Pengertian JavaScript dan Fungsinya

oleh | Agu 7, 2023 | Website

Jadi, jika Anda mencari cara untuk menambahkan kehidupan ke situs web Anda, maka JavaScript adalah bahasa yang tepat untuk Anda. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut!

Apa itu JavaScript?

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web lebih interaktif. JavaScript dapat digunakan untuk menambahkan efek animasi, membuat pop-up, dan berinteraksi dengan pengguna. JavaScript juga dapat digunakan untuk membuat game dan aplikasi web.

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, bahkan untuk pemula. JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis teks, sehingga Anda dapat menulis kode JavaScript di editor teks apa pun. JavaScript juga didukung oleh semua browser web populer, sehingga Anda dapat membuat aplikasi web yang dapat digunakan oleh semua orang.

Fungsi JavaScript

Fungsi JavaScript untuk apa? JavaScript memiliki berbagai fungsi, antara lain:

  • Membuat halaman web lebih interaktif
  • Menambahkan efek animasi
  • Membuat pop-up
  • Mengatur bentuk input
  • Mengirim formulir
  • Menangani peristiwa mouse dan keyboard
  • Membuat game
  • Membuat aplikasi web

Contoh Penggunaan JavaScript

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan JavaScript:

  • Membuat animasi pada halaman web
  • Membuat pop-up yang muncul ketika pengguna mengklik suatu tombol
  • Mengatur bentuk input agar hanya menerima input tertentu
  • Mengirim formulir ke server
  • Menangani peristiwa mouse dan keyboard, seperti ketika pengguna mengklik suatu tombol atau menggerakkan kursor mouse
  • Membuat game, seperti game tebak gambar atau game menembak
  • Membuat aplikasi web, seperti aplikasi kalkulator atau aplikasi daftar tugas

Cara Belajar JavaScript

Ada banyak cara untuk belajar JavaScript. Anda dapat belajar secara online, dari buku, atau dari kursus. Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda belajar JavaScript, termasuk tutorial, contoh kode, dan forum komunitas.

Jika Anda ingin belajar JavaScript secara online, ada banyak situs web yang menyediakan tutorial JavaScript gratis. Anda juga dapat menemukan kursus JavaScript berbayar di berbagai platform, seperti Udemy, Coursera, dan edX.

Jika Anda lebih suka belajar dari buku, ada banyak buku JavaScript yang tersedia di pasaran. Buku-buku ini biasanya membahas dasar-dasar JavaScript, seperti sintaks, variabel, fungsi, dan objek.

Jika Anda ingin belajar JavaScript dari kursus, ada banyak kursus JavaScript yang tersedia di berbagai universitas dan lembaga pendidikan. Kursus-kursus ini biasanya lebih komprehensif daripada tutorial atau buku, dan mereka akan mengajarkan Anda tentang berbagai aspek JavaScript, seperti pemrograman berorientasi objek, pengembangan web, dan pengembangan game.

Apa Perbedaan HTML dan JavaScript?

HTML dan JavaScript adalah dua bahasa pemrograman yang paling umum digunakan untuk mengembangkan situs web. HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur dan konten situs web, sedangkan JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menambahkan interaktivitas dan animasi ke situs web.

Berikut adalah tabel yang merangkum perbedaan utama antara HTML dan JavaScript:

FiturHTMLJavaScript
TujuanUntuk membuat struktur dan konten situs webUntuk menambahkan interaktivitas dan animasi ke situs web
Jenis bahasaBahasa markupBahasa pemrograman
Contoh<h1>Ini adalah judul</h1>document.getElementById("myButton").onclick = function() { alert("You clicked the button!"); }
KegunaanUntuk membuat situs web statisUntuk membuat situs web dinamis

HTML dan JavaScript sering digunakan bersama untuk membuat situs web yang menarik dan interaktif. Misalnya, HTML dapat digunakan untuk membuat halaman web dengan judul, paragraf, gambar, dan tabel, sedangkan JavaScript dapat digunakan untuk menambahkan animasi ke gambar, membuat formulir interaktif, dan membuat kotak pesan pop-up.

Bagaimana cara kerja JavaScript pada website?

Berikut adalah cara kerja JavaScript pada website:

  1. Browser memuat halaman web dan JavaScript yang disertakan.
  2. JavaScript engine browser menafsirkan JavaScript dan membuat representasi DOM dari halaman web.
  3. JavaScript code dieksekusi oleh JavaScript engine, yang mengubah DOM dan memanipulasi halaman web.
  4. Perubahan pada DOM ditampilkan di browser.

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang powerful dan fleksibel. Ini dapat digunakan untuk membuat berbagai macam interaksi dan efek pada halaman web. JavaScript adalah salah satu komponen penting dari web modern dan banyak digunakan oleh pengembang web di seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan JavaScript pada website:

  • Mengubah konten halaman web, seperti teks, gambar, dan video.
  • Merespons input pengguna, seperti klik mouse, tekan tombol, dan gerakan kursor.
  • Menampilkan animasi dan efek visual.
  • Validasi form.
  • Mengintegrasikan dengan API pihak ketiga.

Kesimpulan

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang penting untuk dipelajari jika Anda ingin menjadi pengembang web. JavaScript dapat digunakan untuk membuat halaman web lebih interaktif, menambahkan efek animasi, membuat pop-up, dan berinteraksi dengan pengguna. JavaScript juga dapat digunakan untuk membuat game dan aplikasi web.

Ada banyak cara untuk belajar JavaScript, dan Anda dapat memulai dengan cara yang paling sesuai dengan Anda. Jika Anda ingin belajar JavaScript secara online, dari buku, atau dari kursus, ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda.

Jika anda membutuhkan jasa pembuatan website profesional dengan penawaran harga yang terjangkau silahkan hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lengkap.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×