Pengertian PHP (Hypertext Preprocessor)

oleh | Agu 6, 2023 | Website

Hallo sahabat bloglab, di artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian PHP, salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. Apakah Anda pernah mendengar tentang PHP? Apakah Anda tahu apa yang bisa dibuat dengan PHP? Apakah Anda penasaran dengan perbedaan antara PHP dan HTML? Apakah Anda ingin tahu apa itu fungsi dalam PHP? Dan apakah Anda tertarik dengan alasan mengapa PHP banyak digunakan dan mengapa kita harus menggunakan PHP? Jika jawaban Anda adalah ya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Mari kita mulai dengan mengenal apa itu PHP.

Apa itu PHP?

Apa itu PHP

PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor, yang merupakan bahasa pemrograman server-side yang digunakan untuk membuat halaman web dinamis. PHP dapat menyisipkan kode pemrograman ke dalam dokumen HTML, dan kemudian dieksekusi oleh server web sebelum dikirimkan ke browser. PHP juga dapat berinteraksi dengan berbagai sistem manajemen basis data, seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, dan lainnya.

Apa yang bisa dibuat dengan PHP?

PHP dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi web, seperti:

Beberapa contoh situs web yang menggunakan PHP adalah Facebook, WordPress, Wikipedia, dan Laravel.

Apa perbedaan bahasa pemrograman PHP dan HTML?

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language, yang merupakan bahasa standar untuk membuat struktur dan tampilan halaman web. HTML menggunakan tag untuk menentukan elemen-elemen seperti judul, paragraf, gambar, tautan, dan lainnya. HTML bersifat statis, artinya tidak dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi atau permintaan pengguna.

PHP adalah bahasa pemrograman yang dapat membuat halaman web dinamis, artinya dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi atau permintaan pengguna. PHP dapat menghasilkan kode HTML sebagai output, yang kemudian ditampilkan oleh browser. PHP juga dapat menerima input dari pengguna melalui formulir, mengolah data, dan menyimpannya ke basis data.

Apa itu fungsi dalam PHP?

Fungsi dalam PHP adalah blok kode yang dapat dipanggil berulang-ulang untuk melakukan tugas tertentu. Fungsi dapat menerima parameter sebagai input, dan mengembalikan nilai sebagai output. Fungsi dapat membantu kita untuk mengorganisir kode menjadi lebih rapi, modular, dan efisien.

Contoh fungsi dalam PHP adalah sebagai berikut:

// Membuat fungsi untuk menghitung luas persegi panjang
function luas_persegi_panjang($panjang, $lebar) {
  // Menghitung luas dengan rumus panjang x lebar
  $luas = $panjang * $lebar;
  // Mengembalikan nilai luas
  return $luas;
}

// Memanggil fungsi dengan parameter 10 dan 5
echo luas_persegi_panjang(10, 5); // Output: 50

Salin

Kenapa PHP banyak digunakan?

PHP banyak digunakan karena memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Mudah dipelajari dan digunakan, terutama bagi pemula
  • Gratis dan open source, sehingga dapat dikembangkan oleh komunitas
  • Mendukung banyak sistem operasi, server web, dan basis data
  • Memiliki banyak fitur dan fungsi bawaan untuk mempermudah pengembangan web
  • Memiliki banyak framework dan library yang dapat mempercepat dan memperbaiki kualitas kode

Mengapa kita harus menggunakan PHP?

Kita harus menggunakan PHP jika kita ingin membuat aplikasi web yang dinamis, interaktif, dan responsif. PHP juga cocok untuk membuat aplikasi web skala besar yang membutuhkan performa dan keamanan tinggi. Selain itu, PHP juga memiliki banyak sumber belajar dan dukungan komunitas yang dapat membantu kita dalam mempelajari dan mengembangkan aplikasi web dengan PHP.

Demikianlah artikel ini, yang telah menjelaskan tentang pengertian PHP, bahasa pemrograman server-side yang dapat membuat halaman web dinamis. Kita telah mempelajari apa yang bisa dibuat dengan PHP, apa perbedaan antara PHP dan HTML, apa itu fungsi dalam PHP, kenapa PHP banyak digunakan, dan mengapa kita harus menggunakan PHP. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang PHP. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Jika anda membutuhkan jasa pembuatan website yang profesional dengan harga yang murah silahkan hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×