Cara Optimasi Lead Generation Funnel di Website

oleh | Jul 7, 2023 | Website

Lead generation funnel adalah proses mengubah pengunjung website menjadi prospek atau pelanggan potensial. Lead generation funnel terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

  • Awareness: Tahap ini adalah saat pengunjung pertama kali mengetahui tentang website Anda, baik melalui mesin pencari, media sosial, iklan, atau referensi lainnya.
  • Interest: Tahap ini adalah saat pengunjung mulai tertarik dengan konten, produk, atau layanan yang Anda tawarkan di website Anda. Pengunjung mungkin akan membaca artikel, menonton video, mengunduh ebook, atau mengikuti webinar yang Anda sediakan.
  • Consideration: Tahap ini adalah saat pengunjung mulai mempertimbangkan untuk melakukan pembelian atau berlangganan di website Anda. Pengunjung mungkin akan membandingkan harga, fitur, testimoni, atau ulasan yang Anda berikan dengan kompetitor Anda.
  • Conversion: Tahap ini adalah saat pengunjung akhirnya melakukan aksi yang Anda inginkan, seperti membeli produk, berlangganan newsletter, mengisi formulir kontak, atau menghubungi Anda.

Untuk meningkatkan konversi dari lead generation funnel di website Anda, Anda perlu melakukan optimasi pada setiap tahapnya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Optimasi Tahap Awareness

lead generation funnel
  • Lakukan riset kata kunci yang relevan dengan niche dan target pasar Anda. Gunakan kata kunci tersebut di judul, meta deskripsi, URL, dan konten website Anda agar mudah ditemukan oleh mesin pencari.
  • Buat konten yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pengunjung. Gunakan format yang mudah dibaca, seperti bullet points, subheading, gambar, grafik, atau video. Sertakan juga call to action (CTA) yang jelas dan menarik untuk mengajak pengunjung ke tahap selanjutnya.
  • Promosikan konten Anda di media sosial, email marketing, influencer marketing, atau iklan berbayar. Pastikan Anda menyesuaikan pesan dan desain sesuai dengan platform dan audiens yang Anda tuju.

Optimasi Tahap Interest

lead generation funnel
  • Buat landing page yang spesifik untuk setiap konten, produk, atau layanan yang Anda tawarkan. Landing page adalah halaman web yang dirancang untuk mengarahkan pengunjung ke aksi tertentu. Landing page harus memiliki headline yang menarik perhatian, copywriting yang meyakinkan, gambar atau video yang mendukung, dan CTA yang jelas dan mudah ditemukan.
  • Tawarkan lead magnet yang bernilai bagi pengunjung. Lead magnet adalah sesuatu yang Anda berikan secara gratis kepada pengunjung sebagai imbalan atas informasi kontak mereka. Lead magnet bisa berupa ebook, checklist, template, kupon diskon, trial gratis, atau apapun yang sesuai dengan niche dan target pasar Anda.
  • Gunakan formulir opt-in yang sederhana dan efektif untuk mengumpulkan informasi kontak pengunjung. Formulir opt-in adalah formulir online yang meminta pengunjung untuk memasukkan nama dan email mereka untuk mendapatkan lead magnet atau berlangganan newsletter Anda. Formulir opt-in harus memiliki judul yang menarik minat, deskripsi singkat tentang manfaat yang akan didapatkan pengunjung, dan tombol submit yang jelas.

Optimasi Tahap Consideration

lead generation funnel
  • Kirim email follow-up kepada pengunjung yang sudah memberikan informasi kontak mereka. Email follow-up adalah email otomatis yang dikirimkan kepada pengunjung setelah mereka melakukan aksi tertentu di website Anda. Email follow-up bisa berisi ucapan terima kasih, konfirmasi pendaftaran, pengiriman lead magnet, atau penawaran spesial.
  • Buat konten edukasi yang membantu pengunjung dalam proses pembelian. Konten edukasi adalah konten yang memberikan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda kepada pengunjung. Konten edukasi bisa berupa blog post, video tutorial, case study, webinar, atau demo produk.
  • Tunjukkan bukti sosial bahwa produk atau layanan Anda sudah dipercaya dan disukai oleh banyak orang. Bukti sosial adalah testimoni, ulasan, rating, atau endorsement dari pelanggan, influencer, atau media yang sudah menggunakan atau merekomendasikan produk atau layanan Anda. Bukti sosial bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pengunjung terhadap Anda.

Optimasi Tahap Conversion

lead generation funnel
  • Buat proses checkout yang mudah dan cepat bagi pengunjung yang ingin membeli produk Anda. Proses checkout adalah proses dimana pengunjung memasukkan data pembayaran dan pengiriman untuk menyelesaikan transaksi. Proses checkout harus memiliki langkah yang sedikit dan jelas, opsi pembayaran yang beragam dan aman, dan garansi pengembalian uang atau kepuasan pelanggan.
  • Buat proses pendaftaran yang mudah dan cepat bagi pengunjung yang ingin berlangganan newsletter atau layanan Anda. Proses pendaftaran adalah proses dimana pengunjung memasukkan data diri dan preferensi untuk menjadi anggota atau pelanggan Anda. Proses pendaftaran harus memiliki formulir yang singkat dan sederhana, opsi freemium atau trial gratis, dan kebijakan privasi atau unsubscribe yang jelas.
  • Gunakan scarcity atau urgency untuk mendorong pengunjung untuk segera melakukan aksi. Scarcity adalah kondisi dimana sesuatu menjadi langka atau terbatas, sehingga meningkatkan nilai dan permintaan. Urgency adalah kondisi dimana sesuatu memiliki batas waktu atau kesempatan, sehingga meningkatkan tekanan dan motivasi. Scarcity dan urgency bisa berupa stok produk yang terbatas, diskon waktu terbatas, bonus eksklusif, atau countdown timer.

Demikianlah artikel blog yang saya buat dari judul “Cara Optimasi Lead Generation Funnel di Website”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin saya membantu Anda dengan hal lain, silakan beritahu saya. 😊

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×