Apa itu WebP? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

oleh | Agu 14, 2023 | Tutorial SEO

WebP adalah format gambar yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2010. Format ini menggunakan metode kompresi gambar lossy dan lossless, yang berarti dapat mengurangi ukuran file gambar tanpa mengurangi kualitasnya secara signifikan. WebP merupakan format gambar generasi baru yang ditujukan untuk meningkatkan performa website, menghemat bandwidth, dan memaksimalkan upaya SEO.

Pengertian WebP

Pengertian WebP

WebP adalah singkatan dari Web Picture. Format ini merupakan hasil pengembangan dari codec video VP8, yang juga dimiliki oleh Google. Codec video adalah teknologi yang digunakan untuk mengompres dan mendekompres video agar dapat ditransmisikan dengan lebih efisien. WebP menggunakan teknik kompresi yang sama dengan VP8, namun diterapkan untuk gambar.

WebP memiliki dua jenis kompresi, yaitu lossy dan lossless. Kompresi lossy adalah proses mengurangi ukuran file dengan menghilangkan beberapa informasi gambar yang tidak terlalu penting. Kompresi lossless adalah proses mengurangi ukuran file tanpa menghilangkan informasi gambar sama sekali. Kedua jenis kompresi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan WebP

WebP memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan format gambar lainnya, seperti JPEG dan PNG. Berikut adalah beberapa kelebihan WebP:

  • Ukuran file lebih kecil. WebP dapat menghasilkan gambar dengan ukuran file 26% lebih kecil daripada PNG, dan 25-34% lebih kecil daripada JPEG. Ukuran file yang lebih kecil akan mempercepat loading website dan menghemat bandwidth.
  • Kualitas gambar lebih tinggi. WebP dapat mempertahankan kualitas gambar yang baik meskipun menggunakan kompresi lossy. WebP juga dapat menampilkan gambar transparan dan animasi dengan kualitas lebih baik daripada PNG.
  • Mendukung SEO. Kecepatan website merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat website di mesin pencari seperti Google. Dengan menggunakan WebP, website dapat memiliki kecepatan loading yang lebih cepat, sehingga dapat meningkatkan SEO.
  • Kompatibel dengan banyak browser. WebP sudah didukung oleh banyak browser populer, seperti Chrome, Firefox, Edge, Opera, dan Safari. Hal ini memudahkan pengguna untuk melihat gambar WebP di website.

Kekurangan WebP

Meskipun memiliki banyak kelebihan, WebP juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Tidak didukung oleh semua browser. Beberapa browser lama atau kurang populer masih belum mendukung WebP, seperti Internet Explorer dan UC Browser. Hal ini dapat menyebabkan gambar WebP tidak dapat ditampilkan di website.
  • Tidak mudah diedit. WebP masih belum banyak didukung oleh aplikasi pengeditan gambar, seperti Photoshop dan GIMP. Hal ini dapat menyulitkan pengguna untuk mengedit atau mengubah format gambar WebP.
  • Tidak cocok untuk semua jenis gambar. WebP sangat baik untuk gambar yang memiliki banyak warna atau detail, seperti foto atau ilustrasi. Namun, untuk gambar yang memiliki sedikit warna atau detail, seperti logo atau teks, WebP dapat menghasilkan ukuran file yang lebih besar daripada PNG.\

Perbedaan WebP dengan PNG dan JPG

Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari beberapa format gambar WebP, PNG dan JPG yang ditampilkan dalam tabel perbandingan dibawah ini:

FiturWebPPNGJPG
Ekstensi file.webp.png.jpg
KompresiLossy dan LosslessLosslessLossy
Kualitas gambarLebih baik dari PNG untuk gambar dengan banyak warna, lebih baik dari JPG untuk gambar dengan sedikit warnaLebih baik dari JPG dan WebP untuk gambar dengan banyak warnaLebih baik dari WebP dan PNG untuk gambar dengan sedikit warna
Ukuran fileLebih kecil dari PNG untuk gambar dengan banyak warna, lebih besar dari JPG untuk gambar dengan sedikit warnaLebih besar dari WebP dan JPG untuk gambar dengan banyak warnaLebih kecil dari WebP dan PNG untuk gambar dengan sedikit warna
TransparansiMendukungTidak mendukungTidak mendukung
AnimasiMendukungTidak mendukungTidak mendukung
Dukungan browserDidukung oleh Chrome, Firefox, Edge, dan OperaDidukung oleh semua browser utamaDidukung oleh semua browser utama
Umumnya digunakan untukGambar di web, seperti gambar produk, logo, dan ikonGambar dengan banyak warna, seperti foto dan gambar seniGambar dengan sedikit warna, seperti gambar dengan teks atau garis besar

Kesimpulan

WebP adalah format gambar generasi baru yang dikembangkan oleh Google. Format ini menggunakan metode kompresi lossy dan lossless, yang dapat mengurangi ukuran file gambar tanpa mengurangi kualitasnya secara signifikan. WebP memiliki beberapa kelebihan, seperti meningkatkan performa website, menghemat bandwidth, memaksimalkan SEO, dan menampilkan kualitas gambar yang tinggi. Namun, WebP juga memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak didukung oleh semua browser, tidak mudah diedit, dan tidak cocok untuk semua jenis gambar.

Jika anda sedang mencari jasa pembuatan website yang profesional dengan harga yang terjangkau, segera hubungi kami sekarang juga melalui kontak yang tersedia di website ini.

Sumber artikel:
https://developers.google.com/speed/webp?hl=id

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×