Cara Kerja Rotary Evaporator

oleh | Feb 20, 2023 | Laboratorium

Rotary evaporator atau biasa disebut rotavap, adalah alat laboratorium yang digunakan untuk memurnikan suatu senyawa dengan cara menghilangkan pelarut atau solvent dari campuran senyawa tersebut. Alat ini sangat umum digunakan di berbagai bidang penelitian seperti kimia, farmasi, dan bioteknologi.

Rotary Evaporator
Gambar Rotary Evaporator

Cara kerjanya

Cara kerja rotary evaporator didasarkan pada prinsip evaporasi dan kondensasi. Proses evaporasi melibatkan penguapan pelarut dari campuran senyawa pada suhu rendah dan tekanan rendah. Suhu rendah digunakan untuk menghindari pengaruh suhu yang terlalu tinggi pada senyawa yang diinginkan, sedangkan tekanan rendah digunakan untuk mempercepat proses penguapan. Baca juga “Fungsi dan Macam-macam Rotary Evaporator“.

Proses evaporasi

Proses evaporasi dilakukan dengan menempatkan campuran senyawa dan pelarut di dalam labu bundar yang kemudian dipasang pada alat rotary evaporator. Kemudian, campuran senyawa dipanaskan dengan menggunakan pemanas atau oil bath hingga pelarut mulai menguap. Penguapan pelarut akan memperkecil volume campuran senyawa, sehingga konsentrasi senyawa yang diinginkan semakin tinggi.

Setelah pelarut menguap, uap yang dihasilkan kemudian akan diteruskan ke kondensor yang terdapat pada rotary evaporator. Kondensor berfungsi untuk mendinginkan uap yang berasal dari campuran senyawa dan memadatkannya kembali menjadi bentuk cairan. Cairan yang terkondensasi akan ditampung dalam wadah khusus yang biasa disebut dengan receiver flask.

Penggunaannya

Dalam penggunaannya, rotary evaporator biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pengatur suhu, kecepatan rotasi, serta pengatur tekanan vakum yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Beberapa rotary evaporator juga dilengkapi dengan fitur pengatur kecepatan rotasi yang dapat disesuaikan agar proses evaporasi dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Kesimpulannya

Kesimpulannya, rotary evaporator merupakan alat laboratorium yang penting dalam proses pemurnian senyawa. Alat ini bekerja dengan menghilangkan pelarut dari campuran senyawa melalui proses evaporasi dan kondensasi. Dalam penggunaannya, rotary evaporator dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam pemilihan alat ini, penting untuk memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Nah itulah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada artikel tentang prinsip kerja rotary evaporator ini semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×