Pengertian dan Jenis Ikatan Kovalen

oleh | Feb 23, 2023 | Kimia

Selamat datang di Blog Lab, dalam artikel ini, kita akan membahas dengan detail apa itu ikatan kovalen dan berbagai macam jenisnya. Ikatan kovalen merupakan salah satu jenis ikatan kimia yang sangat penting dan sering ditemukan dalam berbagai senyawa organik dan anorganik. Dengan memahami jenis-jenis ikatan kovalen, kita dapat lebih memahami sifat-sifat kimia dari berbagai senyawa dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Jadi, mari kita mulai!

Apa Itu Ikatan Kovalen?

Ikatan kovalen merupakan suatu jenis ikatan kimia yang terbentuk antara dua atau lebih atom non-logam melalui pembagian elektron bersama. Dalam ikatan ini, kedua atom yang terikat akan saling tertarik pada pasangan elektron yang sama. Contoh yang dapat diambil adalah ikatan kovalen pada molekul H2. Oleh karena itu, ikatan kovalen juga dikenal sebagai ikatan molekul.

Ikatan kovalen antar atom hidrogen
Gambar Ikatan kovalen antar atom hidrogen\

Untuk terbentuknya ikatan kovalen, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Ikatan kovalen terjadi antara unsur-unsur non-logam.
  2. Terjadi jika perbedaan keelektronegatifan antara unsur-unsur yang berikatan kecil.

Selain itu, ikatan kovalen dapat dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan faktor-faktor berikut:

  1. Berdasarkan banyaknya elektron yang digunakan saat kedua atom berikatan, yaitu ikatan tunggal, ikatan rangkap 2, dan ikatan rangkap 3.
  2. Berdasarkan sumber elektron yang digunakan secara bersama-sama, yaitu ikatan kovalen murni dan kovalen koordinasi.
  3. Berdasarkan muatan yang terdapat di dalam molekul akibat distribusi elektron ikatan, yaitu ikatan kovalen polar dan non-polar.

Jenis Ikatan Kovalen Tunggal

Ikatan kovalen tunggal terjadi ketika dua atom saling berbagi satu pasang elektron untuk digunakan bersama. Dengan kata lain, masing-masing atom hanya memberikan satu elektron. Sebagai contoh, ikatan kovalen tunggal dapat ditemukan pada molekul H2O.

Gambar contoh ikatan kovalen tunggal
Gambar contoh ikatan kovalen tunggal

Jenis Ikatan Kovalen Rangkap 2

Ikatan kovalen rangkap 2 terjadi ketika masing-masing atom saling berbagi dua pasang elektron valensi untuk membentuk ikatan. Karena itu, ikatan ini juga dikenal sebagai ikatan rangkap dua. Beberapa contoh senyawa yang memiliki ikatan kovalen rangkap 2 adalah O2 dan CO2.

Ikatan Kovalen Rangkap 2
Contoh gambar Ikatan Kovalen Rangkap 2

Jenis Ikatan Kovalen Rangkap 3

Ikatan kovalen rangkap tiga terjadi ketika dua atom saling berbagi tiga pasang elektron valensi untuk membentuk satu ikatan kovalen. Oleh karena itu, dalam satu ikatan kovalen ini terdapat enam elektron ikatan yang terlibat. Contoh senyawa yang memiliki ikatan kovalen rangkap tiga adalah molekul N2 dan senyawa asetilena.

Ikatan Kovalen Rangkap 3
Contoh gambar Ikatan Kovalen Rangkap 3

Jenis Ikatan Kovalen Koordinasi

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan mengenai ikatan kovalen dan salah satu jenisnya yaitu ikatan kovalen koordinasi yang dibedakan berdasarkan sumber elektron yang digunakan. Ikatan kovalen koordinasi terjadi ketika hanya satu atom yang menyumbangkan sepasang elektron untuk membentuk ikatan dengan atom lain yang tidak bisa menyumbangkan elektron. Biasanya ikatan ini hanya terbentuk antara unsur-unsur non-logam.

Contoh senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi adalah molekul HNO3, SO3, NH4Cl, dan H2SO4.

Ikatan Kovalen Koordinasi
Contoh gambar Ikatan Kovalen Koordinasi

Jenis Ikatan Kovalen Polar

Terdapat dua jenis ikatan kovalen yaitu ikatan kovalen polar dan nonpolar. Ikatan kovalen polar ditentukan oleh muatan di dalam molekul akibat distribusi elektron ikatan. Ikatan ini terbentuk ketika pasangan elektron ikatan tertarik lebih kuat ke salah satu atom yang berikatan, karena terdapat perbedaan keelektronegatifan antara kedua atom tersebut. Semakin besar selisih keelektronegatifan, maka semakin besar pula kepolaran ikatan tersebut.

Contohnya, pada molekul H-Cl, terdapat perbedaan keelektronegatifan antara atom Cl (3,0) dan atom H (2,1), sehingga ikatan kovalen polar terbentuk.

Ikatan Kovalen Polar
Contoh gambar Ikatan Kovalen Polar

Selain itu, zat yang bersifat polar cenderung berinteraksi dengan zat polar lainnya. Sedangkan zat yang bersifat nonpolar cenderung berinteraksi dengan zat nonpolar juga. Sebagai contoh, air adalah zat polar sedangkan minyak adalah zat nonpolar. Oleh karena itu, air dan minyak sulit untuk bercampur.

Jenis Ikatan Kovalen Non-polar

Pada ikatan kovalen nonpolar, pasangan elektron ikatan memiliki kekuatan yang sama pada semua atom karena nilai keelektronegatifan pada ikatannya sama. Contohnya adalah atom H yang berikatan dengan atom H lainnya, di mana keduanya memiliki nilai keelektronegatifan sebesar 2,1. Sedangkan contoh lainnya adalah minyak.

Sekarang, kamu sudah mengenal berbagai jenis ikatan kovalen. Apakah kamu sudah memahami tentang ikatan kovalen? Jangan berhenti belajar, kamu bisa mempelajari materi kimia lainnya dengan mengklik banner di bawah ini!

Sahabat Blog Lab, disini bagi anda yang ingin membuat website silahkan hubungi admin ya, karena ada promo jasa pembuatan website dan gratis SEO.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/sitirohmah/" target="_self">Siti Rohmah</a>

Siti Rohmah

Content Creator

Saya adalah seorang penulis dan social media management specialist yang bergerak dibidang ini sejak tahun 2021 sampai sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×