Pengertian UI/UX, Fungsi, dan Cara Kerjanya

oleh | Jul 10, 2023 | Website

UI/UX adalah dua istilah yang sering digunakan dalam bidang desain produk digital, seperti website atau aplikasi. UI/UX memiliki peran penting dalam menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan pengguna. Namun, apa sebenarnya pengertian UI/UX? Apa fungsi dan cara kerjanya? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara lengkap dan informatif.

Pengertian UI dan UX

pengertian ui ux

UI adalah singkatan dari User Interface, yang berarti tampilan antarmuka dari sebuah produk digital. UI bertugas sebagai penghubung antara produk dan pengguna untuk saling berinteraksi. UI mencakup semua elemen visual yang terlihat oleh pengguna, seperti tombol, ikon, warna, tipografi, layout, animasi, dan lain-lain. UI harus dirancang dengan baik agar mudah digunakan, menarik, dan konsisten.

UX adalah singkatan dari User Experience, yang berarti pengalaman pengguna saat menggunakan sebuah produk digital. UX bertujuan untuk menciptakan produk yang memiliki nilai bagi pengguna dan memberikan kepuasan serta kenyamanan saat digunakan. UX mencakup semua aspek yang berhubungan dengan pengguna, seperti struktur desain, fitur produk, navigasi produk, konten produk, dan interaksi dengan pengguna lainnya. UX harus dirancang dengan memahami kebutuhan, harapan, dan masalah pengguna.

Fungsi UI/UX

pengertian ui ux

UI/UX memiliki beberapa fungsi utama dalam desain produk digital, antara lain:

  • Menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. UI/UX berfokus pada pengguna sebagai pusat desain dan mengembangkan produk yang dapat memecahkan masalah atau memenuhi tujuan pengguna. Produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna tentu akan lebih diminati dan dipercaya.
  • Meningkatkan angka penjualan atau konversi. UI/UX dapat membantu meningkatkan angka penjualan atau konversi dari sebuah produk digital dengan cara meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pengguna. UI/UX dapat membuat pengguna merasa nyaman, mudah, dan senang saat menggunakan produk sehingga mereka lebih mungkin untuk melakukan pembelian atau tindakan lain yang diinginkan oleh pemilik produk.
  • Meningkatkan kepuasan dan reputasi produk. UI/UX dapat meningkatkan kepuasan dan reputasi produk dengan cara menciptakan desain yang profesional, estetis, dan berkualitas. UI/UX juga dapat membuat pengguna merasa dihargai dan dihormati dengan memberikan feedback yang positif dan responsif. Produk yang memiliki kepuasan dan reputasi tinggi akan lebih mudah mendapatkan rekomendasi atau ulasan positif dari pengguna.

Cara Kerja UI UX

pengertian ui ux

UI/UX memiliki cara kerja yang berbeda-beda tergantung pada tahapan desain produk digital. Secara umum, cara kerja UI/UX dapat dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu:

  • Penelitian pengguna. Tahap ini dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang pengguna potensial atau target dari produk digital. Penelitian ini dapat meliputi metode kuantitatif maupun kualitatif, seperti survei, wawancara, observasi, analisis data, persona, journey map, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami siapa pengguna, apa kebutuhan mereka, apa masalah mereka, apa harapan mereka, dan bagaimana perilaku mereka.
  • Ideasi desain. Tahap ini dilakukan untuk menghasilkan ide-ide kreatif untuk desain produk digital berdasarkan hasil penelitian pengguna. Ideasi ini dapat meliputi brainstorming, sketsa, wireframe, prototype, mood board, storyboard, dan lain-lain. Tujuan dari ideasi ini adalah untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan solusi untuk memecahkan masalah atau memenuhi tujuan pengguna.
  • Evaluasi desain. Tahap ini dilakukan untuk menguji dan mengevaluasi desain produk digital yang telah dibuat sebelumnya. Evaluasi ini dapat meliputi metode pengujian yang melibatkan pengguna, seperti usability testing, user feedback, A/B testing, dan lain-lain. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengukur seberapa baik desain produk dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan pengguna, serta untuk menemukan kekurangan atau kesalahan yang perlu diperbaiki.
  • Implementasi desain. Tahap ini dilakukan untuk merealisasikan desain produk digital menjadi produk yang siap digunakan oleh pengguna. Implementasi ini dapat meliputi proses pengembangan teknis, seperti coding, debugging, testing, deployment, dan lain-lain. Tujuan dari implementasi ini adalah untuk memastikan bahwa produk berfungsi dengan baik sesuai dengan desain yang telah dibuat sebelumnya.

Kesimpulan

UI/UX adalah dua istilah yang berhubungan dengan desain produk digital, seperti website atau aplikasi. UI adalah tampilan antarmuka dari sebuah produk digital yang bertugas sebagai penghubung antara produk dan pengguna. UX adalah pengalaman pengguna saat menggunakan sebuah produk digital yang bertujuan untuk menciptakan produk yang memiliki nilai bagi pengguna. UI/UX memiliki fungsi untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan pengguna, meningkatkan angka penjualan atau konversi, dan meningkatkan kepuasan dan reputasi produk. UI/UX memiliki cara kerja yang berbeda-beda tergantung pada tahapan desain produk digital, yaitu penelitian pengguna, ideasi desain, evaluasi desain, dan implementasi desain.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: