Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

oleh | Mei 8, 2023 | Biologi

Jika Anda sedang belajar tentang biologi, pasti tidak asing dengan sel hewan dan sel tumbuhan. Kedua jenis sel ini memiliki perbedaan yang sangat penting dalam struktur dan fungsi, meskipun keduanya memiliki kesamaan dalam beberapa aspek.

Sel Hewan

Sel hewan adalah unit struktural dan fungsional terkecil dari organisme hewan. Setiap sel memiliki membran sel yang melindungi isi sel dari lingkungan eksternal, serta berbagai organel di dalamnya yang memiliki fungsi khusus seperti mitokondria untuk produksi energi dan nukleus yang mengatur aktivitas sel. Sel hewan juga memiliki kemampuan untuk mereplikasi diri dan beradaptasi dengan lingkungan.

Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan adalah unit terkecil struktural dan fungsional dari tumbuhan yang dapat melakukan semua aktivitas penting seperti metabolisme, reproduksi, dan pertumbuhan. Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa yang memberikan kekuatan dan bentuk pada sel tersebut. Sel tumbuhan juga memiliki organel-organel yang sama dengan sel hewan seperti nukleus, mitokondria, dan kloroplas. Kloroplas merupakan organel khusus pada sel tumbuhan yang bertanggung jawab dalam fotosintesis dan menghasilkan makanan bagi tumbuhan. Untuk melihat apa perbedaan dari ketua SEL tersebut anda bisa membaca artikel berikut ini “Perbedaan Struktur Sel Tumbuhan dan Hewan“.

Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel hewan dan sel tumbuhan adalah sel eukariotik, yang berarti keduanya memiliki inti sel dan organel yang memisahkan fungsi selular. Sel hewan dan sel tumbuhan juga memiliki beberapa kemiripan dalam struktur dan fungsi organel, seperti mitokondria, retikulum endoplasma, dan ribosom.

Namun, ada beberapa perbedaan yang sangat penting antara sel hewan dan sel tumbuhan yang perlu diketahui. Mari kita lihat tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan untuk memahami perbedaan ini secara lebih detail.

Tabel Perbedaan

Lalu apa saja perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan? Nah berikut akan dijelaskan dalam bentuk tabel perbedaan antara Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan dibawah ini:

PerbedaanSel HewanSel Tumbuhan
Dinding SelTidak memilikiMemiliki dinding sel
Bentuk SelTidak teraturTetap dan bervariasi
KloroplasTidak memilikiAda (dapat fotosintesis)
VakuolaAda, tetapi kecilAda, besar dan bervariasi
Fungsi utamaMenjaga bentuk sel dan memperoleh nutrisiFotosintesis dan menjaga bentuk sel

Perbedaan Strukturnya

Berikut ini adalah beberapa perbedaan struktur dan fungsi Sel Hewan dan Sel Tumbuhan diantaranya:

Dinding Sel

Salah satu perbedaan utama antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah bahwa sel tumbuhan memiliki dinding sel, sementara sel hewan tidak. Dinding sel tumbuhan terbuat dari selulosa dan lignin, yang memberikan sel tumbuhan bentuk yang tetap dan membantu melindungi sel dari kerusakan fisik.

Bentuk Sel

Sel hewan biasanya tidak memiliki bentuk yang teratur, sementara sel tumbuhan cenderung lebih tetap dan bervariasi dalam bentuk. Hal ini disebabkan oleh dinding sel tumbuhan yang memberikan bentuk dan dukungan pada sel.

Kloroplas

Kloroplas adalah organel yang terdapat pada sel tumbuhan, tetapi tidak ada pada sel hewan. Kloroplas berperan penting dalam fotosintesis, yaitu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang menggunakan energi dari matahari.

Vakuola

Vakuola adalah organel yang terdapat pada kedua jenis sel, tetapi lebih besar dan bervariasi pada sel tumbuhan. Vakuola pada sel tumbuhan berfungsi sebagai penyimpanan air dan nutrisi, serta memberikan dukungan pada sel tumbuhan.

Fungsi Utama

Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan struktur dan fungsi yang sangat penting, dan ini sangat berpengaruh pada kehidupan di bumi. Mari kita bahas lebih lanjut tentang perbedaan dan fungsi masing-masing.

Perbedaan Fungsinya

Berikut adalah beberapa perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dilihat dari fungsinya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Sel Hewan

Sel hewan memiliki beberapa fungsi utama, diantaranya adalah:

  • Memperoleh nutrisi: Sel hewan mengambil nutrisi dari makanan yang dikonsumsi melalui proses pencernaan.
  • Mengeluarkan limbah: Sel hewan mengeluarkan limbah melalui proses ekskresi.
  • Pergerakan: Beberapa jenis sel hewan, seperti sel otot, berperan penting dalam gerakan tubuh.

Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan juga memiliki beberapa fungsi utama, diantaranya adalah:

  • Fotosintesis: Sel tumbuhan melakukan proses fotosintesis untuk membuat makanan dan menghasilkan oksigen.
  • Penyimpanan nutrisi: Vakuola pada sel tumbuhan berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan nutrisi.
  • Menjaga bentuk sel: Dinding sel pada sel tumbuhan memberikan bentuk dan dukungan pada sel.

Kesimpulan

Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan yang sangat penting dalam struktur dan fungsi. Perbedaan-perbedaan ini sangat berpengaruh pada kehidupan di bumi, karena masing-masing jenis sel memiliki peran yang berbeda dalam ekosistem. Dengan memahami perbedaan dan fungsi masing-masing, kita dapat lebih memahami dan menghargai kehidupan di sekitar kita.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×