Cara Menggunakan Pipet Volumetrik

Dalam pembahasan pengenalan peralatan laboratorium yang Blog Lab sampaikan kali ini, disini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagaimana cara penggunaan pipet volumetrik yang baik dan benar, untuk mengetahui secara lengkapnya silahkan baca pembahasan dibawah ini sampai selesai.

Pipet volumetrik

Namun sebelum mempelajari bagaimana cara penggunaannya apakah sebelumnya anda tahu apa itu pipet volumetrik? Nah jadi Pipet Volumetrik merupakan merupakan sebuah peralatan laboratorium yang biasanya itu digunakan untuk melakukan atau mengukur sebuah volume pada cairan dengan menggunakan cara dipompa menggunakan bulf. Pipet volumetri biasanya ini sering digunakan di beberapa laboratorium, dan salah satunya digunakan di laboratorium kimia.

Pipet Volumetrik
Gambar Pipet Volumetrik

Fungsi Pipet volumetri

Pipet volumetrik berfungsi yaitu umunya, pipet volumetri ini biasanya digunakan untuk membantu mengambil suatu cairan atau memindahkan cairan dengan cara memompa. Jenis pipet ini juga memungkinkan anda dalam membaca volume larutan lebih akurat sehingga penggunaannya dapat memberikan hasil yang lebih tepat daripada pipet tetes biasa.

Cara penggunaan pipet volumetrik

Dan bagaimana cara menggunakan pipet volumetrik tersebut? Untuk langkah-langkah penggunaannya yaitu sebagai berikut :

  1. Untuk penggunaannya sebelum mengambil larutan, sebaiknya anda harus membilas atau bersihkan pipet volumetri tersebut yaitu dengan menggunakan cairan aquadest sebanyak 2 kali. Selanjutnya silahkan anda bilas dengan larutan yang akan digunakan sebaganyak 1 kali.
  2. Lalu, silahkan anda ambil larutan dengan cara memompa bulf secara perlahan hingga mencapai batas volume yang diinginkan.
  3. Jangan memompa terlalu kencang, karena jika memopa terlalu kencang itu akan membuat larutan masuk ke dalam bulf dan membuat bulf menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi.
  4. Selanjutnya, silahkan anda keluarkan larutan tersebut dari pipet volumetri yaitu dengan cara menekan simbol R pada bagian kanan bulf tersebut, atau bisa juga dengan cara melepas bulf hingga larutan keluar tanpa ada sisa.
  5. Dan yang terakhir setelah menggunakannya, jangan lupa untuk bersihkan kembali pipet volumetri dengan cara membilas menggunakan cairan alkohol dan cairan aquadest tujuannya untuk menghindari terjadinya korosif dan kontaminasi bahan pada penggunaan pipet volumetri selanjutnya.

Nah itulah langkah-langkah penggunaanya yang harus anda lakukan, jika anda masih kurang paham dengan pembahasan diatas anda juga bisa menonton video berikut ini.

Video tutorial cara penggunaan pipet volumetrik

Silahkan anda tonton video tersebut, dan jangan lupa untuk membiasaka menontonnya dari awal sampai akhir agar tidak gagal paham dalam pembahasan yang disampaikan.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kepada anda tentang penggunaan pipet volumetrik yang baik dan benar, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *