Alat Cek Kesehatan Digital untuk Tes Kesehatan Kelelahan Mata

oleh | Apr 3, 2023 | Laboratorium

Kesehatan mata adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Namun, terkadang kita mengalami kelelahan mata karena terlalu sering menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, laptop, atau smartphone. Kelelahan mata dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, sehingga penting untuk mengatasi masalah ini dengan tepat. Di era digital seperti sekarang, alat cek kesehatan digital bisa menjadi solusi untuk mengatasi kelelahan mata. Artikel ini akan membahas tentang alat cek kesehatan digital untuk tes kesehatan kelelahan mata, dan bagaimana alat ini bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Apa itu kelelahan mata?

Sebelum membahas lebih jauh tentang alat cek kesehatan digital, pertama-tama kita perlu memahami apa itu kelelahan mata. Kelelahan mata adalah kondisi ketika mata terasa lelah dan tidak nyaman setelah terlalu sering digunakan untuk melihat layar perangkat elektronik seperti komputer atau smartphone. Gejala kelelahan mata bisa berupa mata merah, sakit kepala, mata terasa berat, pandangan kabur, dan sebagainya.

Faktor penyebab kelelahan mata

Ada beberapa faktor penyebab kelelahan mata, di antaranya:

1. Terlalu sering menggunakan perangkat elektronik

Terlalu sering menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, laptop, atau smartphone bisa membuat mata lelah dan mengalami ketegangan. Hal ini disebabkan karena mata terus-menerus fokus pada layar yang sama dalam waktu yang lama.

2. Kurang istirahat

Kurang istirahat atau tidur yang cukup juga bisa menjadi penyebab kelelahan mata. Saat kita tidur, mata kita juga beristirahat dan merefresh diri.

3. Pencahayaan yang buruk

Pencahayaan yang buruk, terlalu terang atau terlalu redup, juga bisa menyebabkan kelelahan mata. Terlalu terang bisa membuat mata terasa sakit dan terlalu redup bisa membuat mata bekerja lebih keras.

Solusi mengatasi kelelahan mata

Untuk mengatasi kelelahan mata, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

1. Istirahat

Istirahat adalah hal yang penting untuk mengatasi kelelahan mata. Beristirahat dari layar perangkat elektronik selama 10-15 menit setiap satu jamnya bisa membantu merelaksasi mata dan mengurangi kelelahan mata.

2. Gunakan kacamata khusus

Kacamata khusus bisa membantu mengurangi kelelahan mata saat menggunakan perangkat elektronik. Ada beberapa jenis kacamata khusus yang bisa digunakan, seperti kacamata anti radiasi dan kacamata anti silau.

3. Gunakan alat cek kesehatan digital

Alat cek kesehatan digital bisa membantu mengatasi kelelahan mata. Alat ini bisa digunakan untuk melakukan tes kesehatan mata dan memberikan saran tentang cara mengurangi kelelahan mata. Dan untuk alatnya disini saya akan memberikan salah satu contoh dibawah ini yaitu alatnya yang bernama Lafayette Flicker Fusion – Alat Tes Kesehatan Kelelahan Mata.

Alat Cek Kesehatan Digital

Deskripsi

Produk: Alat Tes Kesehatan Kelelahan Mata

Merek: Lafayette

Tipe: Flicker Fusion

Negara: Amerika Serikat

Banyak orang merasa cepat lelah pada mata saat menatap monitor terlalu lama. Kelelahan mata dapat menyebabkan rasa mengantuk bahkan pusing pada beberapa orang. Salah satu cara untuk mengatasi kelelahan mata adalah dengan beristirahat atau tidur. Namun, kadang-kadang tidak memungkinkan untuk beristirahat terutama jika sedang dekat deadline.

Jika Anda ingin mengetahui seberapa lelah mata Anda, alat cek kelelahan mata flicker fusion dari Lafayette Instrument dapat membantu. Alat ini berfungsi untuk memeriksa kadar kelelahan mata dengan menggunakan teknik kedipan, dan memberikan hasil apakah mata masih bisa dipaksa untuk terus digunakan atau perlu istirahat. Jika mata sudah terlalu lelah dan dipaksa terus digunakan, hal tersebut bisa menyebabkan masalah mata di kemudian hari seperti penggunaan kacamata.

Alat ini biasanya digunakan untuk tujuan pendidikan dan penelitian saja, bukan untuk keperluan medis atau diagnostik.

Spesifikasi

Power Supply12 VDC @ .5A, 2.1mm center positive DC plug
Fuse0.5A, 5x20mm fast blow
Frequency1.0 – 100.0Hz in 0.1Hz increments with an error of .05%
Slide Holder2″ x 2″ (5.08×5.08 cm) 35mm holder for optional Model 12100 neutral density filters with 0.1% to 50% light transmission
Auto Mode Ramp Ratesoptions of 0.5, 1, 2, and 4Hz per second
Analog Input3.5 mm mono phone plug with voltage range from 0.1 – 10 V for 1.0 – 100.0Hz flicker rate
Absolute Maximum Input14V
External InitiateSPST normally open hand-held switch with RCA input
External ResponseDual SPST normally open hand-held switch with 3.5 mm stereo plug
RS-232C Port Settings 9600 baud, no parity, 8 data bits, 1 stop bit
Typical Luminance58 Cd/m2
Viewing Angle1.9°
Light/Dark Ratio1:1
Stimulus ColorWhite
Viewing Chamber MaskHypo-allergenic black silicone Mask may be cleaned with an alcohol wipe.
Control Size8.625″W x 6.5″L x 3.25″H (21.9 x 16.5 x 8.3 cm)
Weight1.8 lb (0.82 kg)
Viewing Chamber Size7″W x 19″L x 16″H (17.8 x 48.3 x 40.6 cm)
Weight7.4 lb (3.36 kg)

Harga

Dan jika anda tertarik dengan alat tersebut dan ingin membelinya untuk mengetahui informasi harga dan spesifikasi secara lengkapnya, silahkan klik tombol dibawah ini.

Kesimpulan

Kelelahan mata adalah masalah yang sering dialami oleh orang-orang yang terlalu sering menggunakan perangkat elektronik. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melakukan beberapa hal seperti istirahat, menggunakan kacamata khusus, dan menggunakan alat cek kesehatan digital. Alat cek kesehatan digital bisa membantu kita mengukur kelembaban dan suhu ruangan, mengukur jarak pandang mata, mengurangi jumlah cahaya biru, dan merelaksasi otot-otot di sekitar mata.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×