Perbedaan TSS dengan TDS

oleh | Des 14, 2022 | Kimia

Sebelumnya apakah anda mengetahui apa perbedaan dari suatu nilai parameter kualitas air yaitu perbedaan TSS dengan TDS? Nah jika anda tidak tahu berikut ini Blog Lab akan menjelaskan perbedaan dari kedua niali paramater kualitas air tersebut, silahkan baca berikut ini penjelasannya.

Total Suspended Solid (TSS)

Total Suspended Solid (TSS) adalah jumlah padatan yang terapung atau tersuspensi dalam suatu sampel air. TSS merupakan ukuran kualitas air yang berguna untuk mengetahui tingkat pencemaran air. Semakin tinggi nilai TSS, semakin buruk kualitas air tersebut dan semakin besar kemungkinan terjadinya pencemaran air. Nilai TSS biasanya diukur dalam unit mg/L (miligram per liter). Padatan yang termasuk dalam TSS antara lain debu, kotoran, dan limbah. Jika konsentrasi TSS terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan kerusakan ekosistem air, seperti mengurangi jumlah oksigen yang tersedia untuk organisme air.

Total Dissolved Solid (TDS)

Total Dissolved Solid (TDS) adalah jumlah padatan terlarut yang terdapat dalam suatu sampel air. TDS merupakan ukuran kualitas air yang berguna untuk mengetahui tingkat pencemaran air. Semakin tinggi nilai TDS, semakin buruk kualitas air tersebut dan semakin besar kemungkinan terjadinya pencemaran air. Nilai TDS biasanya diukur dalam unit mg/L (miligram per liter). Padatan terlarut yang termasuk dalam TDS antara lain garam, mineral, dan senyawa organik. TDS juga dapat mempengaruhi rasa air, sehingga air yang memiliki TDS yang tinggi biasanya terasa asin atau pahit. Baca selengkapnya tentang TDS di artikel berikut ini “Pengertian TDS (Total Dissolved Solids)“.

Perbedaan TSS dan TDS

Total Suspended Solid (TSS) adalah jumlah padatan yang terapung atau tersuspensi dalam suatu sampel air, sedangkan Total Dissolved Solid (TDS) adalah jumlah padatan terlarut yang terdapat dalam suatu sampel air. Perbedaan utama antara kedua parameter air ini adalah bentuk padatan yang terdapat dalam air. TSS mengukur padatan yang terapung atau tersuspensi dalam air, sedangkan TDS mengukur padatan yang terlarut dalam air. TSS biasanya diukur dalam unit mg/L (miligram per liter), sedangkan TDS biasanya diukur dalam unit ppm (part per million).

Cara mengukur TSS dan TDS

Untuk mengukur TSS (Total Suspended Solid) dan TDS (Total Dissolved Solid), pertama-tama kita perlu mengambil sampel air yang akan diukur. Sampel air dapat diambil dengan menggunakan alat saring yang dapat menyaring partikel-partikel padatan yang terapung atau terlarut dalam air. Setelah sampel air diambil, kita perlu mengukur berat sampel air sebelum dan sesudah difilter. Perbedaan berat antara sampel air sebelum dan sesudah difilter akan menunjukkan berat padatan yang terapung atau terlarut dalam air, yang merupakan nilai TSS atau TDS. Nilai TSS dan TDS biasanya diukur dalam unit mg/L (miligram per liter).

Alat untuk mengukur TSS dan TDS

Beberapa alat yang dapat digunakan untuk mengukur TSS (Total Suspended Solid) dan TDS (Total Dissolved Solid) antara lain saringan, timbangan, dan alat pengukur TSS dan TDS khusus. Saringan digunakan untuk menyaring partikel-partikel padatan yang terapung atau terlarut dalam air, timbangan digunakan untuk mengukur berat sampel air sebelum dan sesudah difilter, sedangkan alat pengukur TSS dan TDS khusus adalah alat yang dapat langsung mengukur nilai TSS atau TDS dalam air. Alat pengukur TSS dan TDS khusus biasanya menggunakan prinsip elektromagnetik atau kimiawi untuk mengukur nilai TSS atau TDS dalam air.

Harga alat ukut TSS dan TDS

Harga alat untuk mengukur TSS (Total Suspended Solid) dan TDS (Total Dissolved Solid) bervariasi tergantung dari tipe dan merk alat tersebut. Ada beberapa jenis alat pengukur TSS dan TDS yang tersedia di pasaran, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih canggih dan mahal. Harga alat pengukur TSS dan TDS yang sederhana bisa berkisar antara Rp1 juta hingga Rp2 juta, sedangkan alat pengukur TSS dan TDS yang lebih canggih bisa mencapai harga di atas Rp10 juta. Harga alat pengukur TSS dan TDS juga bisa mengalami perubahan tergantung dari tingkat inflasi dan kondisi ekonomi.

Dan jika anda ingin membeli alatnya disini saya merekomendasikan sebuah perusahaan yang menjual berbagai macam peralatan uji lingkungan yaitu perusahaan yang bernama PT. Envilife Teknologi Indonesia atau anda bisa mengunjungi website resminya langsung di www.envilife.co.id.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×