Urinometer: Prinsip Kerja, Jenis, Fungsi, dan Cara Penggunaan

oleh | Apr 3, 2023 | Laboratorium

Ketika seseorang sakit, salah satu tindakan diagnostik yang sering dilakukan adalah memeriksa urin untuk melihat adanya infeksi atau penyakit lainnya. Salah satu alat yang digunakan untuk mengukur kepekatan urin adalah urinometer. Maka dari itu saya akan membahas pengertian, prinsip kerja, jenis, fungsi, dan cara penggunaan urinometer.

Apa itu Urinometer?

Urinometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kepekatan urin. Alat ini biasanya digunakan oleh dokter atau petugas laboratorium untuk memberikan petunjuk tentang kesehatan seseorang berdasarkan kepekatan urin yang dihasilkan. Urinometer dapat memberikan informasi tentang kandungan gula, protein, dan zat-zat lain dalam urin yang dapat menjadi indikator adanya penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Dalam penggunaannya, urinometer dijatuhkan ke dalam wadah yang berisi urin dan hasil pengukuran dibaca pada skala yang terdapat pada alat tersebut.

Prinsip Kerja Urinometer

Urinometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kepekatan urin. Prinsip kerjanya didasarkan pada hukum Archimedes. Hukum Archimedes menyatakan bahwa benda yang dicelupkan ke dalam fluida akan mengalami gaya apung yang sama dengan berat fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut. Dalam hal ini, urinometer akan mengukur kepadatan urin dengan cara mengukur berat jenisnya.

Jenis-jenis Urinometer

Ada beberapa jenis urinometer yang tersedia, antara lain:

1. Urinometer Gay-Lussac

Urinometer Gay-Lussac adalah urinometer yang paling umum digunakan. Urinometer ini terbuat dari kaca dan memiliki skala yang tercetak pada permukaannya. Skala pada urinometer Gay-Lussac biasanya terdiri dari angka-angka yang menunjukkan kepekatan urin dalam satuan gram per liter (g/L) atau berat jenis. Urinometer jenis ini biasanya digunakan oleh dokter atau petugas laboratorium.

2. Urinometer Rumple-Leede

Urinometer Rumple-Leede adalah urinometer yang memiliki prinsip kerja yang sama dengan urinometer Gay-Lussac. Urinometer jenis ini terbuat dari plastik dan memiliki skala yang tercetak pada permukaannya. Urinometer Rumple-Leede lebih mudah digunakan dan lebih murah dibandingkan dengan urinometer Gay-Lussac.

Fungsi Urinometer

Urinometer digunakan untuk mengukur kepekatan urin. Kepekatan urin dapat memberikan petunjuk tentang kesehatan seseorang. Misalnya, jika kepekatan urin terlalu tinggi, itu bisa menunjukkan dehidrasi atau masalah ginjal. Sebaliknya, jika kepekatan urin terlalu rendah, itu bisa menunjukkan bahwa seseorang mengalami diabetes insipidus atau masalah kelenjar pituitari.

Cara Penggunaan Urinometer

Berikut adalah cara penggunaan urinometer:

  1. Siapkan urinometer dan wadah yang berisi urin.
  2. Tuangkan urin ke dalam wadah hingga cukup untuk menenggelamkan urinometer.
  3. Letakkan urinometer ke dalam wadah dan biarkan selama beberapa menit.
  4. Ambil bacaan dari skala pada urinometer. Bacaan ini menunjukkan kepekatan urin dalam satuan gram per liter (g/L) atau berat jenis.
  5. Bersihkan urinometer dengan menggunakan air atau alkohol setelah digunakan.

Kesimpulan

Urinometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kepekatan urin. Prinsip kerjanya didasarkan pada hukum Archimedes. Ada dua jenis urinometer yang umum digunakan, yaitu urinometer Gay-Lussac dan urinometer Rumple-Leede. Urinometer digunakan untuk memberikan petunjuk tentang kesehatan seseorang berdasarkan kepekatan urin. Untuk menggunakannya, kita perlu menyiapkan urinometer dan wadah yang berisi urin, lalu menenggelamkan urinometer dalam urin dan membaca bacaan pada skala urinometer setelah beberapa menit. Setelah digunakan, urinometer perlu dibersihkan dengan air atau alkohol.

Nah itulah artikel yang Blog Lab sampaikan kepada anda, semoga artikel diatas dapat bermanfaat khususnya bagi pembaca. Tidak lupa juga bagi teman-teman yang ingin membeli berbagai macam perlatan laboratorium dengan lengkap dan harga terjangkau silahkan kunjungi link berikut ini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×