Pengertian Larutan Di Dalam Lab Farmasi

oleh | Sep 28, 2022 | Farmasi

Larutan adalah sediaancair yang mengandungsatu atau lebih zat kimia terlarut, misal : terdispersi secara molekuler dalam pelarut yang sesuai atau campuran pelarut yang saling bercampur, (FI Ed IV).

Bentuk sediaan larutan digolongkan menurut cara pemberiannya. Misalnya larutan oral, Larutan topikal, atau penggolongan didasarkan pada sistem pelarut dan zat terlarut seperti soirit, tingtur, dan larutan air.

Larutan Oral

Larutan oral adalah sediaan cair yang dibuat untuk pemberian oral, yang mengandung satu atau lebih zat dengan atau tanpa bahan pengaroma, pemanis atau pewarna yang larut dalam air atau campuran kosolven-air.

Sediaan zat padat atau campuran zat padat yang harus dilarutkan dalam pelarut sebelum diberikan secara oral disebut “untuk larutan oral”. Misalnya kalium klorida untuk larutan oral”.

Larutan Topikal

Larutan Topikal adalah larutan yang biasa mengandung air tetapi seringkali mengandung pelarut lain, seperti etanol dan poliol, istilah Latiol adalah larutan atau suspensi yang digunakan secara topikal.

Larutan Otik

Larutan Otik adalah larutan yang mengandung air atau gliserin atau pelarut lain dan bahan pendispesi, untuk penggunaan dalam telinga luar.

Spirit

Spirit adalah larutan yang mengandung etanol atau hidroalkohol dari zat mudah menguap, umumnya merupakan larutan tunggal atau campuran bahan.

Tingtur

Tingtur adalah larutan yang mengandung etanol atau hidroalkohol dibuat dari bahan tumbuhan atau senyawa kimia.

Larutan menurut BP 2002 dapat dibagi menjadi dua cariran oral dan larutan oral yang mana penjelasan kedua tersebut adalah sebagai berikut:

1. Cairan Oral

Cairan oral adalah sedian cair yang biasanya merupakan larutan. Suspendi atau emulsi dengan suatu zat atau lebih zat aktif didalam pembawa yang cocok.

Cairan oral ini dapat mengandung bahan-bahan pembantu termasuk pengawet anti mikroba, anti oksidan, bahan pendispersi, bahan pensuspensi, bahan pengemulsi, bahan penstabil, bahan pengikat viskositas, bahan peningkat kelarutan, buffer, bahan penambah rasa, bahan pewarna dan bahan pemanis. Pembawa untuk partikel cai9ran oral seharusnya dipilih yang baik untuk zat aktif atau bahan-bahan lain sehingga memiliki karakteristik organoleptik yang cocok digunakan dalam ediaan dengan tujuan penggunaan.

Cairan oral dapat diencerkan hanya jika pelarut direkomendasikan oleh konsumen pembuatannya. Di dalam kasus di mana cairan oral berbentuk ganul atau serbuk, maka sediaan harus dilengkapi dengan sediaan lain sehingga pelarut. Cairan oral yang dicairkan digunakan lagi. eperti diterangkan dalam masing-masing monografi, pengenceran dalam cairan oral harus seslu disediakan segar, terlepas dari sifat pelarut yang digunakan. Jika tidak ada pernyataan lain dalam masing-masing monografi, pengenceran cairan oral ini harus segar, kecuali pelarut megandung pengawet anti mikroba yang cocok. Sedian cairan oral yang dicairkan memiliki stabilitas fisik dan kima yang lebih kecil dari sediaan cairal oral yang sama tidak dicairkan.

2. Larutan oral

Larutan oral adalah cairan oral yang mengandung suatu atau lebih zat terlarut dalam pembawa yang cocok.

Sirup tidak mengandung zat aktif., bukan merupakan suatu bentuk sediaan, tetapi atau zat pembawa karena rasa dan sifat manisnya. Sebaiknya dibuat segar kecuali apabila ditambahkan zat pengawet.

Sirup adalah larutan oral yang mengandung sukrosa, atau gula, dengan kadar tinggi. Larutan sukrosa hampir jenuh dalam air dikenal sebagai sirup atausirup simpleks.

Pembuatan sirup:

Kecuali dikatakan lain, sirup dibuat sebagai berikut.

Buat cairan untuk sirup, panaskan, tambahkan gula, juka perlu didihkan hingga larut. Tambahkan air mendiidih secukupnya hingga diperoleh bobot yang dikehendaki, buang busa yang terjadi, sekai. Beberapa hal yang pelu diperhatikan dalam sediaan larutan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kelarutan zat aktif
  • Kestabilan zat atktif dalam larutan
  • Dosis takaran
  • Penyimoanan
Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×