Fungsi Inkubator Di Laboratorium

BLOGLAB, Perlu anda ketahui bahwa inkubator di laboratorium merupakan salah satu alat yang sangat penting, untuk itu disini admin akan menjelaskan kepada anda yang mungkin belum mengetahui secara lengkap apa saja fungsi inkubator di laboratorium, maka dari itu untuk mengetahuinya silahkan anda baca pembahasan artikel berikut ini dengan seksama.

fungsi inkubator di laboratorium
ENVILIFE Drying Oven / Incubator (Double Function)

Inkubator laboratorium

Namun sebelum lanjut ke pembahasan alangkah baiknya anda mengetahui apa itu inkubator laboratorium? Inkubator laboratorium merupakan sebuah peralatan atau instrument laboratorium yang dipanasi dengan sebuah aliran listrik pada suhu tertentu yang dapat dipakai contohnya yaitu untuk memerami telur, mikrob dan juga untuk menghangatkan bayi yang lahir prematur. Inkubator ini yaitu secara umum dilengkapi dengan sebuah tombol untuk pengatur suhu waktu untuk memudahkan pengaturan suhu yang dikehendaki. Lihat selengkapnya.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai inkubator laboratorium, langsung saja ke pembahasan tentang apa saja fungsi dan kegunaan inkubator di laboratorium berikut.

Fungsi dan kegunaan inkubator laboratorium

Berikut ini adalah fungsi dari alat laboratorium yang bernama inkubator, diantaranya bisa anda lihat sebagai berikut:

  1. Inkubator tersebut dapat digunakan untuk membudidayakan suatu organisme sel, baik uniseluler ataupun juga multiseluler
  2. Inkubator ini biasanya digunakan untuk dapat memproduksi kumpulan mikroba
  3. Inkubator digunakan yaitu sebagai pengembangbiakan serangga dan penetasan telur pada laboratorium zoologi
  4. Inkubator digunakan sebagai tempat penyimpanan sampel sebelum diproses di laboratorium
  5. Inkubator digunakan untuk mempercepat laju pertumbuhan objek yang sulit tumbuh secara alami atau memakan waktu yang lama untuk bertumbuh secara mandiri.

Nah itulah fungsi secara umumnya, namun perlu anda ketahui juga bahwa inkubator laboratorium itu terdapat beberapa jenis atau tipenya diantaranya yaitu admin akan jelaskan juga dibawah ini.

Jenis atau tipe inkubator laboratorium

Berikut ini adalah beberapa tipe-tipe inkubator laboratorium yang harus anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Inkubator Benchtop

Nah, jenis inkubator laboratorium ini merupakan tipe inkubator yang paling ditemui pada beberapa laboratorium. termasuk juga laboratorium mikrobiologi. Inkubator laboratorium ini jadi favorit karena bisa melakukan inkubasi pada mikroorganisme dengan suhu yang terjaga dan tidak bercampur.

2. Inkubator CO2

Paling tidak ada beberapa ragam patogen yang mesti diteliti dengan meningkatkan pemfokusan CO2. dengan begitu, inkubator CO2 ini dibutuhkan di berbagai makmal yang menonjolkan studi lawan basil. upaya pekerjaan pada inkubator CO2 ini adalah dengan mengawal kelengasan di dalam inkubator mudah-mudahan bakteri dapat berkembang. di etape bawah inkubator CO2, terdapat kabinet yang berisikan air yang berfungsi bagi mengendalikan kelengasan inkubator itu.

3. Inkubator Pengocok

Inkubator pengocok yang dikontrol secara termostatis merupakan peralatan lain yang dipakai untuk mengembangbiakkan mikroorganisme. Keuntungannya adalah bahwa ia memberikan transfer panas yang cepat dan seragam ke bejana kultur, dan agitasinya memberikan peningkatan aerasi, yang menciptakan percepatan pertumbuhan. Namun inkubator ini hanya dapat digunakan untuk kaldu atau media kultur cair.

4. Inkubator Pendingin

Salah satu laboratorium juga membutuhkan inkubator pendingin untuk menginkubasi organisme yang bisa jadi diteliti. Inkubator ini dilengkapi dengan kontrol pemanas dan pendingin yang mesti seimbang dan sesuai agar suhu tetap terjaga.

5. Inkubator Portable

Biasanya beberapa peneliti tidak hanya bekerja di balik laboratorium saja. Ada bermacam – macam peneliti yang mesti bekerja langsung ke lapangan buat mengumpulkan objek yang akan diteliti. kemudian, biasanya mereka membutuhkan inkubator portable yang tentunya mempunyai ukuran yang lebih kecil dari pada inkubator di laboratorium.

Nah itulah beberapa fungsi dari inkubator laboratroium yang harus anda ketahui, setelah membaca pembahasan diatas mudah-mudahan anda bisa mengetahuinya dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Jika anda ingin membeli berbagai macam peralatan laboratorium termasuk inkubator laboratorium anda bisa menggunjungi link berikut ini yaitu di www.envilife.co.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *