Pengertian dan Fungsi Tabung Durham

oleh | Feb 21, 2023 | Biologi

Tabung Durham mungkin belum familiar di telinga banyak orang, namun alat ini memiliki peranan penting dalam menguji keberadaan bakteri asetogenik dan sulfat-reduksi dalam air tanah atau air permukaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pengertian dan fungsi dari Tabung Durham.

Tabung Durham
Gambar Tabung Durham

Pengertuan Tabung Durham

Tabung Durham adalah sebuah tabung yang digunakan dalam proses pengujian mikrobiologi untuk mendeteksi keberadaan bakteri asetogenik dan sulfat-reduksi dalam air tanah atau air permukaan. Tabung ini dinamakan sesuai dengan nama penemunya, W.E. Durham. Tabung Durham terdiri dari sebuah tabung uji transparan yang berisi medium khusus untuk menumbuhkan bakteri-bakteri tersebut, serta sebuah tutup yang dapat dilepas untuk memudahkan pengisian sampel. Baca juga artikel “Daftar Alat-alat Laboratorium Mikrobiologi dan Fungsinya“.

Fungsi Tabung Durham

Fungsi utama dari Tabung Durham adalah sebagai alat uji untuk mendeteksi adanya bakteri asetogenik dan sulfat-reduksi dalam air tanah atau air permukaan. Bakteri asetogenik adalah jenis bakteri yang mampu mengubah senyawa organik menjadi asam-asam organik, sedangkan sulfat-reduksi adalah proses biokimia yang mengubah senyawa sulfat menjadi senyawa sulfida. Kedua jenis bakteri ini dapat hadir dalam air tanah atau air permukaan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan dan lingkungan.

Penggunaan Tabung Durham

Dalam penggunaannya, Tabung Durham diisi dengan medium khusus yang mengandung senyawa-senyawa yang dibutuhkan oleh bakteri asetogenik dan sulfat-reduksi untuk dapat tumbuh. Setelah itu, sampel air tanah atau air permukaan ditambahkan ke dalam tabung tersebut, lalu tabung ditutup rapat dan diletakkan dalam posisi tegak selama beberapa waktu. Jika terdapat bakteri asetogenik atau sulfat-reduksi dalam sampel, maka bakteri tersebut akan tumbuh dan menghasilkan gas yang akan terakumulasi di bagian atas tabung. Gas yang terakumulasi tersebut dapat diamati dan diidentifikasi, sehingga dapat diketahui adanya bakteri tersebut.

Penggunaan Tabung Durham sangat penting dalam industri pengolahan air, pertanian, dan lingkungan hidup. Dengan adanya alat ini, para ahli dapat dengan cepat mendeteksi keberadaan bakteri asetogenik dan sulfat-reduksi dalam air, sehingga dapat diambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, Tabung Durham juga dapat digunakan dalam penelitian dan pengembangan mikrobiologi untuk mengkaji potensi mikroorganisme dalam proses bioteknologi.

Harga Tabung Durham

Harga Tabung Durham dapat bervariasi tergantung pada produsen, negara tempat membeli, dan jumlah yang dibeli. Sebagai referensi, harga Tabung Durham biasanya berkisar antara beberapa dolar hingga beberapa puluhan dolar per paket, tergantung pada merek dan model yang dibeli. Namun, pastikan untuk memeriksa harga yang akurat dengan produsen atau penjual yang bersangkutan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Tabung Durham adalah alat uji penting yang dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan bakteri asetogenik dan sulfat-reduksi dalam air tanah atau air permukaan. Dalam bidang industri pengolahan air, pertanian, dan lingkungan hidup, penggunaan Tabung Durham sangat penting untuk memastikan kualitas air yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Dengan penggunaan Tabung Durham, para ahli dapat lebih mudah dan cepat dalam mendeteksi keberadaan bakteri asetogenik dan sulfat-reduksi dalam air. Hal ini sangat penting untuk menjaga kualitas air yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Dengan demikian, Tabung Durham dapat memberikan kontribusi positif dalam bidang industri pengolahan air, pertanian, dan lingkungan hidup. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pengertian dan fungsi dari Tabung Durham.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/sitirohmah/" target="_self">Siti Rohmah</a>

Siti Rohmah

Content Creator

Saya adalah seorang penulis dan social media management specialist yang bergerak dibidang ini sejak tahun 2021 sampai sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×