Fitur (AAS) Atomic Absorption Spectrophotometer – AAS-210

oleh | Des 11, 2022 | Laboratorium

Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa fitur dan keunggulan dari alat yang bernama (AAS) Atomic Absorption Spectrophotometer – AAS-210. Untuk mengetahui lebih lengkap apa saja fitur utamanya silahkan simak berikut ini pembahasannya.

(AAS) Atomic Absorption Spectrophotometer

Spektroskopi serapan atom merupakan perlatan laboratorium prosedur dalam kimia analisis yang menggunakan prinsip energi yang diserap atom. Atom yang menyerap radiasi akan menimbulkan keadaan energi elektronik terekesitasi. Ingin mengetahui lebih lengkapnya? Silahkan baca pembahasan berikut ini “AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer)“.

AAS-210

(AAS) Atomic Absorption Spectrophotometer – AAS-210 AAS adalah alat yang digunakan untuk menentukan kandungan logam dengan kategori logam berat dan logam ringan. AAS yang dimiliki oleh laboratorium terintegrasi adalah AAS dengan merek Perkin Elmer Pinaacle 900T. AAS ini adalah salah satu alat yang paling canggih dan dapat digunakan untuk analisis dengan metode api atau tungku grafit. Gas yang digunakan adalah asetillin dan nitro oksida dengan kualitas UHP untuk menjamin kualitas hasil tes. Kadar logam yang dianalisis dapat berasal dari sampel air, tanah, makanan, kosmetik, obat -obatan, tanaman dan sebagainya. Jenis logam yang merupakan andalan pengujian adalah aluminium logam (AI), molibdenum (MO) dan silika (SI).

(AAS) Atomic Absorption Spectrophotometer – AAS-210
Gambar AAS-210

Jika anda ingin membeli alat tersebut, silahkan kunjungi link berikut ini di www.envilife.co.id.

Fitur utama AAS-210

Berikut ini adalah beberapa fitur utama dari alat AAS-210, diantaranya yaitu :

  1. Model Spektrofotometer Serapan Atom AAS-210 saat ini merupakan model terbaru, dengan otomatisasi tinggi.
    • Sistem pengambilan sampel otomatis disediakan untuk metode tungku grafit. Rentang pengambilan sampelnya adalah 1 ~ 100µl. Volume pengambilan sampel terkecil adalah 1μl, dengan akurasi pengambilan sampel yang sempurna dan tinggi presisi pengulangan. Itu juga dapat sepenuhnya menggantikan seluruh proses pengambilan sampel manual dengan fungsi pengenceran otomatis, pengubah matriks, kurva otomatis, pembersihan dalam jumlah besar, ubah satu sama lain dari pengambilan sampel satu langkah dan pengambilan sampel otomatis terus menerus, dll, untuk dibuat analisis tungku grafit lebih akurat, stabil dan dapat diandalkan.
    • Kontrol perpipaan gas dari metode analitik api mengadopsi kontrol aliran otomatis sistem, yang dapat langsung menerima sinyal kontrol dan secara otomatis mengatur aliran gas di setiap jalur pemipaan (asetilen dan oksigen, tidak termasuk pemipaan udara) sesuai dengan sinyal ini. Dia membuat aliran gas yang dikendalikan jauh lebih akurat, dan pengaturan ulang yang lebih baik, sehingga prosesnya aliran penyesuaian berulang disederhanakan. Selain itu, sistem ini juga memiliki fungsi sebagai berikut: penyalaan otomatis, pemadaman tidak normal, alarm kebocoran bahan bakar gas, sesak tekanan udara, dan lebih besar penyimpangan aliran yang dikendalikan, dan berbagai jenis perangkat perlindungan keselamatan otomatis, dll. Oleh karena itu, tingkat otomasi metode api dan keselamatan pengoperasian dapat sangat ditingkatkan. Selain itu, jenis baru nyala udara-asetilena yang diperkaya oksigen telah diadopsi pada AAS-210 AAS instrumen (paten telah disetujui oleh China). Temperatur api dapat diubah terus menerus dari 2300°C hingga 2950°C. Dibandingkan dengan nyala nitrous oxide-acetylene, gas mudah diperoleh tanpa mencemari lingkungan. Untuk menganalisis elemen suhu tinggi (seperti Ca, Sr, Ba, Eu, Yb, Mo, Ga, dan Sn, dll.), yang diperkaya oksigen nyala udara-asetilena lebih menonjol daripada nyala udara-asetilen dan nitro oksida-asetilen api.
    • Alat penyemprot terintegrasi nyala/tanpa api adalah tipe baru dari sistem alat penyemprot. Fungsinya adalah: auto-changeover untuk metode analisis, orientasi auto-optimasi tungku grafit, dan pengaturan otomatis untuk ketinggian api. Sistem menyederhanakan intensitas kerja selama pertukaran satu sama lain, dan sementara itu, proses penyesuaian yang rumit dihindari.
    • Fungsi pemindaian puncak dan panjang gelombang pencarian otomatis disediakan. Mengenai koreksi latar belakang, selain teknologi koreksi latar belakang lampu deuterium, juga mengadopsi teknologi koreksi latar belakang efek penyerapan diri (Disebut “metode S-H”). Oleh karena itu instrumen memiliki kemampuan koreksi latar belakang yang tinggi.
  2. Spesifikasi
ConfigurationBackground correctionAnalytical method
Main unit; Air compressor; Photo-controlled graphite furnace and power supply; Auto-sampler of graphite furnace; atomizer; computer; printerD2 lamp background correction
Self-absorption effect background correction
Air-acetylene flame
Oxygen-enriched air—acetylene flame
Graphite furnace analysis
Flame emission analysis
Hydride analysis
  1. Sistem pemrosesan data komputer pribadi umum digunakan dalam instrumen. Itu absorbansi, simpangan baku, dan simpangan baku relatif semuanya ditampilkan di CRT. Dia juga dapat menunjukkan dan mencetak kurva kerja dan diagram sinyal seketika. Itu diagram sinyal seketika tumpang tindih dapat juga ditampilkan untuk kenyamanan mengamati perubahan sinyal seketika untuk memberikan penganalisa dengan informasi yang lebih subjektif untuk mengoptimalkan kondisi.
  2. Sensitivitas lebih tinggi. Konsentrasi karakteristik yang diukur dalam metode nyala berasal dari mg/L hingga µg/L (konsentrasi khas Cu tidak lebih dari 0,04 mg/L/1%). Karakteristik energi yang ditentukan dengan metode tungku grafit berada pada kisaran 10-10~ 10-12 (karakteristik energi Ge tidak lebih dari 1×10-12 g).
  3. Sistem tanur grafit yang dikontrol foto mengadopsi teknologi FUZZY-P.I.D (ambiguity- roportionIntegration-derivatization), metode kurva kerja ganda, dengan cepat peningkatan suhu dan kontrol suhu yang akurat. Ini memiliki fungsi kalibrasi diri suhu, meningkatkan kemampuan adaptasinya terhadap lingkungan. Ketepatan kontrol suhu tidak akan terpengaruh oleh gelombang jaring listrik dan perubahan resistansi tabung grafit.
  4. Instrumen ini memiliki sistem pemasok HCL berkinerja tinggi. HCL berkinerja tinggi memiliki keuntungan sebagai berikut: intensitas garis spektral tinggi, dan latar belakang rendah. Intensitas cahayanya adalah 10 ~ 20 kali lebih besar dari lampu katoda berongga biasa, yang nyaman untuk meningkatkan analitik pertunjukan.
AAS
Gambar efek diagram AAS-210

Nah itulah fitur utama dari alat (AAS) Atomic Absorption Spectrophotometer – AAS-210 yang dapat saya sampaikan semoga artikel ini dapat memeberikan informasi yang bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
Tag:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×