Cara Mengetahui Rekaman Alat Ukur

oleh | Nov 3, 2022 | Kalibrasi

Mungkin temen-teman khususnya yang bekerja dalam suatu perusahaan manufakturing pernah mengalami kejadian dimana suatu produk reject, dimana parameter-parameter produk tersebut out of spect. Nah biasanya solusi yang kita sarankan adalah mengadakan telusur balik terhadap pengukuran-pengukuran dari produk tersebut. Dalam kondisi yang seperti ini maka rekaman alat ukur sangat memegang penting dalam membantu telusur balik terhadap produk tersebut. Kita bisa bayangkan jika ternyata di dalam peralatan ukur tersebut tidak ada suatu rekaman maka bisa dipastikan kita tidak bisa melacak balik terhadap produk tersebut.

Pada dasarnya semua alat ukur dan juga piranti lunak yang digunakan untuk pengujian dan atau kalibrasi harus diidentifikasi dan bila memungkinkan diberi label, kode atau cara identifikasi lainnya untuk mengidentifikasi status kalibrasi termasuk tanggal terakhir kalibrasi dan tanggal dimana harus dilakukan kalibrasi ulang. Dengan mengetahui status peralatan maka hal-hal yang tidak diinginkan seperti kasus yang saya sebutkan diatas bisa kita hindari.

Rekaman alat ukur

Rekaman alat ukur merupakan suatu identifikasi unik di setiap alatnya dan harus dipelihara untuk setiap peralatan dan piranti lunak yang mempengaruhi terhadap pengujian dan kalibrasi yang dilakukan.

Rekaman alat ukur biasanya mencakup:

  1. Indentitas peralatan itu sendiri
  2. Merk, tipe, nomor seri, dan biasanya ditambahkan nomor aset
  3. Cek kesesuaian peralatan dengan spesifikasi
  4. Lokasi / area dimana terdapat alat ukur tersebut
  5. Tanggal serta salanan laporan kalibrasi / sertifikat kalibrasi yang termutakhir
  6. Rencana perawatan yang dilakukan
  7. Kerusakan, kegagalan pemakaian, modifikasi, atau perbaikan terhadap peralatan

Meskipun terkesan rumit namun mengingat manfaat yang bisa kita dapatkan dari adanya rekaman peralatan ukur ini maka sangatlah disarankan untuk dibuat dalam suatu perusahaan.

Kesimpulan

Nah itulah tentang bagaimana caranya mengetahui Rekaman alat ukur ketika kita berada atau bekerja di sebuah perusahaan khususnya di perusahaan yang bersangkutan dengan alat lab, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×