Perbedaan Laminar Air Flow Dengan Fume Hood

oleh | Des 22, 2022 | Laboratorium

Dalam dunia laboratorium pasti anda mendengar salah satu dari alat tersebut yaitu laminar air flow dan fume hood atau biasa disebut dengan lemari asam. Namun anda tahukah kedua alat tersebut fungsinya hampir sama namun tentunya berbeda, maka dari itu disini saya akan menjelaskan tentang perbedaan laminar air flow dengan fume hood. Sebelumnya silahkan baca terlebih dahulu penjelasan alatnya masing-masing berikut ini.

Apa itu Laminar Air Flow?

Laminar air flow adalah sistem ventilasi yang menghasilkan aliran udara yang halus dan teratur dengan kecepatan yang sama di sepanjang ruangan. Ini biasanya digunakan untuk menjaga kebersihan udara dalam lingkungan kerja yang sensitif, seperti dalam laboratorium atau ruangan produksi makanan.

Gambar Laminar Air Flow
Gambar Laminar Air Flow

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang laminar air flow silahkan kunjungi halaman berikut ini “Laminar Air Flow: Pengertian, Manfaat, dan Aplikasinya dalam Industri“.

Apa itu Fume Hood?

Fume hood adalah sistem ventilasi yang dirancang untuk melindungi operator dan lingkungan laboratorium dari partikel-partikel yang beracun atau berbahaya yang mungkin dihasilkan dari proses eksperimentasi. Fume hood menggunakan tekanan negatif untuk menarik udara yang tercemar ke dalam alat dan membuangnya ke luar melalui duct. Fume hood biasanya memiliki filter aktif karbon untuk memurnakan udara sebelum dibuang ke luar.

Gambar Fume Hood
Gambar Fume Hood

Silahkan lihat selengkapnya tentang fume hood di halaman berikut ini “Fungsi Fume Hood atau Lemari Asam“.

Perbedaan Laminar Air Flow dan Fume Hood

Jadi, perbedaan utama antara laminar air flow dan fume hood adalah tujuannya. Laminar air flow bertujuan untuk menjaga kebersihan udara dalam lingkungan kerja, sementara fume hood bertujuan untuk melindungi operator dan lingkungan laboratorium dari partikel-partikel yang beracun atau berbahaya.

Nah itulah penjelsan yang dapat Blog Lab sampaikan kepada anda mengenai perbedaan fume hood atau lemari asam dengan laminar air flow. Semoga bermanfaat.

Dan selain itu juga disini saya akan merekomendasikan alat tersebut khususnya bagi anda yang ingin membeli alat tersebut silahkan kunjungi link berikut ini di www.envilife.co.id yaitu yang menjual berbagai macam peralatan laboratorium yang lengkap dan juga dengan harga yang terjangkau.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×