Tips dan Trik Agar Blog Di Terima Google Adsense

oleh | Nov 30, 2023 | Google Adsense

Google Adsense adalah salah satu program periklanan online yang paling populer dan menguntungkan bagi para blogger. Dengan Google Adsense, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog Anda dengan menampilkan iklan yang relevan dengan konten blog Anda. Namun, untuk bisa bergabung dengan Google Adsense, blog Anda harus memenuhi beberapa syarat dan kriteria yang ditetapkan oleh Google. Berikut adalah beberapa tips dan trik agar blog Anda di terima Google Adsense.

1. Buat Konten yang Berkualitas dan Unik

Salah satu faktor yang paling penting untuk diterima Google Adsense adalah kualitas dan keunikan konten blog Anda. Google sangat menghargai konten yang bermanfaat, informatif, menarik, dan orisinal bagi pembaca. Jadi, Anda harus membuat konten yang sesuai dengan topik, niche, atau minat Anda, dan tidak menyalin atau menjiplak konten dari blog atau sumber lain. Anda juga harus memperhatikan ejaan, tata bahasa, dan gaya penulisan Anda agar konten Anda mudah dibaca dan dipahami.

2. Perhatikan Desain dan Navigasi Blog Anda

Selain konten, desain dan navigasi blog Anda juga berpengaruh pada kesan dan pengalaman pengunjung blog Anda. Anda harus membuat blog Anda terlihat profesional, rapi, dan menarik dengan memilih tema, warna, font, dan layout yang sesuai. Anda juga harus memastikan bahwa blog Anda mudah dinavigasi dengan menyediakan menu, kategori, label, pencarian, dan fitur lain yang memudahkan pengunjung untuk menemukan konten yang mereka cari. Hindari menggunakan elemen yang mengganggu, seperti pop-up, animasi, musik, atau iklan yang berlebihan. Baca “Cara Memlih Template Blogger Yang Tepat“.

Silahkan download Template yang responsif dan user friendly berikut ini:

3. Patuhi Kebijakan dan Pedoman Google Adsense

Sebelum mendaftar Google Adsense, Anda harus membaca dan memahami kebijakan dan pedoman Google Adsense yang berisi aturan dan ketentuan yang harus Anda patuhi sebagai publisher. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan antara lain:

  • Jangan menampilkan konten yang melanggar hak cipta, merek dagang, atau hak milik intelektual lainnya.
  • Jangan menampilkan konten yang melanggar hukum, mengandung pornografi, kekerasan, diskriminasi, atau konten sensitif lainnya.
  • Jangan menggunakan teknik yang curang atau manipulatif untuk meningkatkan klik atau tayangan iklan, seperti klik sendiri, klik paksa, klik palsu, atau trafik tidak sah.
  • Jangan mengubah atau mengganggu kode iklan Google Adsense atau menempatkannya di tempat yang tidak sesuai.
  • Jangan menampilkan iklan Google Adsense bersamaan dengan iklan lain yang mirip atau meniru tampilan Google Adsense.

4. Buat Halaman Wajib yang Diperlukan

Google Adsense juga mengharuskan Anda untuk memiliki beberapa halaman wajib yang harus ada di blog Anda, yaitu:

  • Halaman Tentang (About): Halaman ini berisi informasi tentang Anda sebagai pemilik atau penulis blog, tujuan, visi, misi, atau profil blog Anda. Halaman ini berguna untuk memperkenalkan diri Anda kepada pengunjung dan membangun kepercayaan dan kredibilitas Anda.
  • Halaman Kontak (Contact): Halaman ini berisi informasi tentang cara menghubungi Anda, seperti email, telepon, media sosial, atau formulir kontak. Halaman ini berguna untuk memfasilitasi komunikasi dan interaksi antara Anda dan pengunjung atau pembaca blog Anda.
  • Halaman Kebijakan Privasi (Privacy Policy): Halaman ini berisi informasi tentang bagaimana Anda mengumpulkan, menggunakan, menyimpan, dan melindungi data pribadi pengunjung atau pembaca blog Anda. Halaman ini berguna untuk memenuhi persyaratan hukum dan etika, serta menjaga keamanan dan privasi pengunjung atau pembaca blog Anda. Baca “Cara Membuat Halaman Privacy Policy di Blogger dan WordPress“.
  • Halaman Disclaimer (Disclaimer): Halaman ini berisi informasi tentang batasan tanggung jawab Anda terkait dengan konten, informasi, produk, layanan, atau sumber yang Anda tampilkan atau rekomendasikan di blog Anda. Halaman ini berguna untuk mencegah atau mengurangi risiko hukum atau kerugian yang mungkin timbul akibat penggunaan blog Anda.

5. Optimalkan SEO Blog Anda

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses mengoptimalkan blog Anda agar mudah ditemukan, diindeks, dan ditampilkan oleh mesin pencari, seperti Google. Dengan SEO, Anda bisa meningkatkan trafik, popularitas, dan pendapatan blog Anda. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO blog Anda antara lain:

  • Lakukan riset kata kunci (keyword research) untuk menemukan kata kunci yang relevan, populer, dan kompetitif untuk konten blog Anda.
  • Gunakan kata kunci secara optimal di judul, deskripsi, URL, heading, konten, gambar, dan meta tag blog Anda.
  • Buat konten yang panjang, mendalam, dan berkualitas yang bisa menjawab pertanyaan, masalah, atau kebutuhan pengunjung atau pembaca blog Anda.
  • Buat konten yang segar, update, dan konsisten dengan frekuensi dan jadwal yang teratur.
  • Buat konten yang mudah dibagikan di media sosial dan memiliki potensi viral.
  • Buat backlink atau tautan masuk dari blog atau situs lain yang berkualitas dan relevan dengan blog Anda.
  • Perbaiki kecepatan, responsivitas, dan keamanan blog Anda.

Dari tips dan trik yang saya lakukan diatas berikut ini adalah histori atau bukti dari langkah yang saya lakukan dimana dari awal saya mendaftarkan blog saya yang awalnya sempat di tolak dan pada akhirnya diterima oleh Google AdSense.

Jika blog anda ditolak jangan sungkan untuk mencoba mendaftarkan kembali, namun sebelumnya harus dipastikan bahwa blog anda harus benar-benar mengikuti kebijakan dari Google Adsense.

Itulah beberapa tips dan trik agar blog Anda di terima Google Adsense. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk mewujudkan impian Anda menjadi publisher Google Adsense. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sumber: support.google.com

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×