Sanitarian Kit: Fungsi, Macam, dan Cara Menggunakannya

oleh | Jun 8, 2023 | Lingkungan

Sanitasi dan kesehatan lingkungan adalah dua hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh masyarakat. Kualitas sanitasi dan kesehatan lingkungan dapat mempengaruhi kualitas hidup dan kesehatan masyarakat itu sendiri.

Oleh karena itu, perlu adanya alat yang dapat membantu melakukan pemeriksaan terhadap kualitas sanitasi dan kesehatan lingkungan di lapangan secara cepat dan akurat. Alat tersebut adalah sanitarian kit. Apa itu sanitarian kit? Apa saja fungsi, macam, dan cara menggunakannya? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu sanitarian kit?

sanitarian kit

Sanitarian kit adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kualitas sanitasi dan kesehatan lingkungan di lapangan. Alat ini dapat mengukur berbagai parameter fisik, kimia, dan biologi yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

Sanitarian kit juga dilengkapi dengan alat pemeriksaan udara dan deteksi cemaran makanan serta pelaporan hasil uji secara online.

Apa fungsi sanitarian kit?

Fungsi utama sanitarian kit adalah untuk membantu masyarakat terhindar dari penyakit yang berada di lingkungan sekitar, agar masyarakat sehat selalu. Namun untuk lebih spesifiknya, fungsi sanitarian kit adalah:

  • Mengetahui tingkat kelembaban ruang, suhu, kecepatan aliran udara, pencahayaan, kebisingan, dan partikulat di udara yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan pernapasan.
  • Mengetahui kualitas air minum, air limbah, air permukaan, dan air tanah yang dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan dan kulit.
  • Mengetahui kualitas makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat, baik dari segi fisik, kimia, maupun biologi yang dapat mempengaruhi kesehatan gizi dan imunitas.
  • Mengetahui tingkat kebersihan lingkungan, seperti sampah, jentik nyamuk, tikus, lalat, dan lain-lain yang dapat menjadi sumber penyakit menular.
  • Mengetahui tingkat pencemaran lingkungan oleh bahan kimia berbahaya, seperti boraks, formalin, metil kuning, rodamin B, dan lain-lain yang dapat mempengaruhi kesehatan organ tubuh.

Apa saja macam-macam sanitarian kit?

Sanitarian kit memiliki berbagai macam jenis dan spesifikasi tergantung dari kebutuhan dan anggarannya. Berikut adalah beberapa macam sanitarian kit yang umum digunakan di Indonesia, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Sanitarian Kit Digital: alat ini menggunakan photometer digital dari USA yang dapat mengukur berbagai parameter kimia dengan akurasi tinggi. Alat ini juga dilengkapi dengan environment meter combi 5 yang dapat mengukur 5 parameter udara sekaligus. Alat ini memiliki harga termahal karena kelengkapannya.
  • Sanitarian Kit Simple: alat ini menggunakan photometer manual yang dapat mengukur beberapa parameter kimia dengan akurasi sedang. Alat ini juga dilengkapi dengan environment meter combi 3 yang dapat mengukur 3 parameter udara sekaligus. Alat ini memiliki harga terjangkau karena kesederhanaannya.
  • Sanitarian Kit Clinic: alat ini menggunakan test kit sederhana yang dapat mengukur beberapa parameter kimia dengan akurasi rendah. Alat ini juga dilengkapi dengan thermometer makanan dan compact dry untuk mengukur parameter biologi. Alat ini memiliki harga termurah karena kepraktisannya.

Bagaimana cara menggunakan sanitarian kit?

Cara menggunakan sanitarian kit berbeda-beda tergantung dari jenis dan spesifikasinya. Namun secara umum, cara menggunakan sanitarian kit adalah sebagai berikut:

  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan sesuai dengan parameter yang akan diukur.
  • Ambil sampel air, udara, atau makanan yang akan diuji sesuai dengan metode pengambilan sampel yang berlaku.
  • Lakukan pengujian sesuai dengan petunjuk penggunaan alat dan bahan yang ada di dalam sanitarian kit.
  • Catat hasil pengujian dan bandingkan dengan standar kualitas yang berlaku.
  • Laporkan hasil pengujian secara online melalui aplikasi yang tersedia di dalam sanitarian kit.
  • Bersihkan alat dan bahan setelah selesai digunakan dan simpan di tempat yang aman dan kering.

Berapa harga sanitarian kit?

Harga sanitarian kit bervariasi tergantung dari jenis dan spesifikasinya. Berdasarkan hasil pencarian web saya, berikut adalah beberapa contoh harga sanitarian kit yang ada di pasaran khususnya di Indonesia:

  • Sanitarian Kit Digital: Rp 25.750.000
  • Sanitarian Kit Simple: Rp 24.050.000
  • Sanitarian Kit Clinic: Rp 30.000.000

Bagaimana cara membeli sanitarian kit?

Nah bagi anda yang membutuhkan sanitarian kit, jika anda tertarik ingin membeli alat tersebut untuk langkah cara membelinya silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka halaman website envilife atau cbinstrument
  2. Silahkan cari di website tersebut dengan menggunakan kata kunci “Sanitarian Kit”
  3. Silahkan pilih type sanitarian kit yang tersedia di website tersebut.
  4. Selanjutnya silahkan chat melalui kontak yang tersedia di website tersebut untuk mendapatkan informasi harga berupa penawaran khusu.

Kesimpulan

Itulah ulasan tentang sanitarian kit, alat yang dapat membantu melakukan pemeriksaan terhadap kualitas sanitasi dan kesehatan lingkungan di lapangan. Dengan menggunakan sanitarian kit, kita dapat mengetahui kondisi lingkungan sekitar kita dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Sanitarian kit adalah alat yang sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi tenaga sanitarian yang bertugas di lapangan.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menarik bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 😊

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×