Meta Robots Tag: Pengertian, Fungsi, dan Cara Setting

oleh | Jul 27, 2023 | Tutorial SEO, Website

Hallo sahabat bloglab pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang meta robots tag, salah satu aspek penting dalam technical SEO. Meta robots tag adalah kode HTML yang memberi instruksi kepada robot mesin pencari tentang cara mengindeks dan menampilkan halaman web Anda di hasil pencarian. Dengan menggunakan meta robots tag, Anda bisa mengontrol crawling, indexing, dan cara informasi dari halaman Anda ditampilkan di hasil pencarian. Meta robots tag juga bisa membantu Anda mencegah halaman yang tidak ingin Anda tampilkan di hasil pencarian, seperti halaman tipis, duplikat, pribadi, atau sementara.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan pengertian, fungsi, dan cara setting meta robots tag dengan mudah dan lengkap. Saya juga akan memberikan beberapa contoh penggunaan meta robots tag untuk berbagai keperluan. Jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang meta robots tag dan bagaimana cara menggunakannya untuk meningkatkan SEO situs web Anda, silakan lanjutkan membaca artikel ini. Selamat membaca! 😊

Pengertian Meta Robots Tag

Meta Robots Tag

Meta robots tag adalah kode HTML yang memberi instruksi kepada robot mesin pencari apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada halaman tertentu. Meta robots tag memungkinkan Anda mengontrol crawling, indexing, dan cara informasi dari halaman tersebut ditampilkan di hasil pencarian. Meta robots tag ditempatkan di bagian <head> dari halaman web dan bisa terlihat seperti ini:

<meta name="robots" content="noindex">

Meta robots tag sering digunakan untuk mencegah halaman muncul di hasil pencarian, meskipun ada juga penggunaan lainnya (lebih lanjut akan dibahas nanti). Ada berbagai jenis konten yang mungkin Anda ingin mencegah mesin pencari mengindeksnya, misalnya:

  • Halaman tipis dengan sedikit atau tidak ada nilai bagi pengguna
  • Halaman duplikat atau mirip dengan halaman lain
  • Halaman pribadi atau sensitif yang tidak ingin dilihat publik
  • Halaman sementara atau percobaan yang belum siap dipublikasikan

Fungsi Meta Robots Tag

Meta robots tag memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Mengatur apakah halaman boleh diindeks atau tidak oleh mesin pencari
  • Mengatur apakah robot mesin pencari boleh mengikuti link yang ada di halaman atau tidak
  • Mengatur apakah mesin pencari boleh menampilkan cuplikan (snippet) dari halaman di hasil pencarian atau tidak
  • Mengatur apakah mesin pencari boleh menampilkan versi arsip (cache) dari halaman di hasil pencarian atau tidak
  • Mengatur apakah mesin pencari boleh mengindeks gambar yang ada di halaman atau tidak
  • Mengatur apakah halaman boleh diindeks setelah tanggal tertentu atau tidak

Untuk melakukan fungsi-fungsi tersebut, meta robots tag menggunakan beberapa parameter yang bisa dikombinasikan sesuai kebutuhan. Parameter-parameter tersebut adalah:

  • noindex: Memberitahu mesin pencari untuk tidak mengindeks halaman
  • index: Memberitahu mesin pencari untuk mengindeks halaman. Ini adalah parameter bawaan, jadi Anda tidak perlu menambahkannya.
  • follow: Meskipun halaman tidak diindeks, robot mesin pencari harus mengikuti semua link yang ada di halaman dan meneruskan nilai link (link equity) ke halaman yang dituju.
  • nofollow: Memberitahu robot mesin pencari untuk tidak mengikuti link apa pun di halaman atau tidak meneruskan nilai link.
  • noimageindex: Memberitahu robot mesin pencari untuk tidak mengindeks gambar apa pun di halaman.
  • none: Sama dengan menggunakan parameter noindex dan nofollow secara bersamaan.
  • noarchive: Mesin pencari tidak boleh menampilkan link arsip dari halaman ini di hasil pencarian.
  • nocache: Sama dengan noarchive, tetapi hanya digunakan oleh Internet Explorer dan Firefox.
  • nosnippet: Memberitahu mesin pencari untuk tidak menampilkan cuplikan dari halaman ini di hasil pencarian.
  • unavailable_after: Mesin pencari tidak boleh lagi mengindeks halaman ini setelah tanggal tertentu.

Cara Setting Meta Robots Tag

Untuk menambahkan meta robots tag ke halaman web Anda, Anda perlu mengedit kode HTML dari halaman tersebut. Jika Anda menggunakan CMS, seperti WordPress atau Blogger, Anda mungkin tidak bisa mengedit HTML secara langsung, atau Anda mungkin lebih suka tidak melakukannya. Sebagai gantinya, CMS Anda mungkin memiliki halaman pengaturan mesin pencari atau mekanisme lain untuk memberi tahu mesin pencari tentang meta tag. Jika Anda ingin menambahkan meta tag ke situs web Anda, cari instruksi tentang cara memodifikasi bagian <head> dari halaman Anda pada CMS Anda (misalnya, cari “wordpress add meta tags”).

Setelah Anda bisa mengakses bagian <head> dari halaman Anda, Anda bisa menambahkan meta robots tag dengan format berikut:

<meta name="robots" content="parameter">

Di mana parameter adalah instruksi yang ingin Anda berikan kepada robot mesin pencari. Misalnya, jika Anda ingin mencegah Google mengindeks halaman Anda, Anda bisa menulis:

<meta name="googlebot" content="noindex">

Atau jika Anda ingin mencegah semua mesin pencari mengindeks dan mengikuti link di halaman Anda, Anda bisa menulis:

<meta name="robots" content="noindex, nofollow">

Anda bisa menggunakan lebih dari satu parameter dalam satu meta robots tag, asalkan dipisahkan dengan koma. Anda juga bisa menggunakan lebih dari satu meta robots tag untuk halaman yang sama, asalkan tidak ada konflik antara parameter-parameter yang digunakan.

Meta robots tag hanya berlaku untuk halaman tertentu yang Anda tambahkan. Jika Anda ingin menerapkan meta robots tag ke seluruh situs web Anda, Anda bisa menggunakan x-robots-tag, yang merupakan cara lain untuk memberi instruksi kepada robot mesin pencari melalui header HTTP. Untuk menggunakan x-robots-tag, Anda perlu mengedit file .htaccess di server Anda dan menambahkan baris berikut:

Header set X-Robots-Tag "parameter"

Di mana parameter adalah instruksi yang sama dengan yang digunakan dalam meta robots tag. Misalnya, jika Anda ingin mencegah semua mesin pencari mengindeks dan mengikuti link di seluruh situs web Anda, Anda bisa menulis:

Header set X-Robots-Tag "noindex, nofollow"

Anda juga bisa menggunakan x-robots-tag untuk halaman tertentu dengan menambahkan kondisi tertentu. Misalnya, jika Anda ingin mencegah semua mesin pencari mengindeks dan mengikuti link di semua halaman yang memiliki ekstensi .pdf, Anda bisa menulis:

<FilesMatch "\.pdf$"> Header set X-Robots-Tag "noindex, nofollow" </FilesMatch>

Kesimpulan

Meta robots tag adalah salah satu bagian dari SEO yaitu sebuah kode HTML yang memberi instruksi kepada robot mesin pencari tentang cara mengindeks dan menampilkan halaman web di hasil pencarian. Meta robots tag memiliki beberapa fungsi, seperti mencegah halaman muncul di hasil pencarian, mencegah robot mesin pencari mengikuti link, atau mencegah mesin pencari menampilkan cuplikan atau arsip dari halaman. Meta robots tag menggunakan beberapa parameter yang bisa dikombinasikan sesuai kebutuhan. Meta robots tag ditempatkan di bagian <head> dari halaman web dan hanya berlaku untuk halaman tersebut. Jika Anda ingin menerapkan meta robots tag ke seluruh situs web atau halaman tertentu dengan kondisi tertentu, Anda bisa menggunakan x-robots-tag melalui header HTTP.

Sumber informasi: 1234

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×