Ads.txt Google Adsense: Pengertian, Fungsi, dan Cara Memasangnya

oleh | Agu 31, 2023 | Google Adsense

Dalam dunia periklanan online, Ads.txt Google Adsense menjadi salah satu hal yang penting untuk dipahami oleh para penerbit. Ads.txt membantu melindungi penerbit dari penipuan iklan dan memastikan bahwa iklan yang ditampilkan di situs web mereka berasal dari penjual iklan yang sah. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas pengertian, fungsi, dan cara memasang Ads.txt Google Adsense. Baca juga artikel tentang “Cara Mengisi Formulir Info Pajak Google AdSense Terbaru“.

Pengertian Ads.txt Google Adsense

Ads.txt adalah singkatan dari Authorized Digital Sellers. Ini adalah file teks yang ditempatkan di situs web penerbit untuk memberikan informasi tentang penjual iklan yang sah yang diizinkan untuk menjual inventaris iklan di situs tersebut. Ads.txt membantu melindungi penerbit dari penipuan iklan dan memastikan bahwa iklan yang ditampilkan di situs web mereka berasal dari penjual iklan yang sah. Baca juga “Apa itu Google Adsense? Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya“.

Fungsi Ads.txt Google Adsense

Ads.txt Google Adsense memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  1. Melindungi penerbit: Ads.txt membantu melindungi penerbit dari penipuan iklan dengan memastikan bahwa iklan yang ditampilkan di situs web mereka berasal dari penjual iklan yang sah.
  2. Meningkatkan kepercayaan: Dengan menggunakan Ads.txt, penerbit dapat meningkatkan kepercayaan pengiklan karena mereka tahu bahwa iklan mereka akan ditampilkan di situs web yang sah.
  3. Meningkatkan pendapatan: Dengan menggunakan Ads.txt, penerbit dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan menarik pengiklan yang lebih banyak dan berkualitas.

Cara Memasang Ads.txt Google Adsense

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang Ads.txt Google Adsense:

  1. Buat file Ads.txt: Buat file teks dengan nama “ads.txt” di direktori root situs web Anda.
  2. Tambahkan informasi penjual iklan: Buka file ads.txt dan tambahkan informasi tentang penjual iklan yang sah yang diizinkan untuk menjual inventaris iklan di situs Anda. Informasi ini biasanya diberikan oleh Google Adsense.
  3. Simpan dan unggah: Simpan perubahan pada file ads.txt dan unggah ke direktori root situs web Anda.
  4. Verifikasi: Verifikasi bahwa file ads.txt telah berhasil diunggah dengan mengunjungi “https://namadomainanda.com/ads.txt” di browser web. Pastikan file tersebut dapat diakses dan berisi informasi yang benar.

Cara memasang Ads.txt di Blogger

Untuk langkah-langgahnya silahkan ikuti berikut ini:

  1. Pertama-tama silahkan anda login ke akun Google Adsense.
  2. Pergi ke menu “Situs” dan perhatikan di samping kanan pada status ads.txt silahkan cari website mana yang belum anda pasang ads.txt tersebut.
  3. Jika terdapat keterangan “Tidak ditemukan” berarti website anda belum memasang ads.txt
  1. Selanjutnya silahkan klik website yang ingin dipasang ads.txt tersebut sehingga akan muncul tampilan source code ads.txt yang harus anda pasangkan, contohnya seperti gambar berikut
  1. Silahkan anda salin kode ads.txt tersebut
  2. Untuk memasangnya ads.txt di blogger silahkan anda buka akun blogger anda di blogger.com
  3. Lalu pergi ke menu “Pengaturan” pada blogger anda lalu scrol kebawah dan cari “Monetisasi” silhakan klik icon aktifkan.
  1. Selanjutnya akan muncup popup dan pastekan kode ads.txt yang tadi anda salin lalu klik “Simpan”
  1. Selesai pemasangan ads.txt di blogger, selanjutnya tinggal menunggu update dari google.

Cara memasang Ads.txt di WordPress

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Silahkan anda ikuti langkah-langkah 1-5 yang sama seperti pada langkah pemasangan ads.txt di Blogger
  2. Silahkan login ke server atau Cpanel anda.
  3. Pergi ke menu “File Manager” pada Cpanel
  1. Silahkan pergi ke directory utama website anda
  2. Silahlan buat file baru dengan extensi “ads.txt”
  1. Setelah anda membuat filenya silahkan edit file yang barusan dibuat klik kanan lalu “edit”
  2. Pastekan kode ads.txt di file yang barusan anda buat dan klik “simpan”.
  1. Selelsai, proses pemasangan ads.txt di WP sudah berhasil.

Dengan memasang Ads.txt Google Adsense, Anda dapat melindungi diri dari penipuan iklan dan meningkatkan kepercayaan pengiklan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan Anda sebagai penerbit. Baca juga “Cara Mengaktifkan Pesan GDPR di Google Adsense“.

Dengan memasang Ads.txt Google Adsense, Anda dapat melindungi diri dari penipuan iklan dan meningkatkan kepercayaan pengiklan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan Anda sebagai penerbit. Oleh karena itu, pastikan untuk memasang Ads.txt Google Adsense di situs web Anda dan memastikan informasi yang terdapat di dalamnya selalu diperbarui.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) mengenai Ads.txt Google Adsense

1. Apa itu Ads.txt Google Adsense?

Ads.txt Google Adsense adalah file teks yang ditempatkan di situs web penerbit untuk memberikan informasi tentang penjual iklan yang sah yang diizinkan untuk menjual inventaris iklan di situs tersebut.

2. Apa fungsi dari Ads.txt Google Adsense?

Fungsi Ads.txt Google Adsense adalah melindungi penerbit dari penipuan iklan dengan memastikan bahwa iklan yang ditampilkan di situs web mereka berasal dari penjual iklan yang sah. Ads.txt juga meningkatkan kepercayaan pengiklan dan dapat meningkatkan pendapatan penerbit.

3. Bagaimana cara memasang Ads.txt Google Adsense di situs web?

Cara memasang Ads.txt Google Adsense di situs web adalah dengan membuat file teks dengan nama “ads.txt” di direktori root situs web Anda. Kemudian, tambahkan informasi tentang penjual iklan yang sah yang diizinkan untuk menjual inventaris iklan di situs Anda. Simpan dan unggah file ads.txt tersebut ke direktori root situs web Anda.

4. Apa manfaat dari memasang Ads.txt Google Adsense?

Manfaat dari memasang Ads.txt Google Adsense adalah melindungi diri dari penipuan iklan, meningkatkan kepercayaan pengiklan, dan dapat meningkatkan pendapatan sebagai penerbit.

5. Apakah Ads.txt Google Adsense dapat meningkatkan pendapatan sebagai penerbit?

Ya, dengan memasang Ads.txt Google Adsense, penerbit dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan menarik pengiklan yang lebih banyak dan berkualitas.

Jika anda belum mempunyai blog atau website silahkan hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut tentang jasa pembuatan website yang kami tawarkan kepada anda.


Sumber artikel:

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×