Prinsip Kerja Spektrofotometer

oleh | Feb 9, 2023 | Laboratorium

Spektrofotometer adalah alat laboratorium yang digunakan untuk menganalisis komposisi kimia suatu bahan. Prinsip kerjanya berdasar pada analisis spektrum cahaya yang dipantulkan atau diambil oleh bahan tersebut. Lihat selengkapnya.

Penggunaannya

Untuk menggunakan spektrofotometer, operator memasukkan bahan yang ingin dianalisis ke dalam cuvet, sebuah wadah transparan yang dapat menahan cahaya. Kemudian, cahaya monokromatik dipantulkan melalui cuvet dan diukur intensitasnya oleh detektor.

Keunggulannya

Spektrofotometer dapat membaca intensitas cahaya pada berbagai panjang gelombang, yang memungkinkan analisis spektrum cahaya yang diambil oleh bahan. Ini memungkinkan identifikasi spesifik bahan kimia yang ada dalam bahan yang dianalisis.

Cara kerjanya

Ketika bahan menyerap cahaya pada panjang gelombang tertentu, intensitas cahaya yang diambil akan berkurang. Tingkat penurunan intensitas cahaya dapat digunakan untuk menentukan konsentrasi bahan kimia yang ada dalam bahan yang dianalisis.

Spektrofotometer juga dapat membantu memantau reaksi kimia, karena perubahan dalam konsentrasi bahan kimia akan tercermin dalam perubahan intensitas cahaya yang diambil.

Kesimpulan

Dengan memahami prinsip kerja spektrofotometer, operator dapat menggunakan alat ini dengan benar dan memperoleh hasil yang akurat. Hasil yang tepat dari spektrofotometer dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti kontrol kualitas bahan makanan dan farmasi, serta penelitian ilmiah dan teknologi. Jika anda ingin membeli spektrofotometer silahkan kunjungi link berikut ini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×