Panduan Alat Portable Infrared Syngas Analyzer GASBOARD-3100P

oleh | Mar 3, 2023 | Industrial Hygiene

Hallo sahabat Bloglab! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang panduan penggunaan alat Portable Infrared Syngas Analyzer GASBOARD-3100P. Alat ini sangat berguna untuk melakukan analisis gas dan dapat digunakan di berbagai industri. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi yang lengkap mengenai cara menggunakan alat ini atau user manual Portable Infrared Syngas Analyzer GASBOARD-3100P, spesifikasi teknisnya, dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaannya. Jadi, mari simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui semua hal yang perlu Anda ketahui mengenai alat tersebut!

Portable Infrared Syngas Analyzer GASBOARD-3100P

Pengenalan alat

GASBOARD-3100P didasarkan pada teknologi NDIR untuk mengukur konsentrasi gas CO, CO2, CH4 dan CnHm (opsional), berdasarkan TCD (MEMS) untuk mengukur konsentrasi gas H2, dan berdasarkan ECD untuk mengukur konsentrasi gas O2 secara bersamaan dalam satu analisis. Perhitungan BTU tersedia dalam GASBOARD-3100P.

1. NDIR principle

CO, CO2, CH4, C3H8, dan molekul lain yang terdiri dari atom heterogen, memiliki spektrum absorpsi pada daerah panjang gelombang inframerah. Ketika cahaya dengan panjang gelombang absorpsi khas dari gas tertentu melewati gas yang akan diukur, intensitasnya akan tereduksi secara signifikan, dan tingkat penurunan intensitas tergantung pada konsentrasi gas tersebut. Hubungan antara keduanya sesuai dengan hukum Lambert-Beer.

NDIR principle

Model matematis dasar:

Sebagian besar gas molekul poliatomik organik dan anorganik memiliki panjang gelombang absorpsi yang spesifik pada daerah inframerah. Hukum Lambert-Beer diterapkan pada rumus I= I0e-kpl ketika cahaya inframerah melewati medium tersebut. Intensitas serapan cahaya “i” dapat dijelaskan sebagai i=I0-I= I0 (1- e-kpl).

  • I0: intensitas awal cahaya yang diteruskan
  • I: intensitas cahaya yang diteruskan setelah melewati medium gas.
  • l: ketebalan medium gas.
  • p: konsentrasi gas.
  • k: koefisien absorbsi.

2. Fitur dan Aplikasi

Produk ini dapat digunakan untuk analisis gas pada proses peleburan besi dan baja, ferro alloy, sponge iron (termasuk tanur sembur, BOF, oven kokas, perlakuan panas, tungku gas, tungku karbida kalsium), pengukuran komposisi gas buang kiln poros semen (kandungan oksigen gas buang, koefisien kelebihan udara), analisis gasifikasi biomassa jerami (konsentrasi gas, pemantauan nilai kalor), pemantauan nilai kalor pada proses pemulihan dan penggunaan gas, serta aplikasi gas industri dalam proses perlindungan lingkungan.

3. Spesifikasi

ComponentsMethodRangeResolutionPrecision
CO2NDIR20%0.01%≤2%
CONDIR30%0.01%≤2%
H2TCD30%0.01%≤3%
O2ECD5%0.01%≤3%
CH4NDIR10%0.01%≤2%
CnHmNDIR10%0.01%≤2%

Catatan:

Rentang pengukuran dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Maksimum: 6 komponen sekaligus.
Response Time (TD+T90)<10s (NDIR)
Response Time15min
I/O portRS232
Work temperature0~50℃
Relative humidity5~85%
Ambient air pressure86~108kPa
Power supplyAC 220±10%V 50Hz±1Hz
WeightAbout 3.5kg

4. Front Panel

Front Panel

Keterangan:

  1. LCD
  2. RS232 output
  3. Power Supply Socket(DC12.6V)
  4. Operation button
Front Panel

Keterangan:

  1. Flow Meter
  2. Spare use 1
  3. Spare use 2
  4. Sampling gas inlet port
  5. Sampling gas outlet port
  6. Filter

Cara pengoperasian

Berikut ini adalah langkah bagaimana untuk mengoperasikan alat Portable Infrared Syngas Analyzer GASBOARD-3100P, diantaranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Power on/off

  • Hidup/Matikan: Untuk menghidupkan/mematikan alat, tekan tombol daya selama lima detik hingga layar diaktifkan/ditutup.
  • Analyzer akan memulai siklus pemanasan selama 800 detik.
siklus pemanasan selama 800 detik
  • Setelah 680 detik, analyzer secara otomatis melakukan siklus auto-zeroing selama 120 detik terakhir dari waktu pemanasan; Mohon periksa sebelumnya bahwa atmosfer di sekitar analyzer adalah udara segar (tanpa kontaminasi gas), buka sepenuhnya katup jarum pada flow-meter dan periksa tidak ada penyumbatan di kedua lubang masuk dan keluar gas dari analyzer.
  • Setelah siklus zeroing selesai, analyzer akan memasuki mode pengukuran dan siap untuk memulai pengukuran syngas secara akurat.

2. Measurement screen

Measurement screen

Layar pengukuran menampilkan hingga 6 senyawa gas yang diukur oleh analyzer serta nilai kalor gas yang dihitung dan kandungan N2, dengan simbol kimia, konsentrasi, dan satuan masing-masing, serta otonomi baterai yang tersisa, tanggal dan waktu, dan beberapa fungsi:

  • Pengaktifan pompa pengambilan gas (tekan tombol ATAS dan BAWAH untuk memulai dan menghentikan pompa)
  • Akses ke menu pengaturan (tekan tombol ENT untuk mengakses menu Pengaturan)
  • Tampilkan informasi analyzer gas (tekan tombol ESC untuk keluar dari layar pengukuran dan menampilkan informasi analyzer gas)

3. Information screen

Dari layar pengukuran, Anda dapat mengakses layar Informasi dengan menekan tombol ESC.

Information screen

Layar Informasi menampilkan:

  • daftar senyawa gas yang diukur oleh analyzer, dengan rentang pengukuran dan satuan
  • konfigurasi aktual untuk perhitungan Nilai Gas Pemanas (GHV atau LHV)
  • versi hardware dan software
  • nomor seri analyzer
  • tombol ESC untuk kembali ke layar pengukuran.

4. PUMP activation

Dari layar pengukuran, Anda dapat menghidupkan dan mematikan pompa dengan menekan tombol ATAS dan BAWAH.

Ketika pompa dihidupkan, akan muncul tanda di belakang simbol muatan baterai di sudut kanan atas layar.

PUMP activation

5. System Setting

Langkah-langkah:

  1. Tekan “ENT” untuk memasukkan kode.
System Setting
  1. Tekan “ENT”, ubah angka melalui tombol ATAS/BAWAH, nilai akan bertambah satu dengan menekan “ATAS” sekali, nilai akan berkurang satu dengan menekan “BAWAH” sekali.
  2. Pindahkan kursor melalui kiri/kanan. Tekan “ENT” saat selesai memasukkan nilai. Sistem akan secara otomatis memasuki antarmuka “pengaturan sistem” jika kata sandi dimasukkan dengan benar.
System Setting
  1. Pilih pengaturan sistem yang berbeda melalui tombol ATAS/BAWAH, tekan “ENT” untuk memasuki antarmuka terkait.
  2. Tekan “ESC” untuk kembali ke antarmuka pengukuran.

Cara setting parameter

Pindahkan kursor ke “parameter” melalui tombol ATAS/BAWAH. Tekan “ENT” untuk memasuki antarmuka “parameter”. Pengaturan sistem mencakup pencahayaan latar belakang, perubahan kata sandi, pengaturan waktu, negatif (di bawah nol), dan pengaturan bahasa.

Cara setting parameter

1. Backlight setting

Langkah-langkahnya:

  1. Pindahkan kursor ke “pengaturan pencahayaan latar belakang”, tekan “ENT” untuk memasuki.
Backlight setting
  1. “Pengaturan pencahayaan latar belakang” menawarkan enam opsi. (MATI, 5 menit, 10 menit, 30 menit, 60 menit, MATI). Pindahkan anak panah ke opsi terkait, tekan “ENT” untuk menyimpan.
  2. 3) Tekan “ESC”, kembali ke “pengaturan parameter”.

2. Password change

Langkah-langkahnya:

  1. Pindahkan kursor ke “perubahan kata sandi”, tekan “ENT” untuk memasuki.
Password change
  1. Dengan menekan “ENT”, akan muncul antarmuka baru “Masukkan Kata Sandi”. Kata sandi asli adalah 9999. Ubah angka melalui tombol ATAS/BAWAH. Pindahkan kursor melalui kiri/kanan. Tekan “ENT” setelah memasukkan kata sandi baru.
Password change
  1. Masuk ke antarmuka “perubahan kata sandi” jika kata sandi asli dimasukkan dengan benar.
  2. Ubah angka dengan tombol ATAS/BAWAH, pindahkan kursor ke posisi input melalui kiri/kanan. Tekan “ENT” untuk mengonfirmasi kata sandi baru.
Password change
  1. Masukkan kembali kata sandi baru.
  2. Jika kata sandi dimasukkan dengan identik, sistem akan menyimpan kata sandi yang diatur. Jika tidak, sistem akan memberi peringatan kesalahan dan kembali ke “pengaturan parameter”.
Password change

3. Time setting

Langkah-langkah:

  1. Pindahkan kursor ke “Pengaturan Waktu” dengan menekan tombol ATAS/BAWAH. Tekan “ENT” untuk memasuki antarmuka pengaturan waktu.
Time setting
  1. Tekan “ENT”, ubah angka dengan menekan tombol ATAS/BAWAH. Pindahkan kursor ke kiri/kanan. Setelah selesai memasukkan nilai waktu, sistem akan kembali ke “pengaturan parameter”.

4. Negative (Under Zero)

Di bawah antarmuka pengaturan parameter, untuk memindahkan kursor ke “Negatif” dengan menekan tombol ATAS dan BAWAH, kemudian tekan “ENT” untuk mengubahnya dari “OFF” menjadi “ON”.

Negative (Under Zero)

Pada langkah program ini, Anda dapat mengaktifkan tampilan nilai negatif. Hal ini dapat berguna untuk mengontrol drift nol negatif pada detektor.

Tekan ENTER untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi ini. Tekan ESC untuk kembali ke menu Parameter. Tekan ESC lagi untuk kembali ke menu Set up.

5. Setting Bahasa

Langkah-langkahnya:

  1. Pindahkan kursor ke “bahasa”, tekan “ENT” untuk masuk ke antarmuka pengaturan bahasa.
Setting Bahasa
  1. Gulir menu ke atas/bawah, pilih bahasa dengan menekan “ENT”. Tersedia versi bahasa Inggris dan bahasa Cina.

Cara setting Zero

Ketika kursor bergerak pada “Nol”, tekan “ENT” untuk memasukinya. Nol disarankan dilakukan sebelum Anda menggunakan analisis gas.

Cara setting Zero

Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan siklus nol untuk detektor NDIR dan TCD serta secara terpisah untuk sensor oksigen jika rentang pengukuran penuh dari sensor oksigen berbeda dari konsentrasi oksigen standar di udara segar (20,90%).

Tekan ENTER untuk mengkonfirmasi: analisis dimulai siklus nol otomatis untuk detektor NDIR dan TCD.

Air Zero function

Kami merekomendasikan untuk menggunakan udara segar, jika perlu melalui filter arang eksternal. Jika menggunakan udara terkompresi bersih, udara sintetis, atau nitrogen dari botol gas, pastikan tekanan gas antara 2-3KPa (20 hingga 30 mbar) dan aliran gas antara 0,7 hingga 1,2 L/min. Saat melakukan nol pada analisis dengan saluran pengukuran oksigen dengan sel bahan bakar galvanik, nilai nol secara otomatis akan diatur menjadi 20,90% O2, dan nilai gas lainnya akan menjadi “00,00” setelah 150S.

Catatan:

Jika rentang pengukuran O2 di bawah 10%, setelah selesai nol, .% O2 akan ditampilkan di LCD karena tidak akan di-nol-kan oleh udara.

Perhatian:

Jangan mematikan sumber daya saat melakukan nol pada analisis.

Cara melakukan kalibrasi

Tentang kalibrasi:

Untuk memastikan ketepatan instrumen yang tertinggi:

  • Kalibrasi gas harus dilakukan hanya setelah selesainya waktu pemanasan selama 800 detik dan daya dihidupkan pada analisis gas selama setidaknya 2 jam.
  • Kalibrasi gas nol dan rentang harus dilakukan setidaknya setiap 3 bulan atau secepatnya ketika nilai yang diukur keluar dari spesifikasi drift produsen.

Kalibrasi gas pengguna mencakup kalibrasi nol dan rentang. Untuk akurasi kalibrasi yang tinggi, baik kalibrasi nol maupun rentang untuk saluran pengukuran yang sama harus diselesaikan secara berurutan.

Gunakan nitrogen murni (N2) untuk kalibrasi nol dan rentang kalibrasi 90 hingga 100% dari rentang pengukuran untuk setiap detektor. Silakan periksa rentang pengukuran yang dikonfigurasi pada analisis Anda pada layar informasi atau pelat nama yang ditempel di bagian belakang analisis. Gas rentang tidak boleh kurang dari 90% dari rentang pengukuran penuh.

*** Sebagai contoh, jika sensor CH4 Anda dengan rentang 0-50%, Anda perlu menggunakan N2 murni untuk kalibrasi nol dan campuran CH4 / N2 dengan konsentrasi CH4 tidak kurang dari 45% untuk kalibrasi rentang.

Beberapa saluran pengukuran dapat dikalibrasi bersama-sama dengan menggunakan tabung gas rentang yang memadai tanpa gangguan pada metode deteksi NDIR. Kontrol tekanan gas kalibrasi antara 2-3KPa (20 hingga 30 mbar) dan aliran gas antara 0,7 hingga 1,2 L / menit.

Metode Operasi:

  1. Pada antarmuka pengaturan sistem, pindahkan kursor ke menu Kalibrasi dan tekan ENT untuk masuk ke antarmuka kalibrasi.
Cara melakukan kalibrasi
  1. Zero Calibration (contoh: CO)
  • Tekan ENT untuk memasuki menu Kalibrasi Nol.
  • Pindahkan kursor hitam pada saluran gas yang ingin Anda kalibrasi menggunakan tombol ATAS atau BAWAH (dalam contoh kami saluran CO).
  • Tekan ENTER, nilai input asli untuk saluran CO adalah .
  • Tekan tombol ATAS atau BAWAH untuk menyesuaikan nilai input untuk saluran CO menjadi 00,00, kemudian tekan ENTER lagi untuk mengonfirmasi nilai tersebut.
Cara melakukan kalibrasi
  • Masukkan nitrogen murni (N2) ke dalam gas analyzer.
***Perhatian: ketika Anda mulai menginjeksikan gas ke dalam analyzer, indikasi akan menjadi Stabil tetapi akan berubah menjadi Tidak Stabil setelah beberapa detik begitu gas mengisi ruang pengukuran detektor.
Cara melakukan kalibrasi
  • Tunggu hingga indikasi Tidak Stabil menjadi Stabil, pindahkan kursor ke SIMPAN menggunakan tombol BAWAH, kemudian tekan ENTER untuk menyimpan kalibrasi nol.
  • Sekarang layar menunjukkan layar kalibrasi SPAN.
  1. Span calibration (misalnya CO)
  • Pindahkan kursor ke saluran yang ingin Anda kalibrasi (dalam contoh ini saluran CO) dengan menggunakan tombol UP atau DOWN.
  • Tekan ENTER, nilai masukan untuk saluran CO adalah .
  • Tekan tombol UP, nilai masukan untuk saluran CO sekarang menjadi 00.00
  • Masukkan nilai yang tertera pada tabung gas (dalam contoh ini 40,00%) dengan menggunakan tombol UP atau DOWN untuk menggulir angka dari 0 hingga 9 dan tombol LEFT atau RIGHT untuk memindahkan kursor ke digit lainnya.
  • Tekan ENTER untuk mengonfirmasi nilai masukan.
Cara melakukan kalibrasi
  • Masukkan gas standar (40% CO) ke dalam analisis gas.
***Perhatian: saat Anda mulai memasukkan gas ke dalam analisis, indikasi akan menjadi Stabil tetapi akan berubah menjadi Tidak Stabil setelah beberapa detik begitu gas mengisi ruang pengukuran detektor.
Cara melakukan kalibrasi
  • Tunggu hingga indikasi “Tidak Stabil” menjadi “Stabil”, pindahkan kursor pada “SIMPAN” menggunakan tombol BAWAH, lalu tekan ENTER untuk menyimpan kalibrasi jangkauan.
  • Layar akan secara otomatis kembali ke antarmuka pengukuran.

Untuk melakukan kalibrasi nol dan jangkauan pada saluran pengukuran lainnya, masuk kembali ke menu Kalibrasi dan ikuti prosedur yang sama untuk setiap saluran pengukuran lainnya seperti yang dijelaskan di atas.

Catatan:

  1. Selama proses pengukuran aktual atau setelah kalibrasi, jika muncul data pengukuran yang tidak normal, silakan hubungi staf layanan purna jual untuk mengembalikan kalibrasi pabrik.
  2. Saat melakukan kalibrasi untuk komponen tertentu, masukkan nilai yang sesuai hanya untuk gas ini, nilai dari komponen lain tetap tidak berubah. JANGAN mengubah nilai menjadi 0 untuk komponen lainnya.
  3. Kalibrasi nol dan jangkauan harus dilakukan secara terus-menerus; jika tidak, akan menyebabkan hasil pengukuran tidak akurat.
  4. Udara bersih dapat digunakan untuk kalibrasi jangkauan O2.

Cara melakukan Record

Ketika kursor bergerak pada “Rekam”, tekan “ENT” untuk memasukinya.

Cara melakukan Record

1. Start Recording

Langkah program ini memungkinkan pengguna untuk meninjau semua data yang direkam di memori analisis, menghapus data tersebut untuk membebaskan ruang memori, dan menetapkan nomor situs dan interval waktu perekaman. Pindahkan kursor hitam pada Rekam Data dan tekan ENTER, maka akan masuk ke antarmuka perekaman:

Start Recording

Pindahkan kursor hitam pada Mulai Perekaman, analisis akan merekam data pengukuran secara otomatis dengan interval waktu default.

Start Recording

2. Set Site Number & Interval Time

  • Anda dapat menetapkan frekuensi rekaman dengan fungsi ini.
  • Pindahkan kursor hitam pada Nomor Situs atau Waktu Interval dan tekan tombol ENTER. Gunakan tombol ATAS atau BAWAH untuk menggulirkan angka dari 0 hingga 9 dan tombol KIRI atau KANAN untuk memindahkan kursor ke digit lainnya.
  • Nomor Situs maksimum adalah 64 sementara kapasitas memori adalah 2560 unit rekaman.
Set Site Number & Interval Time

3. View history record

  • Ini dapat memeriksa data historis, termasuk: nomor data, konsentrasi gas.
  • Tempatkan kursor hitam pada Memori dan tekan tombol ENTER, maka akan menampilkan semua data historis.
  • Jika tidak ada pengukuran yang direkam, pesan akan muncul di layar dan tampilan akan kembali secara otomatis ke layar sebelumnya.
View history record
  • Jika data telah direkam, layar akan menampilkan semua data yang direkam:
View history record

“NUM” berarti nomor seri rekaman. “00#” berarti Nomor Situs yang Anda tetapkan sebelum merekam. Tanggal dan Waktu adalah waktu saat mulai merekam. “U: 0006” berarti total 6 unit rekaman pada situs ini. “G: 01/02” berarti ini adalah rekaman grup 01 dari total 2 grup data.

  • Tekan ESC untuk kembali ke menu sebelumnya.
  • Tekan Tombol ATAS atau BAWAH untuk menelusuri semua rekaman dalam grup ini.
  • Tekan tombol KIRI atau KANAN untuk memeriksa data untuk grup (situs) berikutnya.
  • Tekan tombol ENT untuk menghapus data dalam grup ini.
  • Ada 2560 unit data yang dapat direkam secara keseluruhan.

4. Clear All Data

Clear All Data

Cara setting HV

Gas analyzer kami memiliki dua jenis nilai kalor, yaitu nilai kalor atas (HHV) dan nilai kalor bawah (LHV). Nilai kalor atas adalah jumlah maksimum energi yang dapat diperoleh dari pembakaran bahan bakar, termasuk energi yang dilepaskan saat uap yang dihasilkan selama pembakaran dikondensasikan. Nilai kalor bawah hanya energi yang diperoleh dari pembakaran bahan bakar. Satuan nilai kalor yang umum digunakan adalah kJ/kg (bahan bakar padat dan cair), atau kJ/m3 (bahan bakar gas).

Pindahkan kursor ke Pengaturan Nilai Kalor (HV Setting), lalu masuk ke antarmuka berikut:

Cara setting HV

1. HV Unit

Setelah memasuki menu ini, Anda dapat memilih unit nilai kalor mJ/m3 atau Kkal/m3 dengan menggulir tombol ATAS atau BAWAH.

HV Unit

Unit nilai kalor instrumen mendukung pengalihan antara MJ/m3 dan Kkal/m3. Konversi antara kedua unit tersebut adalah: 1Kkal = 4,1868KJ, sehingga 1MJ = 238,84589Kkal.

2. HHV or LHV

Setelah memasuki menu ini, Anda dapat memilih HHV (Nilai Kalor Tinggi) atau LHV (Nilai Kalor Rendah) dengan menggulir tombol ATAS atau BAWAH.

HHV or LHV

Ketika unit nilai kalor adalah MJ/m3 dan suhu adalah 0℃, koefisien nilai kalor tinggi dan rendah dari setiap gas adalah sebagai berikut. Silakan merujuk pada “GBT 11062-2014”.

GASHHV Coefficient
(@0℃ with unit of
MJ/m3)
LHV Coefficient
(@0℃ with unit of
MJ/m3)
CO12.62012.620
CH439.84035.818
CnHm99.22091.180
H212.78810.777

3. HV Temper

Setelah memasuki menu ini, Anda dapat memilih suhu dari 4 mode yang berbeda yaitu 0℃, 15℃, 20℃ dan lainnya dengan menggulir tombol ATAS atau BAWAH.

HV Temper

Di dalam mode “HV Temper: Other”, Anda dapat mengatur koefisien HV secara manual sesuai dengan permintaan yang sebenarnya. Berikut adalah langkah-langkah operasi rinci:

  1. Pindahkan kursor ke faktor gas yang perlu diatur koefisiennya.
  2. Tekan tombol KIRI atau KANAN untuk mengubah posisi titik desimal.
  3. Tekan tombol KIRI atau KANAN secara singkat untuk memilih digit nilai yang perlu direvisi.
  4. Tekan tombol ATAS atau BAWAH untuk menyesuaikan angka agar sesuai dengan nilai yang Anda inginkan.

Untuk setiap menu di atas, setelah pengaturan, tekan tombol ESC untuk menyimpan pilihan dan kembali ke menu sebelumnya. Setiap kali Anda mengubah unit atau mode HV atau suhu, nilai HV yang diprogram pabrik untuk CO, CH4, CnHm, dan H2 yang digunakan untuk perhitungan akan berubah sesuai.

Heating Value calculation method:

Jika bacaan konsentrasi adalah 10, dan koefisien nilai kalor adalah 38,76 MJ/m3, maka nilai kalor yang ditampilkan pada antarmuka instrumen adalah 10 x 38,76 = 387,6 MJ/m3.

Heating Value calculation method

Metode perhitungan Nilai Kalor Rendah (LHV):

Jika konsentrasi CH4 adalah 73,8%, koefisien LHV CH4 adalah 35,818, maka nilai kalor CH4 adalah 0,738 x 35,818 = 26,433684.

  1. jika tidak ada konsentrasi gas yang mudah terbakar lainnya, maka LHV untuk gas yang diukur adalah 26,43 MJ/m3;
  2. jika terdapat gas yang mudah terbakar lainnya dalam gas yang diukur, maka LHV untuk seluruh gas adalah 26,43 MJ/m3 + jumlah nilai kalor gas-gas lainnya.

Catatan:

Nilai nilai kalor yang ditampilkan pada antarmuka selalu merupakan jumlah nilai kalor dari semua komponen gas yang mudah terbakar pada antarmuka yang ditampilkan.

Cara melakukan Diagnosis

Pindahkan kursor ke “Diagnosis” dan tekan “ENT” untuk memasuki antarmuka informasi diagnostik. Dengan memeriksa informasi diagnostik, Anda dapat menentukan apakah sinyal sensor abnormal atau tidak.

Cara melakukan Diagnosis

Fungsi ini menyediakan informasi sinyal sensor untuk setiap saluran pengukuran. Harap dicatat bahwa informasi ini hanya berguna bagi teknisi pabrik.

Catatan:

Jika bacaan konsentrasi oksigen 20% lebih tinggi dari rentang pengukuran O2, maka akan ada peringatan “O2” yang ditampilkan pada antarmuka pengukuran. Ini bukan kegagalan sensor.

Cara melakukan Trouble shooting

MasalahKemungkinanSolusi
Tidak ada respons setelah dinyalakan.Tidak ada catu daya;
Kabel daya rusak;
Fuse rusak.
Ganti bagian yang rusak. (fuse diperbaiki di bawah catu daya.)
Setelah dinyalakan, tidak ada gambar atau layar putih.Suhu lingkungan mempengaruhi layar LCD; pengaturan kontras LCD tidak normal.Setelah pemanasan, Anda dapat menekan tombol ATAS atau BAWAH untuk mengatur kontras LCD di bawah status antarmuka pengukuran sampai mendapatkan efek tampilan terbaik pada layar.
Tidak ada aliran atau aliran yang kecil.Kerusakan pada sistem pengambilan sampel;
Kebocoran gas pengambilan sampel;
Ventilasi atau pipa tersumbat.
Periksa sistem pengambilan sampel untuk menghilangkan masalah eksternal.
Kencangkan jalur gas pengambilan sampel; ganti tabung pengambilan sampel.
Periksa ventilasi atau ganti pipa.
Respon nilai numerik pengukuran lambat; rentang perubahan nilai numerik pengukuran kecil atau tidak berubah.Sel pengambilan sampel bocor;
Filter debu tersumbat;
Periksa sistem pengambilan sampel, sesuai dengan solusi dari tidak ada aliran atau aliran yang kecil; Ganti kertas filter debu.
Rentang perubahan nilai numerik pengukuran besar, yang melebihi kesalahan yang diizinkan.Waktu pemanasan alat tidak cukup; pengambilan sampel tidak stabil.Hidupkan alat dan biarkan selama 10 menit untuk memanaskan. Periksa sistem pengambilan sampel.
Tidak bisa nol setelah pengujian.Gas emisi masih ada di dalam sel gas; Efek drift nol pada alat.Gunakan pompa untuk memompa keluar gas sisa; Lakukan nol atau kalibrasi pengguna.

Demikianlah pembahasan kami mengenai panduan penggunaan alat Portable Infrared Syngas Analyzer GASBOARD-3100P. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda yang ingin menggunakan alat ini. Dengan memahami cara penggunaan, spesifikasi teknis, dan manfaat dari penggunaannya, diharapkan Anda dapat memaksimalkan penggunaan alat ini dan meningkatkan efektivitas di industri yang Anda jalani. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×