Pengertian CSS, Contoh, Manfaat dan Fungsinya

oleh | Agu 6, 2023 | Website

Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara membuat website yang profesional, mudah, dan cepat? Apakah Anda ingin belajar tentang salah satu teknologi web yang paling populer saat ini? Apakah Anda ingin mengetahui rahasia para developer web yang handal dan kreatif?

Jika jawaban Anda adalah YA, maka Anda berada di tempat yang tepat. Karena di artikel ini, saya akan membahas tentang pengertian CSS, contoh, manfaat dan fungsinya. CSS adalah bahasa yang dapat membuat website Anda lebih cantik, keren, dan menarik. CSS juga dapat membantu Anda menghemat waktu, meningkatkan keterbacaan, dan membuat website Anda lebih responsif.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Jangan kemana-mana, karena saya akan segera menjelaskan semuanya untuk Anda. Mari kita mulai! 😊

Pengertian CSS

Pengertian CSS

Apa itu CSS? CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets, yaitu sebuah bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen yang ditulis dalam bahasa markup seperti HTML atau XML (termasuk dialek XML seperti SVG, MathML atau XHTML). CSS adalah salah satu teknologi dasar dari World Wide Web, bersama dengan HTML dan JavaScript.

Pengertian CSS menurut para ahli

Berikut adalah beberapa pengertian CSS menurut para ahli:

  • Menurut Sulistiyawan, dkk (2008:32), β€œcascading style sheet adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur style suatu dokumen”.
  • Menurut Sya’ban (2010:37), β€œCascading Style Sheet (CSS) adalah suatu bahasa yang dikhususkan untuk mengatur gaya atau layout sebuah halaman web”.
  • Menurut Saputra (2012:27), β€œCascading Style Sheet (CSS) adalah merupakan bahasa pemrograman web yang didesain khusus untuk mengendalikan dan membangun berbagai komponen dalam web sehingga tampilan web lebih rapi, terstruktur, dan seragam”.
  • Menurut Ardhana (2012b:108), β€œCassading Style Sheet atau biasa disebut (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam”.
  • Menurut Sibero (2013:112), β€œCascading Style Sheet dikembangkan untuk menata gaya pengaturan halaman web”.
  • Menurut Elcom (2013:145), β€œCSS kependekan dari cascading style sheet adalah untuk mengatur seluruh tampilan halaman web anda”.
  • Menurut Bunafit Nugroho (2014:1), β€œCascanding Style Sheet adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. CSS bekerja sebagai pelengkap pada elemen HTML yang kesemuanya itu dapat dikendalikan dengan menggunakan dengan menggunakan sebuah bahasa script CSS”.
  • Menurut Prasetio (2014:252), β€œCSS adalah suatu teknologi yang digunakan untuk memperindah tampilan halaman website (situs)”.

Fungsi CSS

Apa fungsi dari CSS? CSS memungkinkan kita untuk menentukan gaya, warna, ukuran, jarak, dan fitur dekoratif lainnya untuk elemen-elemen HTML di halaman web. CSS juga dapat mengontrol tata letak halaman web secara keseluruhan atau sebagian. Dengan menggunakan CSS, kita dapat membuat halaman web yang lebih menarik, konsisten, dan responsif.

Contoh Kode CSS

/* Contoh file eksternal CSS */
body {
  background-color: lightblue;
}

h1 {
  color: white;
  text-align: center;
}

p {
  font-family: verdana;
  font-size: 20px;
}
<!-- Contoh file HTML yang menggunakan file CSS di atas -->
<html>
<head>
  <link rel="stylesheet" href="style.css">
</head>
<body>
  <h1>Judul Halaman</h1>
  <p>Paragraf pertama.</p>
  <p>Paragraf kedua.</p>
</body>
</html>

Manfaat dari CSS

  • CSS dapat menghemat banyak pekerjaan. Kita dapat mengatur tampilan dari banyak halaman web sekaligus dengan menggunakan satu file CSS.
  • CSS dapat meningkatkan keterbacaan dan aksesibilitas halaman web. Kita dapat menyesuaikan ukuran font, warna latar belakang, kontras, dan fitur lainnya sesuai dengan preferensi pengguna.
  • CSS dapat membuat halaman web lebih fleksibel dan adaptif. Kita dapat menggunakan media queries untuk menentukan gaya yang berbeda untuk perangkat dan ukuran layar yang berbeda.
  • CSS dapat menambahkan animasi dan transisi yang membuat halaman web lebih dinamis dan interaktif.

Demikian artikel yang saya buat tentang pengertian CSS, contoh, manfaat dan fungsinya. Semoga bermanfaat. 😊

Dan bagi anda yang sedang mencari jasa pembuatan website profesional dengan harga yang terjangkau silahkan hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: