Jenis Perawatan Peralatan Laboratorium Kimia

Sesuai dengan judul pembahasan di artikel ini saya akan memberikan penjelasan kepada anda yaitu mengetahui jenis-jenis perawatan peralatan laboratorium kimia yang harus anda ketahui ketika ingin melakukan perawaran alat laboratorium kimia khususnya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Perawatan Alat Laboratorium Kimia

Perawatan di laboratorium kimia ada yang terencana dan tidak terencana, Perawatan terencanan (planned maintenance) didefinisakan sebagai proses perawatan yang diatur dan diorganisasikan untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi terhadap peralatan di waktu yang akan datang.

Di dalam perawatan terencana, terdapat unsur pengendalian dan unsur pencatatan sesuai rencana yang telah ditentukan sebelumnya.

Macam-macam perawatan terencana

Perawatan laboratorium kimia terencana adalah sistem pengorganisasian atau program perawatan yang dikelola dengan cara yang efektif. Perawatan terencana terbagi menjadi dua macam, diantaranya yaitu :

1. Perawatan prevensif

Perawatan prevensif adalah perawatan yang dilakukan pada selang waktu tertentu dan pelaksanaannya dilakukan secara rutin dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya.

Tujuannya yaitu untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan suatu komponen tidak memenuhi kondisi normal.

Pekerjaan yang dilakukan dalam perawatan prevensif adalah mengecek, melihat, menyetel, mengkalibrasi, melumasi (pengisian minyak atau air), atau pekerjaan lainnya yang bukan penggantian suku cadang berat.

Perawatan prevensif membantu agar alat dapat bekerja dengan baik sesuai dengan apa yang menjadi ketentuan pabrik sebelumnya.

2. Perawatan korektif

Perawatan korektif merupakan perawatan yag bersifat koreksi, yakni sistem perawatan peralatan laboratorium yang secara sadar dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta monitoring.

Untuk perawatan tidak terencana yaitu jenis perawatan yang bersifat perbaikan terhadap kerusakan yang tidak diperkirakan sebelumnya.

Umumnya tingkat kerusakan yang terjadi adalah pada tingkat kerusakan berat. Karena tidak direncanakan sebelumnya, maka juga disebut perawatan darurat.

Nah itulah beberapa macam perawatan yang direncakan ketika ingin melakukan perawatan peralatan laboratorium kimia yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Jika anda sedang mencari atau membutuhkan jasa servis alat laboratorium silahkan anda kunjungi link berikut ini di www.envilife.co.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *