Cara Menggunakan Lux Meter Digital Tipe MT-30

oleh | Mar 14, 2023 | Industrial Hygiene

Pada zaman modern seperti sekarang ini, pengukuran intensitas cahaya atau tingkat penerangan menjadi hal yang sangat penting. Terutama bagi mereka yang bekerja di bidang penerangan, interior, atau arsitektur. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur intensitas cahaya adalah lux meter digital. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan lux meter digital tipe MT-30 yang populer dan banyak digunakan.

Lux Meter Digital MT-30

Lux Meter Digital MT-30
Gambar Lux Meter Digital MT-30

Deskripsi

Lux meter atau photometer tester adalah perangkat yang berfungsi untuk mengukur intensitas cahaya di sekitar kita. Alat ini dapat digunakan dengan mudah, cepat, dan akurat.

Pentingnya mengukur intensitas cahaya di lingkungan sekitar terletak pada kemampuan untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul ketika kualitas intensitas cahaya tidak memenuhi standar yang ditetapkan, terutama di lingkungan kerja. Oleh karena itu, penggunaan lux meter sebagai alat bantu kerja sangatlah penting.

Fitur

  • Luxmeter ini memiliki layar LCD besar yang menunjukkan nilai pengukuran cahaya.
  • Mendukung fungsi penguncian layar dan nilai pengukuran maksimum / minimum.
  • Rentang otomatis pengukuran dapat dialihkan secara manual.
  • Fungsi power-off otomatis dalam 15 menit tanpa operasi membuatnya hemat daya.
  • Instrumeni ini akan secara otomatis mendeteksi baterai, dan menampilkan simbol baterai lemah untuk mengingatkan pengguna dalam mengganti baterai tepat waktu.
  • Bisa digunakan untuk pabrik, gudang, sekolah, kantor, rumah, konstruksi lampu jalan, laboratorium dan sebagainya.

Spesifikasi

  • Model : MT-30
  • Measurement Range : 0.1 ~ 200.000 Lux ; 0.01 ~ 20.000 Fc
  • Resolution : 0.1 Lux / 0.01 Fc
  • Measurement Accuracy : ±4 %
  • Sampling Frequency : 2 times/sec.
  • Battery Type : 9 V battery (NOT included)
  • Size : 14 x 6 x 3 cm
  • Weight : 130 g

Harga

Untuk informasi harga lux meter digital anda bisa mengunjungi websitenya di www.envilife.co.id atau di www.cbinstrument.com. Disana silahkan anda hubungi kontak yang tersedia di website tersebut untuk terhubung dengan Salesnya langsung.

Cara menggunakan

Lux meter digital adalah alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya atau tingkat penerangan di suatu area. Salah satu tipe lux meter digital yang populer adalah tipe MT-30. Berikut ini adalah cara penggunaannya.

Langkah 1: Persiapan Alat

Pastikan alat MT-30 sudah dalam kondisi siap pakai. Cek apakah baterai sudah terpasang dengan baik dan matikan mode stand-by jika masih aktif. Selain itu, pastikan lensa alat dalam keadaan bersih dan bebas dari goresan.

Dan berikut adalah perisapan yang harus dilakukan:

  • Pasang baterai.
  • Hidupkan alat dengan menekan tombol ON/OFF.
  • Buka tutup sensor cahaya di bagian atas.
  • Arahkan sensor pada area pencahayaan (lampu) yang menurut Anda paling terang.
  • Secara otomatis sensor cahaya akan membacanya, dan hasil pengukuran terbaca pada layar monitor lux meter.

Langkah 2: Menentukan Area Pengukuran

Tentukan area yang akan diukur intensitas cahayanya. Pastikan tidak ada penghalang atau sumber cahaya lain yang mempengaruhi hasil pengukuran.

Langkah 3: Mengukur Intensitas Cahaya

Posisikan alat MT-30 secara tepat dan pastikan lensa menghadap ke area yang akan diukur intensitas cahayanya. Nyalakan alat dan tunggu beberapa saat hingga hasil pengukuran stabil.

Langkah 4: Membaca Hasil Pengukuran

Baca hasil pengukuran yang tertera pada layar alat MT-30. Perhatikan satuan ukuran yang digunakan, yaitu lux. Hasil pengukuran dapat digunakan untuk menentukan kebutuhan pencahayaan di suatu area.

Langkah 5: Mematikan Alat

Setelah selesai menggunakan alat, matikan alat MT-30 dan bersihkan lensa alat dengan kain lembut untuk menjaga keawetan alat.

Demikian cara menggunakan lux meter digital tipe MT-30. Dengan menggunakan alat ini, pengguna dapat mengukur intensitas cahaya dengan akurat dan menjaga kebutuhan pencahayaan di suatu area.

Dengan menggunakan lux meter digital tipe MT-30, pengguna dapat mengukur intensitas cahaya dengan akurat dan dapat menentukan kebutuhan pencahayaan yang sesuai di suatu area. Selain itu, penggunaan alat ini juga dapat membantu menghemat biaya dan energi dengan cara mengoptimalkan penggunaan lampu yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting bagi para profesional yang bekerja di bidang penerangan, interior, atau arsitektur untuk menguasai cara menggunakan lux meter digital tipe MT-30. Dengan demikian, hasil kerja dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menggunakan lux meter digital tipe MT-30 yang dapat membantu mengukur intensitas cahaya dengan akurat dan cepat. Lux meter digital ini dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti layar LCD yang menampilkan nilai pengukuran cahaya, fungsi penguncian layar, rentang otomatis pengukuran yang dapat dialihkan secara manual, fungsi power-off otomatis dalam 15 menit tanpa operasi, serta kemampuan mendeteksi baterai dan menampilkan simbol baterai lemah. Lux meter tipe MT-30 ini dapat digunakan di berbagai tempat, seperti pabrik, gudang, sekolah, kantor, rumah, konstruksi lampu jalan, laboratorium, dan sebagainya. Dengan menguasai cara menggunakan alat ini, para profesional yang bekerja di bidang penerangan, interior, atau arsitektur dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pekerjaannya.

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kepada anda, semoga bermanfaat.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×