Alat Laboratorium dan Fungsinya Lengkap

oleh | Jan 3, 2023 | Laboratorium

Laboratorium merupakan tempat yang digunakan untuk melakukan berbagai macam percobaan, pengujian, dan penelitian. Alat-alat yang digunakan di laboratorium sangat bervariasi, tergantung pada jenis percobaan yang dilakukan.

Daftar peralatan di laboratorium

Berikut ini adalah daftar alat laboratorium dan fungsi masing-masing:

1. Buret

Buret adalah alat yang digunakan untuk mengukur volume zat cair dengan tepat. Buret memiliki skala pada tubuhnya, sehingga mudah untuk menentukan volume zat cair yang diberikan. Buret biasanya digunakan untuk menentukan konsentrasi zat cair dengan metode titrasi.

(Gambar Buret)

2. Gelas Ukur

Gelas ukur merupakan alat yang digunakan untuk mengukur volume zat cair dengan tepat. Gelas ukur memiliki skala pada tubuhnya, sehingga mudah untuk menentukan volume zat cair yang diberikan. Gelas ukur biasanya digunakan untuk mengukur volume zat cair dalam jumlah kecil.

(Gambar Gelas Ukur)

3. Termometer

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Terdapat berbagai jenis termometer, seperti termometer cairan, termometer elektronik, dan termometer suhu tubuh. Termometer cairan terdiri dari cairan yang terdapat dalam tabung yang terhubung dengan skala suhu, sedangkan termometer elektronik menggunakan sensor suhu yang terdapat di dalamnya.

(Gambar Termometer Laboratorium)

4. Gelas Kimia

Gelas kimia adalah alat yang digunakan untuk menyimpan zat cair atau campuran zat cair. Gelas kimia terdiri dari gelas kimia beaker, gelas kimia kolf, dan gelas kimia erlenmeyer. Gelas kimia beaker digunakan untuk menyimpan zat cair atau campuran zat cair, sedangkan gelas kimia kolf digunakan untuk menyimpan zat cair yang akan dipanaskan. Gelas kimia erlenmeyer digunakan untuk menyimpan zat cair yang akan ditambahkan dengan zat lainnya.

(Gambar Gelas Kimia)

5. Pipet

Pipet adalah alat yang digunakan untuk mengukur volume zat cair dengan tepat. Pipet terdiri dari pipet tetes, pipet ukur, dan pipet volumetrik. Pipet tetes digunakan untuk mengukur volume zat cair dalam jumlah kecil, sedangkan pipet ukur digunakan untuk mengukur volume zat cair dalam jumlah yang lebih besar. Pipet volumetrik merupakan pipet yang memiliki skala pada tubuhnya, sehingga mudah untuk menentukan volume zat cair yang diberikan.

(Gambar Pipet)

6. Botol Reagen

Botol berkepala bola atau botol reagen adalah alat yang digunakan untuk menyimpan zat cair. Botol ini memiliki kepala bola di ujungnya, sehingga mudah untuk mencampurkan zat cair yang terdapat di dalamnya.

(Gambar Botol Reagen)

7. Balon Kimia

Balon kimia adalah alat yang digunakan untuk menyimpan gas atau campuran gas. Balon kimia terdiri dari balon kimia berukuran kecil dan balon kimia berukuran besar. Balon kimia berukuran kecil biasanya digunakan untuk menyimpan gas dalam jumlah kecil, sedangkan balon kimia berukuran besar biasanya digunakan untuk menyimpan gas dalam jumlah yang lebih besar.

(Gambar Balon Kimia)

8. Sumbat Asap

Sumbat asap adalah alat yang digunakan untuk mencegah zat cair atau gas yang terdapat di dalam botol atau balon kimia menguap. Sumbat asap biasanya terbuat dari karet atau plastik, dan dipasang di ujung botol atau balon kimia.

(Gmbar Sumbat Asap)

9. Gelas Piala

Gelas piala adalah alat yang digunakan untuk menyimpan zat cair atau campuran zat cair. Gelas piala memiliki bentuk yang bulat dan luas, sehingga mudah untuk mencampurkan zat cair yang terdapat di dalamnya.

(Gambar Gelas Piala)

10. Penjepit tabung

Penjepit tabung adalah alat yang digunakan untuk menahan objek seperti tabung reaksi atau kertas saring. Penjepit rambut biasanya terbuat dari logam dan memiliki bentuk seperti penjepit rambut yang biasa digunakan untuk menata rambut.

(Gambar Penjepit tabung)

Kesimpulan

Alat laboratorium merupakan peralatan yang sangat penting digunakan dalam berbagai macam percobaan, pengujian, dan penelitian di laboratorium. Alat-alat laboratorium yang paling umum digunakan meliputi buret, gelas ukur, termometer, gelas kimia, pipet, botol berkepala bola, balon kimia, sumbat asap, gelas piala, dan penjepit tabung. Setiap alat laboratorium memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti untuk mengukur volume zat cair, menyimpan zat cair atau gas, mengukur suhu, dan lain sebagainya.

Itulah daftar alat laboratorium dan fungsi masing-masing. Alat-alat ini sangat penting digunakan dalam berbagai macam percobaan, pengujian, dan penelitian di laboratorium.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×