Laboratorium

Pipet Filler, Pengertian Dan Fungsi Pipet Filler Secara Lengkap

Untuk pemebelajaran mengenai pengenalan alat laboratorium kali ini di sini kita akan membahas alat laboratorium yaitu yang bernama Pipet Filler, untuk itu silahkan anda baca artikel ini sampai tuntas supaya tidak gagal paham ya.

Pengertian Pipet Filler

Apa itu Pipet Filler? Jadi Pipet Filler merupakan sebuah alat laboratorium kimia yang biasanya digunakan untuk membantu dalam memindahkan sejumlah volume larutan, yang biasanya disebut dengan aliquot. Filler merupakan alat untuk menyedot larutan yang dapat dipasang pada pangkal pipet ukur. Karet sebagai bahan filler merupakan karet yang resisten bahan kimia. Untu melihat lebih jelasnya bisa di lihat di gambar di bawah ini.

Gambar Pipet Filler
Gambar Pipet Filler

Fungsi Pipet Filler

Pipet Filler dapat berfungsi yaitu seperti yang sudah di jelaskan di pengertian sebelumnya yaitu berfungsi untuk membantu dalam memindahkan sejumlah volume larutan, yang biasanya disebut dengan aliquot.

Filler memiliki 3 saluran, yang masing-masing saluran memiliki katup, dan berikut adalah fungsi dari bagian-bagiannya masing-masing:

  1. Katup yang bersimbol A (aspirate) berguna untuk mengeluarkan udara dari gelembung.
  2. S (suction) merupakan katup yang jika ditekan maka cairan dari ujung pipet akan tersedot ke atas.
  3. Kemudian katup E (exhaust) berfungsi untuk mengeluarkan cairan dari pipet ukur.

Bagian-bagaian Pipet Filler

Berikut adalah beberapa bagian dari Pipet Filler, diantaranya yaitu:

  1. Katup Aspirate ( A). Katup aspirate biasanya terletak dibagian atas dan disimbolkan dengan huruf A. Katup ini berfungsi untuk mengeluarkan udara yang ada didalam filler.
  2. Katup Suction (S). Katup Suction biasanya terletak dibagian tengah dan disimbolkan dengan huruf S Katup ini berfungsi untuk menyedot larutan .
  3. Katup Exhaust (E) Katup Exhaust biasanya terletak dibagian bawah dan disimbolkan dengan huruf EKatup ini berfungsi mengeluarkan caairan yang ada didalam pipet.

Cara merawat Pipet Filler

Untuk cara perawatan Pipet Filler ini berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memelihara alat ini yaitu, jangan pernah mempipet cairan langsung dengan mulut tetapi gunakan pipet filler untuk memompa cairan masuk ke dalam pipet. Larutan yang akan dipipet disiapkan dalam gelas kimia yang bersih.

Harga Pipet Filler

Untuk harga Pipet Filler dapat berpariasi dan itu tergantung dari supplier atau perusahaan yang menjualnya, namun di sini saya akan merekomendasikan sebuah perusahaan yang menjual Pipet Filler atau alat laboratorium lainnya dengan harga yang kompetitif, yaitu nama perusahaannya adalah PT Envilife Teknologi Indonesia, tunggu apa lagi? Kunjungi website resmisnya sekarang juga di www.envilife.co.id.

Penggunaan Pipet Filler

Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan Pipet Filler tersebut anda bisa melihat di video berikut ini:

Video cara menggunakan Rubber Bulb / Filler / Bola Hisap

Nah itulah cara menggunakannya dengan yang di jelaskan pada sebuah video di atas, silahkan anda tonton videonya sampai akhir ya, dan pahami dengan baik-baik penjelasannya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya bahwa alat laboratorium ternyata banyak sekali alat-alat yang harus di ketahui dan di pelajari dan salah satu alat yang harus di pelajari yaitu tentang Pipet Filler yang sudah di jelasakan di atas. Mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah rating:

Tidak ada rating sejauh ini! Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Kami mohon maaf bahwa artikel ini tidak berguna untuk Anda!

Mari kita tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Silahkan matikan pemblokir iklan anda terlebih dahulu!