, 2023 | Laboratorium

Halo sahabat Blog Lab, selamat datang di blog kami yang selalu memberikan informasi-informasi menarik dan bermanfaat seputar dunia laboratorium. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang salah satu alat laboratorium yang sangat penting dan sering digunakan, yaitu Laminar Air Flow (LAF). Apa itu Laminar Air Flow? Bagaimana prinsip kerjanya? Apa saja bagian-bagiannya dan fungsinya? Bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan benar? Semua pertanyaan tersebut akan kami jawab secara lengkap dan jelas pada artikel ini. Jadi, simak terus artikel kami sampai habis ya.

Laminar Air Flow (LAF)

Laminar Air Flow (LAF) adalah alat laboratorium yang digunakan untuk menyediakan ruang kerja yang steril dan bebas dari kontaminasi. Alat ini biasa digunakan untuk melakukan proses inokulasi atau penanaman bakteri di bidang mikrobiologi. Selain itu, alat ini juga digunakan di berbagai bidang industri seperti elektronik, kedirgantaraan, farmasi, kesehatan, dan makanan.

Prinsip Kerja Laminar Air Flow

Laminar Air Flow bekerja dengan mengalirkan udara steril secara terus menerus melewati beberapa komponen seperti pre filter, hepa filter, dan blower. Udara steril ini kemudian dikeluarkan melalui permukaan kerja yang dilengkapi dengan lampu LED dan lampu UV. Lampu LED berfungsi untuk memberikan penerangan yang cukup, sedangkan lampu UV berfungsi untuk melakukan sterilisasi sebelum dan sesudah penggunaan alat. Baca selengkapnya “Prinsip Kerja Laminar Air Flow

Bagian-bagian Laminar Air Flow

Laminar Air Flow terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut adalah bagian-bagian Laminar Air Flow dan fungsinya:

Bagian-bagian Laminar Air Flow

1. Panel Kendali

Panel kendali adalah bagian LAF yang berfungsi untuk mengendalikan fungsi-fungsi alat seperti menyalakan atau mematikan lampu LED, lampu UV, blower, dan microcontroller. Panel kendali juga menampilkan indikator kecepatan udara, tekanan udara, dan waktu penggunaan alat.

2. Lampu LED

Lampu LED adalah bagian LAF yang berfungsi untuk memberikan penerangan yang cukup pada ruang kerja. Lampu LED memiliki keunggulan seperti hemat energi, tahan lama, dan tidak menghasilkan panas berlebih.

3. Lampu UV

Lampu UV adalah bagian LAF yang berfungsi untuk melakukan sterilisasi pada ruang kerja dengan cara mereduksi bakteri secara aman. Lampu UV biasanya dinyalakan 30 menit sebelum dan sesudah penggunaan alat.

4. Pre Filter

Pre filter adalah bagian LAF yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel kasar seperti debu, serbuk, dan kotoran yang masuk ke dalam alat. Pre filter biasanya terbuat dari bahan serat sintetis atau kertas.

5. Hepa Filtera

Hepa filter adalah bagian LAF yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel halus seperti bakteri, virus, jamur, dan spora yang masuk ke dalam alat. Hepa filter biasanya terbuat dari bahan kaca mikrofiber atau polipropilen.

6. Blower

Blower adalah bagian LAF yang berfungsi untuk menghasilkan aliran udara steril yang dikeluarkan melalui permukaan kerja. Blower biasanya terbuat dari bahan logam atau plastik.

7. Microcontroller

Microcontroller adalah bagian LAF yang berfungsi untuk mengatur sistem kerja alat secara otomatis. Microcontroller biasanya terhubung dengan panel kendali dan sensor-sensor lainnya.

8. Frame Penyangga dan Roda

Frame penyangga dan roda adalah bagian LAF yang berfungsi untuk menopang dan memudahkan perpindahan alat dari satu tempat ke tempat lain. Frame penyangga biasanya terbuat dari bahan besi atau stainless steel, sedangkan roda biasanya terbuat dari bahan karet atau plastik.

Cara Menggunakan Laminar Air Flow

Untuk menggunakan Laminar Air Flow dengan baik dan benar, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut adalah cara menggunakan Laminar Air Flow:

  • Pastikan alat dalam kondisi bersih dan baik.
  • Nyalakan lampu UV dan biarkan selama 30 menit untuk melakukan sterilisasi.
  • Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dan letakkan di dekat LAF.
  • Pakai alat pelindung diri seperti sarung tangan, masker, dan jas lab.
  • Buka kaca transparan LAF dan masukkan tangan ke dalam ruang kerja.
  • Matikan lampu UV dan nyalakan lampu LED dan blower.
  • Lakukan proses inokulasi atau penanaman bakteri sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  • Setelah selesai, keluarkan tangan dari ruang kerja dan tutup kaca transparan LAF.
  • Nyalakan kembali lampu UV dan biarkan selama 30 menit untuk melakukan sterilisasi.
  • Bersihkan alat dan bahan yang telah digunakan dan simpan di tempat yang aman. Baca selengkapnya “Cara Penggunaan Laminar Air Flow

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Laminar Air Flow (LAF) adalah alat laboratorium yang digunakan untuk menyediakan ruang kerja yang steril dan bebas dari kontaminasi. Alat ini bekerja dengan mengalirkan udara steril secara terus menerus melewati beberapa komponen seperti pre filter, hepa filter, blower, lampu LED, dan lampu UV. Alat ini terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing, seperti panel kendali, frame penyangga, dan roda. Alat ini biasa digunakan untuk melakukan proses inokulasi atau penanaman bakteri di bidang mikrobiologi. Alat ini juga digunakan di berbagai bidang industri seperti elektronik, kedirgantaraan, farmasi, kesehatan, dan makanan. Untuk menggunakan alat ini dengan baik dan benar, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, seperti melakukan sterilisasi sebelum dan sesudah penggunaan alat, memakai alat pelindung diri, dan membersihkan alat dan bahan yang telah digunakan.

Itulah artikel blog kami tentang bagian-bagian Laminar Air Flow dan fungsinya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan anda. Jika anda memiliki pertanyaan atau saran, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel kami sampai habis. Jika anda ingin membeli dan melihat harga laminar air flow (LAF) silahkan kunjungi link berikut ini di envilife.

Sumber informasi:

  • https://andarupm.co.id/laminar-air-flow/
  • https://analitika.co.id/laf/
  • https://www.sentrakalibrasiindustri.com/laminar-air-flow-laf-prinsip-kerja-fungsi-dan-cara-penggunannya/

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *