Pengertian Dan Fungsi Botol Timbang (Weighing Bottle)

oleh | Des 12, 2022 | Laboratorium

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengenalan alat-alat laboratorium yaitu alatnya yang bernama Botol Timbang (Weighing Bottle). Mungkin dari sebagian dari anda belum mengetahui apa itu Botol Timbang dan apa fungsi kegunaan Botol Timbang tersebut. Maka dari itu silahkan baca berikut ini pembahasannya secara lengkap.

Botol Timbang (Weighing Bottle)

Botol timbang adalah sebuah alat yang digunakan untuk menimbang zat cair atau gas dengan mengukur perubahan berat botol ketika zat tersebut dimasukkan ke dalamnya. Botol timbang biasanya terbuat dari material yang transparan seperti kaca atau plastik, sehingga dapat dilihat jumlah zat yang dimasukkan ke dalam botol. Botol timbang juga dilengkapi dengan skala yang dapat digunakan untuk mengukur perubahan berat botol dengan tepat. Botol timbang sering digunakan dalam laboratorium untuk mengukur jumlah zat cair atau gas yang akan diolah atau diuji lebih lanjut.

Gambar Botol Timbang (Weighing Bottle)
Gambar Botol Timbang (Weighing Bottle)

Fungi Botol Timbang

Fungsi dari botol timbang atau Weighing Bottle adalah untuk menimbang zat cair atau gas dengan mengukur perubahan berat botol ketika zat tersebut dimasukkan ke dalamnya. Ini memungkinkan untuk mengukur jumlah zat yang tepat dengan akurasi yang tinggi. Botol timbang juga dapat digunakan untuk mengukur perubahan berat zat cair atau gas selama proses pengolahan atau reaksi kimia, sehingga dapat membantu dalam menentukan hasil akhir dari proses tersebut. Botol timbang juga dapat digunakan dalam penelitian ilmiah untuk mengukur jumlah zat cair atau gas yang akan diolah atau diuji lebih lanjut.

Cara merawat Botol Timbang

Untuk merawat botol timbang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah:

  1. Bersihkan botol timbang secara rutin dengan menggunakan air dan sabun atau deterjen yang lembut. Pastikan untuk menghilangkan sisa-sisa zat yang mungkin tertinggal di dalam botol, karena zat tersebut dapat mengganggu hasil pengukuran.
  2. Keringkan botol timbang dengan hati-hati setelah dibersihkan, khususnya bagian dalam botol yang dapat menampung zat. Pastikan tidak ada air yang tertinggal di dalam botol, karena air dapat mengganggu hasil pengukuran.
  3. Simpan botol timbang di tempat yang kering dan bersih, jauh dari sumber panas atau sinar matahari langsung. Pastikan botol tidak tercecer atau terjatuh, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada botol timbang.
  4. Hindari menggunakan botol timbang untuk mengukur zat yang dapat merusak material botol, seperti zat korosif atau zat berbahaya lainnya. Jika perlu mengukur zat tersebut, gunakan botol timbang yang terbuat dari material yang tahan terhadap zat tersebut.
  5. Periksa kembali skala pada botol timbang secara rutin untuk memastikan akurasi pengukuran. Jika skala terlihat kurang tepat, segera perbaiki atau ganti skala tersebut agar dapat menghasilkan pengukuran yang akurat.

Cara menggunakan Botol Timbang

Untuk menggunakan botol timbang, pertama-tama pastikan bahwa botol timbang sudah dibersihkan dan kering. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Buka tutup botol timbang dan letakkan botol timbang di atas neraca. Pastikan neraca dalam keadaan stabil dan tidak goyah.
  2. Baca skala pada botol timbang dan catat berat awal botol timbang. Biasanya, skala botol timbang menggunakan satuan miligram (mg) atau gram (g).
  3. Masukkan zat yang ingin Anda timbang ke dalam botol timbang. Jika Anda mengukur zat cair, gunakan sendok atau pipet untuk mengambil sampel zat cair dan masukkan ke dalam botol timbang. Jika Anda mengukur zat gas, gunakan selang atau tabung untuk mengisi botol timbang dengan zat gas.
  4. Baca skala pada botol timbang setelah zat dimasukkan ke dalam botol. Catat berat botol timbang setelah zat dimasukkan.
  5. Hitung selisih antara berat awal dan berat akhir botol timbang. Selisih tersebut merupakan berat zat yang telah dimasukkan ke dalam botol timbang.
  6. Buang zat yang telah diukur dan bersihkan botol timbang sebelum menggunakannya kembali. Jangan lupa untuk mencatat hasil pengukuran agar dapat digunakan untuk referensi di kemudian hari.

Macam-macam Botol Timbang

Ada beberapa macam botol timbang yang dapat Anda temukan di pasaran, di antaranya adalah:

1. Botol timbang kaca

Botol timbang kaca
Sumber gambar dari blogkimia.com

Botol timbang kaca: botol timbang jenis ini terbuat dari material kaca yang transparan, sehingga dapat dilihat jumlah zat yang dimasukkan ke dalam botol. Botol timbang kaca biasanya digunakan untuk mengukur zat cair, karena kaca tidak akan bereaksi dengan zat cair. Namun, botol timbang kaca juga dapat digunakan untuk mengukur zat gas, asalkan tidak mengandung zat yang dapat merusak kaca.

2. Botol timbang plastik

Botol timbang plastik
Sumber gambar dari fishersci.se

Botol timbang plastik: botol timbang jenis ini terbuat dari material plastik yang ringan dan kuat. Botol timbang plastik dapat digunakan untuk mengukur zat cair maupun gas, karena plastik tidak akan bereaksi dengan zat-zat tersebut. Botol timbang plastik juga lebih aman digunakan karena tidak mudah pecah atau retak seperti botol timbang kaca.

3. Botol timbang kombinasi

Botol timbang kombinasi
Sumber gambar dari tokopedia.com

Botol timbang kombinasi: botol timbang jenis ini terdiri dari bagian dalam yang terbuat dari kaca dan bagian luar yang terbuat dari plastik. Botol timbang kombinasi dapat digunakan untuk mengukur zat cair maupun gas, dan memiliki keunggulan dari kedua jenis botol timbang lainnya. Bagian dalam botol timbang kombinasi dapat dilihat jumlah zat yang dimasukkan ke dalam botol, sementara bagian luar botol timbang kombinasi lebih aman digunakan dan tidak mudah pecah atau retak.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan mengenai pengenalan alat lab yaitu Botol Timbang (Weighing Bottle) yang dapat admin sampaikan kali ini, mudah-mudahan artikel diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda. Selain itu juga bagi anda yang sedang mencari dan ingin membeli berbagai macam peralatan laboratorium secara lengkap anda bisa mengunjungi website berikut ini di www.envilife.co.id.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×