Apa itu Hreflang dan Manfaatnya untuk SEO Website

oleh | Jul 29, 2023 | Tutorial SEO, Website

Hreflang adalah sebuah atribut HTML yang digunakan untuk menentukan bahasa dan target geografis dari sebuah halaman web. Jika Anda memiliki beberapa versi dari halaman yang sama dalam bahasa yang berbeda, Anda dapat menggunakan tag hreflang untuk memberitahu mesin pencari seperti Google tentang variasi-variasi tersebut. Hal ini membantu mereka untuk menampilkan versi yang paling sesuai dengan pengguna mereka.

Mengapa Hreflang Penting untuk SEO

Jika Anda telah menghabiskan waktu untuk menerjemahkan konten Anda ke dalam beberapa bahasa, maka Anda akan ingin mesin pencari menunjukkan versi yang paling sesuai dengan pengguna mereka. Baik Google dan Yandex melihat tag hreflang untuk membantu melakukan hal ini. Bing mengatakan hreflang adalah sinyal lemah bagi mereka dan bahwa mereka sebagian besar mengandalkan atribut HTML content-language, tautan, dan siapa yang mengunjungi situs Anda untuk menentukan bahasa. Namun, mereka tetap merekomendasikan agar Anda menggunakannya di dokumentasi resmi mereka.

Menyesuaikan dengan bahasa ibu dari pengguna mesin pencari juga meningkatkan pengalaman mereka. Hal ini sering menghasilkan lebih sedikit orang yang mengklik pergi dari halaman Anda dan kembali ke hasil pencarian (yaitu, dwell time yang lebih tinggi), bounce rate yang lebih rendah, waktu di halaman yang lebih tinggi, dll—semua hal baik lainnya yang kami percaya memiliki dampak positif pada SEO dan peringkat.

Tetapi seperti yang diisyaratkan oleh Gary Illyes dari Google dalam video ini, tag hreflang juga dapat memiliki efek langsung pada peringkat karena halaman dalam sebuah kelompok hreflang saling berbagi sinyal peringkat. Halaman yang paling cocok akan menentukan posisi peringkat, tetapi halaman yang paling relevan untuk pengguna akan ditampilkan di SERP.

Contoh Tag Hreflang

Tag hreflang memiliki bentuk sebagai berikut:

<link rel="alternate" href="http://example.com" hreflang="en-us" />

Atribut rel="alternate" menunjukkan bahwa halaman ini adalah alternatif dari halaman lain. Atribut href menunjukkan URL dari halaman tersebut. Atribut hreflang menunjukkan kode bahasa dan wilayah dari halaman tersebut.

Kode bahasa harus mengikuti standar ISO 639-1, yaitu dua huruf pertama dari nama bahasa. Misalnya, en untuk bahasa Inggris, es untuk bahasa Spanyol, id untuk bahasa Indonesia, dll.

Kode wilayah harus mengikuti standar ISO 3166-1 Alpha 2, yaitu dua huruf pertama dari nama negara atau wilayah. Misalnya, us untuk Amerika Serikat, fr untuk Prancis, id untuk Indonesia, dll.

Anda dapat menggabungkan kode bahasa dan wilayah dengan tanda hubung (-) untuk menargetkan versi spesifik dari sebuah bahasa. Misalnya, en-us untuk bahasa Inggris Amerika, en-gb untuk bahasa Inggris Britania Raya, es-es untuk bahasa Spanyol Spanyol, es-mx untuk bahasa Spanyol Meksiko, dll.

Anda juga dapat menggunakan kode x-default untuk menunjukkan versi default dari halaman Anda jika tidak ada versi lain yang cocok dengan preferensi pengguna.

Bagaimana Cara Mengimplementasikan Hreflang

Ada tiga cara untuk mengimplementasikan tag hreflang: di markup halaman, di header HTTP, atau di sitemap. Hanya gunakan salah satu dari lokasi tersebut. Jika Anda memilih sitemap, alat ini dapat membantu Anda.

Tag hreflang di setiap halaman harus mencakup referensi ke dirinya sendiri serta ke semua halaman yang berfungsi sebagai alternatifnya. Misalnya, jika situs web Anda dalam bahasa Indonesia menjual produk ke pelanggan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura saja, tag hreflang untuk halaman utama Anda mungkin terlihat seperti ini:

<link rel="alternate" href="http://example.com" hreflang="id-id" /> <link rel="alternate" href="http://example.com/my/" hreflang="ms-my" /> <link rel="alternate" href="http://example.com/sg/" hreflang="ms-sg" />

Bagaimana Cara Menemukan dan Memperbaiki Masalah Hreflang

Meskipun tag hreflang tampaknya sederhana, ada banyak kesalahan yang dapat terjadi saat mengimplementasikannya. Beberapa kesalahan umum adalah:

  • Menggunakan kode bahasa atau wilayah yang salah atau tidak valid
  • Tidak menyertakan referensi ke diri sendiri
  • Tidak konsisten antara halaman
  • Menggunakan lebih dari satu metode implementasi
  • Menggunakan tag hreflang untuk halaman yang tidak ada atau tidak dapat diakses

Untuk menemukan dan memperbaiki masalah hreflang, Anda dapat menggunakan beberapa alat, seperti:

  • Google Search Console: Anda dapat memeriksa laporan Coverage dan Enhancement untuk melihat apakah ada masalah dengan tag hreflang Anda. Anda juga dapat menggunakan alat URL Inspection untuk melihat bagaimana Google melihat tag hreflang pada halaman tertentu.
  • Bing Webmaster Tools: Anda dapat memeriksa laporan SEO Analyzer dan Markup Validator untuk melihat apakah ada masalah dengan tag hreflang Anda. Anda juga dapat menggunakan alat Fetch as Bingbot untuk melihat bagaimana Bing melihat tag hreflang pada halaman tertentu.
  • Ahrefs Site Audit: Anda dapat memeriksa laporan Hreflang untuk melihat apakah ada masalah dengan tag hreflang Anda. Anda juga dapat menggunakan alat View as Search Engine untuk melihat bagaimana mesin pencari lain melihat tag hreflang pada halaman tertentu.

Kesimpulan

Hreflang adalah sebuah atribut HTML yang dalam technical SEO website yang memiliki konten dalam beberapa bahasa. Dengan menggunakan tag hreflang, Anda dapat memberitahu mesin pencari tentang versi bahasa yang berbeda dari halaman Anda dan membantu mereka menampilkan versi yang paling relevan dengan pengguna mereka. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna, konversi, dan peringkat situs web Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca!

Jika anda membutuhkan jasa pembuatan website murah silahkan hubungi kami melalui informasi kontak yang tersedia di website ini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×