Water Purification: Fungsi, Cara Kerja, dan Penggunaanya

oleh | Mar 20, 2023 | Laboratorium

Apakah kamu tahu apa itu Water Purification? Apa fungsi dari Water Purification? Bagaimana cara kerja Water Purification? dan Bagaimana cara menggunakan Water Purification? Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang Water Purification, baca terus artikel ini!

Pengertian Water Purification

Water Purification adalah proses untuk menghilangkan kotoran dan zat berbahaya dari air untuk membuatnya aman untuk digunakan. Air yang dihasilkan dari proses Water Purification biasanya digunakan untuk minum, mandi, mencuci, atau keperluan industri lainnya.

Fungsi Water Purification

Fungsi utama dari Water Purification adalah untuk menghilangkan kotoran dan zat berbahaya dari air. Kotoran dan zat berbahaya tersebut bisa berupa bakteri, virus, parasit, logam berat, bahan kimia, dan zat organik lainnya yang dapat menyebabkan penyakit atau masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, Water Purification juga dapat membantu mengurangi dampak negatif lingkungan dari kegiatan manusia, seperti pembuangan limbah dan polusi air. Dengan menggunakan Water Purification, air yang telah tercemar dapat diubah menjadi air yang aman untuk digunakan.

Cara Kerja Water Purification

Cara kerja Water Purification tergantung pada jenis sistem yang digunakan. Namun, secara umum, proses Water Purification melibatkan beberapa tahap, antara lain:

  1. Pra-Pemurnian: Tahap ini melibatkan penyaringan awal untuk menghilangkan kotoran kasar, seperti pasir dan kerikil.
  2. Koagulasi/Flokulasi: Tahap ini melibatkan penambahan bahan kimia yang disebut koagulan untuk membantu menggumpalkan partikel-partikel kecil dalam air.
  3. Sedimentasi: Setelah partikel-partikel di dalam air digumpalkan, air tersebut kemudian dibiarkan untuk mengendap sehingga partikel-partikel tersebut dapat terpisah dari air.
  4. Filtrasi: Tahap ini melibatkan penyaringan lebih lanjut untuk menghilangkan partikel yang tersisa dan memperbaiki rasa dan bau air.
  5. Disinfeksi: Tahap terakhir melibatkan penambahan bahan kimia seperti klorin atau ozon untuk membunuh bakteri dan virus dalam air.

Penggunaan Water Purification

Water Purification dapat digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain:

  1. Untuk minum: Air hasil dari proses Water Purification yang telah terbukti aman untuk dikonsumsi dapat digunakan untuk minum.
  2. Untuk mandi: Air hasil dari proses Water Purification juga aman untuk digunakan untuk mandi, sehingga membantu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.
  3. Untuk mencuci: Air hasil dari proses Water Purification juga dapat digunakan untuk mencuci, seperti mencuci pakaian dan peralatan masak.
  4. Untuk keperluan industri: Air hasil dari proses Water Purification dapat digunakan dalam industri makanan, farmasi, dan lain-lain.

Jual LABOSTAR Pro TWF UV Water Purification System

LABOSTAR Pro TWF UV Water Purification System

LABOSTAR Pro TWF UV Water Purification System bisa menghasilkan air ultra murni langsung dari suplai air minum Anda. Peralatan ini pake teknologi canggih yang menggabungkan unit pra-filtrasi dan membran osmosis balik, sehingga bisa membuang kotoran dan zat berbahaya dari air secara efektif. Air murni terkumpul dalam tangki terintegrasi dan akhirnya bisa diedarkan ke seluruh rumah atau tempat kerja Anda melalui modul pemoles oleh pompa sirkulasi. Dengan menggunakan LABOSTAR Pro TWF UV Water Purification System, Anda bisa mendapatkan air yang sangat bersih dan aman untuk digunakan sehari-hari!

Deskripsi

Kamu bisa mendapatkan air tipe III dari tangki penyimpanan 7L yang udah terpasang di peralatan, atau air tipe I langsung dari dispenser. Air yang dihasilkan punya kualitas bagus banget loh, dengan konduktivitas 0,055 S/cm dan TOC antara 1 dan 10 ppb, tergantung pada jenis sistem yang dipilih. Air RO yang dihasilkan juga punya kualitas yang sama bagusnya.

Dengan peralatan ini, kamu bisa menghasilkan air tingkat analitis dalam jumlah yang cukup kecil. Kualitas air yang dihasilkan melebihi semua standar yang relevan, termasuk ASTM Tipe I, CLSI, dan ISO 3696 Tipe I. Kalau kamu butuh air dalam jumlah lebih banyak, kamu bisa upgrade sistem ini dengan tambahan tangki air 30 atau 60 liter.

Peralatan ini juga dilengkapi dengan sensor konduktivitas yang secara terus-menerus mengukur kemurnian air dalam loop resirkulasi. Di dalam dispenser, ada filter steril 0,2 m bermuatan positif yang bisa menghilangkan bakteri dan endotoksin, jadi kamu nggak perlu repot beli filter ultra yang mahal. Filter steril 0,2 m tanpa muatan juga tersedia.

Kalau kamu mau mengukur minyak dalam air, TPH dalam tanah, atau FOG dalam tingkat konsentrasi air limbah, kamu bisa menggunakan metode EPA tradisional 413.2 dan 418.1 atau metode ASTM D7066-04 dan Freon-113, hidrokarbon-grade bebas perkloroetilena, AK-225, S-316, atau pelarut transparan inframerah spektroskopi lainnya sebagai pelarut ekstraksi. Komponen volatil ujung ringan dipertahankan untuk pengukuran karena ekstrak diendapkan ke dalam sel kuarsa kuarsa 10 mm dengan Teflon stopper. Dan yang pasti, akurasi pengukuran hingga 0,1 ppm.

Fitur

  • Sensor konduktivitas secara konstan mengukur kemurnian air produk dalam loop resirkulasi.
  • Filter steril 0,2 m bermuatan positif di dispenser menghilangkan bakteri dan endotoksin, menghilangkan kebutuhan akan ultrafilter yang mahal.
  • Filter steril 0,2 m tanpa muatan juga tersedia.
  • LABOSTAR Pro TWF UV Water Purification System dikirimkan dengan set modul dan filter pertama.

Aplikasi

  • Micro- und molecular biology
  • PCR
  • HPLC
  • TOC analysis
  • Type III water

Spesifikasi

Type III water specifications

Flow rate @25ºC13 l/h
Flow rate @20ºC11 l/h
Flow rate @15ºC10 l/h
Rejection rate for ions98% max
Rejection rate for bacteria>98%
Rejection rate for particles>98%

Type I water specifications

Output up to1,2/min
Conductivity @25ºC0,055 µS/cm
Resistivity @25ºC18,2 MΩ-cm
TOC1-5 ppb
Bacteria<1 cfu/ml
Endotoxins<0,001 EU/ml
Particles > 0.2 µm<1 per ml

Feed water specifications

Pressure3-5 bar
Conductivity<2000 µS/cm
Colloid Index<3 SDI
Free Chlorine<0,5 mg/l
Fe<0,1 mg/l
Co²max<15 mg/l
Water temperature5-30ºC
Ambient temperature5-35ºC

Connections

Raw water5/16” push-in / flex tube
Pure water¼” push-in / flex tube
Drain concentrate3/8” push-in / flex tube

Power requirement

Power consumption270 W
Power supply100-240V / 50-60Hz
Dimensions535x400x520 mm
Catalogue numberW3T324338

INCLUDE

W3T324494 (30 L Storage tank for Labostar Pro TMF
Module 2057 (Pre-treatment module) AMB W3T197613
Module 2094 (Pre-treatment module DTO) W3T197613
Module 2051 (Polishing Module MFIIID) W3T197694
Tank ventilation sterile filter 3-pack) W3T199880
Dispenser sterile filter (0.2 µm positively charged) W2T526015

Harga

Bagi anda yang tertarik dengan alat tersebut untuk mengetahui informasi selengkapnya silahkan klik tombol dibawah ini.

FAQs

Q: Apakah Water Purification aman untuk digunakan?
A: Ya

Q: Apakah Water Purification berbahaya untuk lingkungan?
A: Tidak, Water Purification sebenarnya dapat membantu mengurangi dampak negatif lingkungan dari kegiatan manusia, seperti pembuangan limbah dan polusi air.

Q: Apa saja jenis-jenis Water Purification yang tersedia?
A: Ada beberapa jenis Water Purification yang tersedia, antara lain sistem penyaringan sederhana, sistem filtrasi berpori, sistem ozonasi, dan sistem penyaringan membran.

Q: Berapa biaya untuk menggunakan Water Purification?
A: Biaya untuk menggunakan Water Purification bervariasi tergantung pada jenis sistem yang digunakan dan keperluan penggunaannya.

Q: Bagaimana cara memilih sistem Water Purification yang tepat?
A: Cara terbaik untuk memilih sistem Water Purification yang tepat adalah dengan mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda. Konsultasikan dengan ahli untuk memilih sistem yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda.

Kasimpulan

Water Purification sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kita. Dengan menghilangkan kotoran dan zat berbahaya dari air, Water Purification membantu kita untuk mendapatkan air yang aman untuk digunakan. Ada berbagai jenis sistem Water Purification yang tersedia dan kita harus memilih sistem yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kita. Dengan menggunakan Water Purification, kita juga dapat membantu mengurangi dampak negatif lingkungan dari kegiatan manusia. Jadi, jangan ragu untuk memasang sistem Water Purification di rumah atau tempat kerja Anda!

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×