Apa itu Permalink?

oleh | Feb 29, 2024 | Website

Permalink adalah singkatan dari permanent link, yaitu alamat URL yang diberikan untuk setiap halaman atau postingan pada sebuah website. Permalink bersifat tetap dan tidak berubah, sehingga memudahkan pengguna atau mesin pencari untuk mengakses konten website. Permalink juga berperan penting untuk SEO, yaitu optimasi website agar mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian Google.

Contoh Permalink

Misalnya, Anda memiliki website dengan nama domain www.domainanda.com. Ketika Anda membuat halaman baru dengan judul “Cara Mengubah Permalink di WordPress”, maka Anda akan mendapatkan permalink seperti ini:

www.bloglab.id/cara-mengubah-permalink-di-wordoress/

Permalink ini terdiri dari dua bagian, yaitu nama domain dan slug halaman. Slug halaman adalah bagian akhir dari permalink yang menjelaskan isi dari halaman tersebut. Slug halaman sebaiknya mengandung kata kunci yang relevan dan mudah dibaca oleh pengguna atau mesin pencari.

Fungsi Permalink

Permalink memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Memudahkan pengguna untuk mengingat dan mengetikkan alamat website yang ingin dikunjungi.
  • Membantu mesin pencari untuk mengenali dan mengindeks konten website dengan lebih baik.
  • Meningkatkan SEO website dengan menggunakan kata kunci yang tepat dan relevan pada permalink.
  • Membuat struktur website yang rapi dan logis dengan menggunakan hierarki halaman yang jelas.
  • Membangun kredibilitas dan kepercayaan website dengan menunjukkan konten yang berkualitas dan sesuai dengan topik.

Cara Membuat Permalink yang Baik

Untuk membuat permalink yang baik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, antara lain:

  • Gunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan isi halaman atau postingan. Hindari menggunakan kata-kata yang tidak penting atau terlalu umum, seperti “halaman-1” atau “artikel-123”.
  • Buat permalink yang singkat dan mudah dibaca. Hindari menggunakan karakter yang tidak diperlukan, seperti tanda baca, angka, atau huruf besar. Gunakan tanda hubung (-) untuk memisahkan kata-kata pada permalink.
  • Pastikan permalink tidak ada yang sama atau duplikat dengan halaman atau postingan lain. Jika terjadi duplikat, Anda bisa menambahkan angka atau kata tambahan pada akhir permalink untuk membedakannya.
  • Gunakan protokol HTTPS yang aman dan terenkripsi untuk permalink. HTTPS akan melindungi website Anda dari serangan hacker atau malware yang bisa merusak konten atau reputasi website Anda.
  • Sesuaikan permalink dengan platform atau CMS yang Anda gunakan. Setiap platform atau CMS memiliki cara yang berbeda untuk membuat atau mengubah permalink. Anda bisa memilih format permalink yang sesuai dengan preferensi Anda, seperti plain, day and name, month and name, numeric, post name, atau custom.

Demikian artikel yang saya buat dari judul “Apa itu Permalink?”. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif untuk Anda.

Jika anda membutuhkan jasa pembuatan website profesional dengan harga yang terjangkau dan pengerjaan yang cepat segera hubungi kami sekarang juga untuk info lebih lanjut dan jelaskan kebutuhan website anda kepada kami.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×