Pengertian Web Page dan Manfaatnya

oleh | Agu 13, 2023 | Website

Web page adalah salah satu istilah yang sering kita dengar dalam dunia internet. Namun, apakah Anda tahu apa itu web page dan apa manfaatnya? Artikel ini akan menjelaskan pengertian, fungsi, dan contoh web page secara lengkap.

Apa Itu Web Page?

Pengertian web page adalah suatu halaman yang ditampilkan pada suatu website di internet, web page dapat menampilkan tulisan atau teks, gambar, video, dan suara. Halaman web page jika diibaratkan seperti sebuah halaman yang ada dalam buku. Web page digunakan untuk menunjukkan suatu halaman website.

Web page dapat diakses dengan menggunakan Uniform Resource Locators (URL), yaitu alamat unik yang menunjukkan lokasi web page di internet. Masing-masing web page memiliki URL yang berbeda-beda.

Web page dibuat dengan menggunakan suatu format standar HTML (Hypertext Mark-up Language), yaitu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat struktur dan tampilan web page. Dokumen HTML tersebut tersimpan dalam sebuah server atau hosting, yaitu tempat penyimpanan data di internet. Kemudian, untuk menampilkan web page tersebut, bisa dengan menggunakan web browser, yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet.

Apa Manfaat Web Page?

Web page memiliki banyak manfaat, baik bagi pengunjung maupun pemilik website. Berikut ini adalah beberapa manfaat web page:

  • Web page dapat menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung, misalnya tentang produk, jasa, berita, edukasi, hiburan, dan lain-lain. Informasi tersebut dapat disajikan dalam bentuk teks, gambar, video, atau audio.
  • Web page dapat meningkatkan branding bisnis bagi pemilik website, karena web page dapat menunjukkan identitas dan citra perusahaan atau organisasi. Web page juga dapat menampilkan portofolio atau prestasi yang telah dicapai oleh perusahaan atau organisasi.
  • Web page dapat memfasilitasi penjualan produk atau jasa secara online bagi pemilik website, karena web page dapat menampilkan katalog produk atau jasa yang ditawarkan, serta fitur pemesanan dan pembayaran online.
  • Web page dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan bagi pemilik website, karena web page dapat menyediakan fitur interaktif seperti form kontak, komentar, atau chatting. Fitur ini dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung dan mendapatkan feedback dari mereka.
  • Web page dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan bagi pemilik website, karena web page dapat menampilkan testimoni atau ulasan dari pelanggan yang puas dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Web page juga dapat menampilkan sertifikat atau lisensi yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi.

Perbedaan Web Page dengan Website

Web page dan website adalah dua istilah yang sering digunakan dalam dunia internet, namun memiliki arti yang berbeda. Secara sederhana, web page adalah halaman tunggal yang berisi informasi tertentu, sedangkan website adalah kumpulan dari banyak web page yang terhubung bersama di bawah satu alamat atau domain.

Perbedaan web page dan website dapat dilihat dari beberapa aspek, antara lain:

  • Pengertian. Web page adalah dokumen yang ditampilkan dalam bentuk online di dalam website, yang dapat berisi teks, gambar, video, atau audio. Web page dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML. Website adalah sekumpulan web page yang terdiri dari berbagai elemen seperti teks, gambar, video, dan fitur interaktif lainnya. Website biasanya dibuat untuk tujuan tertentu, seperti untuk bisnis, personal, atau edukasi.
  • Konten. Web page hanya memiliki satu jenis konten atau informasi yang spesifik dan detail tentang suatu topik atau produk tertentu. Web page juga biasanya memiliki URL sendiri, namun tetap terhubung ke domain utama. Website dapat memiliki beberapa jenis konten dan fitur yang berbeda pada setiap web page-nya, sesuai dengan tujuan dan tema website tersebut. Website juga memiliki domain sendiri, yang dapat diakses dengan URL tertentu.
  • Jumlah. Web page hanya terdiri dari satu halaman web saja, sedangkan website terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait. Jumlah web page dalam sebuah website bisa bervariasi, tergantung dari ukuran dan kompleksitas website tersebut.

Kesimpulan

Web page adalah halaman yang ditampilkan pada website di internet, yang dapat menampilkan berbagai macam konten seperti teks, gambar, video, dan audio. Web page memiliki banyak manfaat, seperti menyediakan informasi, meningkatkan branding bisnis, memfasilitasi penjualan online, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Web page dibuat dengan menggunakan HTML dan diakses dengan menggunakan URL dan web browser.

Bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan website dan mendapatkan gratis optimasi SEO silahkan hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×