Pengertian Dan Fungsi Indikator Universal (pH Paper Indicator)

oleh | Des 13, 2022 | Kimia

Dalam peralatan alat laboratorium kimia terdapat banyak sekali berbagai macam peralatan yang harus kita pelajari dan diketahui baik untuk mengetahui fungsi serta kegunaannya. Dan di pembahasan ini kita akan belajar mengatahui tentang alat yang bernama Indikator Universal atau biasa disebut juga pH Paper Indicator.

Indikator Universal (pH Paper Indicator)

PH Paper Indicator adalah sejenis kertas yang dilapisi dengan indikator universal, sehingga dapat menunjukkan perubahan warna ketika terjadi reaksi asam-basa. PH Paper Indicator biasanya digunakan untuk mengukur pH suatu larutan, yaitu tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan.

PH Paper Indicator terdiri dari kertas yang dilapisi dengan zat indikator universal, seperti fenolftalein atau metil merah. Zat indikator ini akan bereaksi dengan asam atau basa yang terdapat dalam larutan, sehingga akan menunjukkan perubahan warna pada PH Paper Indicator. PH Paper Indicator biasanya dilengkapi dengan skala warna yang menunjukkan pH larutan yang diukur, sehingga Anda dapat langsung mengetahui tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan.

PH Paper Indicator biasanya dijual dalam bentuk roll atau strip, sehingga dapat dipotong sesuai dengan kebutuhan. PH Paper Indicator juga dapat dibeli dalam berbagai jenis, yang dapat mengukur pH dari larutan yang sangat asam hingga larutan yang sangat basa. Dengan demikian, Anda dapat memilih PH Paper Indicator yang sesuai dengan kebutuhan dan aplikasi yang akan digunakan.

Indikator Universal (pH Paper Indicator)
Gambar Indikator Universal (pH Paper Indicator)

Fungsi pH Paper Indikator

PH Paper Indikator adalah sejenis kertas yang dilapisi dengan indikator universal, sehingga dapat menunjukkan perubahan warna ketika terjadi reaksi asam-basa. PH Paper Indicator biasanya digunakan untuk mengukur pH suatu larutan, yaitu tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan.

Fungsi utama dari PH Paper Indicator adalah untuk mengukur pH suatu larutan dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan PH Paper Indicator, Anda dapat mengetahui tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan dengan hanya menyentuh kertas tersebut ke larutan yang akan diukur. PH Paper Indicator akan berubah warna sesuai dengan pH larutan yang diukur, sehingga Anda dapat langsung mengetahui tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan.

Selain itu, PH Paper Indicator juga dapat digunakan untuk mengontrol pH suatu larutan, misalnya dalam proses pengolahan air atau produksi makanan. Dengan menggunakan PH Paper Indicator, Anda dapat memastikan bahwa pH suatu larutan sudah sesuai dengan yang diinginkan, sehingga dapat menjamin kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan.

Dengan demikian, PH Paper Indicator memiliki banyak fungsi yang berguna dalam berbagai aplikasi, dan dapat membantu Anda dalam mengukur dan mengontrol pH suatu larutan dengan mudah dan cepat.

Prinsip kerja pH Paper Indikator

Prinsip kerja pH Paper Indicator adalah dengan menggunakan indikator universal yang dapat menunjukkan perubahan warna ketika terjadi reaksi asam-basa. Indikator universal yang terdapat pada PH Paper Indicator akan bereaksi dengan asam atau basa yang terdapat dalam larutan, sehingga akan menunjukkan perubahan warna pada PH Paper Indicator.

Pada dasarnya, PH Paper Indicator bekerja dengan mengukur pH suatu larutan dengan cara menyentuh kertas tersebut ke larutan yang akan diukur. Indikator universal yang terdapat pada PH Paper Indicator akan bereaksi dengan asam atau basa yang terdapat dalam larutan, sehingga akan menimbulkan perubahan warna pada PH Paper Indicator. PH Paper Indicator akan berubah warna sesuai dengan pH larutan yang diukur, sehingga Anda dapat langsung mengetahui tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan.

Dengan demikian, PH Paper Indicator bekerja dengan menggunakan indikator universal yang dapat menunjukkan perubahan warna ketika terjadi reaksi asam-basa. PH Paper Indicator akan berubah warna sesuai dengan pH larutan yang diukur, sehingga dapat membantu Anda dalam mengukur pH suatu larutan dengan mudah dan cepat.

Cara menggunakan pH Paper Indikator

Untuk menggunakan pH paper indikator, pertama-tama Anda perlu memastikan bahwa pH paper indikator tersebut telah disimpan dalam kondisi yang tepat sesuai dengan petunjuk pada kemasannya. Jika sudah, Anda dapat mengambil sepotong pH paper indikator dan menempelkannya pada sampel cairan yang ingin diukur pH-nya. Tunggu beberapa saat sampai pH paper indikator menyerap cairan tersebut, kemudian perhatikan warna yang terbentuk pada pH paper indikator tersebut. Warna yang terbentuk akan menunjukkan pH cairan yang diukur. Anda dapat membandingkannya dengan skala warna yang biasanya disertakan bersama pH paper indikator untuk menentukan pH cairan tersebut dengan lebih pasti.

Untuk hasil yang lebih akurat, Anda dapat mengukur pH cairan pada beberapa titik dan menghitung rata-rata dari hasil pengukuran tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat pH meter yang lebih akurat daripada pH paper indikator untuk mengukur pH cairan. Namun, alat ini biasanya lebih mahal dan lebih sulit digunakan dibandingkan pH paper indikator.

Nah itulah pembahasan mengenai Indikator Universal (pH Paper Indicator) yang dapat Blog Lab jelaskan kepada anda. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *