Bagian-bagian Waterbath Laboratorium dan Fungsinya

oleh | Feb 2, 2023 | Laboratorium

Hallo sahabat Bloglab, kali ini admin akan menjelaskan tentang bagian-bagian waterbath dan juga fungsinya yang harus anda ketahui sebelum anda menggunakan alatnya, untuk itu bagi anda yang penasaran dengan topik pembahasan ini silahkan anda lihat penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

Apa itu Waterbath?

Waterbath merupakan alat yang sering digunakan di berbagai jenis laboratorium, baik di sekolah maupun di industri. Fungsinya sebagai media pemanas yang membantu menjaga suhu reaksi pada tingkat yang konstan. Dalam hal ini, waterbath memainkan peran penting dalam melakukan berbagai eksperimen dan proses produksi.

Fungsi Water Bath

Fungsi dan kegunaan dari water bath adalah sebagai berikut:

  • Sebagai instrumen yang dapat mengusahakan ruangan dalam suhu konstan (tetap)
  • Ruangan dengan suhu konstan tersebut digunakan sebagai tempat inkubasi (analisis mikrobiologi)
  • Memanaskan bahan kimia berupa sampel larutan, ekstrak simplisia, reagen dan sejenisnya
  • Proses penghancuran substrat (melebur basis)
  • Menguapkan ekstrak untuk mereaksikan satu zat di atas suhu ruangan

Bagian-bagian Waterbath dan Fungsinya

Gambar Bagian-bagian Water Bath
Gambar Bagian-bagian Water Bath

Berikut adalah bagian-bagian dari waterbath laboratorium:

1. Bagian Dinding Luar

Dinding luar adalah bagian waterbath yang berfungsi sebagai pelindung untuk menjaga suhu air dalam bath agar tetap stabil dan mencegah terjadinya kebocoran air. Dinding luar dapat dibuat dari berbagai jenis material seperti stainless steel, aluminum, atau plastik, tergantung pada jenis dan kebutuhan waterbath. Material yang tahan panas dan kuat sangat penting agar dinding luar dapat melindungi suhu air dan memastikan keselamatan operator saat menggunakan waterbath.

2. Bagian Reservoir

Reservoir adalah bagian waterbath yang berisi air. Fungsinya sebagai media pemanas yang membantu menjaga suhu reaksi pada tingkat yang konstan. Reservoir dapat diisi dengan air hingga tingkat yang dibutuhkan, dan memiliki suhu yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Hal ini membuat waterbath dapat digunakan untuk berbagai jenis eksperimen dan proses produksi, seperti eksperimen biologi, kimia, atau farmasi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa air dalam reservoir selalu dalam kondisi bersih dan tidak tercemar oleh bahan asing.

3. Bagian Pemanas

Pemanas adalah bagian waterbath yang berfungsi untuk memanaskan air dalam reservoir. Ada beberapa jenis pemanas yang digunakan, seperti pemanas elektrik dan pemanas gas. Pemanas elektrik memanfaatkan listrik untuk memanaskan air dalam reservoir, sementara pemanas gas memanfaatkan bahan bakar seperti propan atau gas alam untuk memanaskan air. Pemanas harus dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tipe waterbath, dan harus memiliki kapasitas yang cukup untuk memanaskan air dalam reservoir hingga suhu yang dibutuhkan.

Pemanas harus dipastikan bekerja dengan baik dan memiliki sistem pengaman untuk mencegah kerusakan atau kegagalan sistem. Selain itu, pemanas harus memiliki kapasitas yang cukup untuk memanaskan air dalam reservoir hingga suhu yang dibutuhkan, sehingga memastikan keberhasilan suatu eksperimen atau proses produksi.

4. Bagian Termostat

Termostat adalah bagian waterbath yang berfungsi untuk mengontrol suhu air dalam reservoir. Termostat bekerja dengan memantau suhu air dan membandingkannya dengan suhu yang ditentukan sebelumnya. Jika suhu air melampaui suhu yang ditentukan, termostat akan mengaktifkan pemanas untuk memanaskan air sampai suhu yang dibutuhkan. Sebaliknya, jika suhu air turun di bawah suhu yang ditentukan, termostat akan mematikan pemanas untuk mencegah over heating.

Termostat memastikan bahwa suhu air dalam reservoir selalu stabil dan sesuai dengan suhu yang dibutuhkan, sehingga memastikan keberhasilan suatu eksperimen atau proses produksi. Termostat juga memastikan keselamatan operator, karena memastikan bahwa suhu air tidak menjadi terlalu tinggi dan membahayakan operator. Oleh karena itu, termostat harus dipastikan bekerja dengan baik dan memiliki sistem pengaman untuk mencegah kerusakan atau kegagalan sistem.

5. Bagian Rak

Rak adalah bagian waterbath yang berfungsi sebagai tempat untuk menempatkan bahan yang akan diproses. Rak dapat dibuat dari berbagai jenis material seperti stainless steel, aluminum, atau plastik, tergantung pada jenis dan kebutuhan waterbath. Rak harus memiliki desain yang stabil dan kuat, sehingga mampu menopang berat bahan yang akan diproses.

Rak harus dipastikan memiliki desain yang memastikan bahan yang akan diproses tidak jatuh ke dalam air, sehingga memastikan bahan terlindung dari kontaminasi dan memastikan keselamatan operator. Selain itu, rak harus memiliki desain yang memastikan bahan yang akan diproses dapat diproses dengan efisien dan cepat, sehingga memastikan efisiensi proses produksi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa rak dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tipe waterbath.

Dengan mengetahui bagian-bagian waterbath di laboratorium, Anda dapat memahami cara kerja dan fungsi dari alat ini. Waterbath sangat penting bagi keberhasilan suatu eksperimen atau proses produksi, sehingga penting untuk memastikan bahwa alat ini selalu dalam kondisi yang baik dan berfungsi dengan optimal.

Dan selanjutnya disini juga admin akan menawarkan alat tersebut bagi anda yang ingin membeli waterbath silahkan lihat produknya dibawah ini.

Jual WB20 Water Bath

bagian bagian waterbath
Gambar WB20 Water Bath

WB20 Water Bath sering digunakan dalam aplikasi bakteriologi dan laboratorium sehari-hari, seperti inkubasi, tes umum, dan prosedur penelitian dan pengujian. Water bath juga memiliki banyak penggunaan dalam berbagai aplikasi, seperti kultur jaringan, studi reaksi enzim, observasi pertumbuhan, analisis fermentasi, dan berbagai aplikasi lain yang umum maupun khusus di berbagai laboratorium.

Fitur:

  • Pemanasan yang cepat dan suhu yang stabil setelah mencapai suhu yang ditentukan.
  • Akurasi suhu tinggi dengan perlindungan terhadap over heating.
  • Tutup yang tahan suhu tinggi dan tidak mudah korosi, terbuat dari 304 stainless steel.
  • Komponen elektronik yang mudah dibongkar dan mudah dipelihara, serta aman.

Spesifikasi:

DisplayLED
Temperature range [°C]Room temp.+5 ~ 80
Temperature stability at 37°C [ °C]±0.5
Temperature accuracy at 37°C[ °C]±0.3
Bath volume [L]20
Circulating pumpNo
Overheating protectionYes
Temperature sensorPT1000
Dimension[mm]667x349x357
HousingQ235 Plastic panel
Parts touch water (including lid)Stainless steel
Weight [kg]16.2
Voltage [V]220V, 50/60Hz
Heating power [W]1000
Ambient temperature[°C]+10 ~ 40
Ambient humidity [% RH]<80

Harga:

Untuk yang ingin membeli alat tersebut dan ingin mengertahui harga WB20 Water Bath diatas silahkan klik tombol dibawah ini.

Kesimpulan

Nah itulah tentang bagian-bagian waterbath yang dapat admin sampaikan kepada anda, dan mudah-mudahan dapat menjadi bahan referensi bagi anda yang sedang menacari dan ingin membeli alat waterbath tersebut. Mungkin cukup sekian pembahasan yang dapat admin sampaikan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×