Definisi Membran Plasma

oleh | Okt 28, 2022 | Biologi

Jika anda sedang belajar mengenai ilmu biologi bahwa sangat penting untuk mengetahui definisi membran plasma itu apa. Pada pembahasan sebelumnya yaitu tentang Perbedaan Struktur Sel Tumbuhan dan Hewan. maka dari itu disini saya akan menjelaskannya kepada anda dalam penjelasan dibawah ini.

Pengertian Membran Plasma

Membran plasma merupakan suatu selaput yang membungkus suatu massa protoplasma. Sedangkan protoplasma yang mengelilingi nukleus disebut sitoplasma. Komponen penyusun dasar protoplasma adalah air (H2 O) yang jumlahnya berkisar antara 70 – 90 % dari berat individu, terdapatnya dalam bentuk bebas atau terikat.

Sifat-sifat Protoplasma

Protoplasma mempunyai sifat-sifat kimia, silahkan anda perhatikan dalam tabel dibawah ini:

Nama unsurSimbolBerat dalam %
KarbonC10,50
HidrogenH10,00
OksigenO76,00
NitrogenN2,50
PhosporP0,30
KaliumK0,30
SulfurS0,20
KloridaCl0,10
MagnesiumMg0,02
KalsiumCa0,02
NatriumNa0,04
IodiumI0,01
FerumFe0,01
Tabel Susunan kimia protoplasm

Dari Tabel di atas dapat diketahui bahwa unsur-unsur C, H, O dan N merupakan bagian yang terbesar di dalam protoplasma. Ketiga unsur C, H dan O merupakan unsur pembentuk senyawa kimia yang bermacam-macam dengan ukuran molekul yang besar.

Bentuk Unsur Protoplasma

Di dalam protoplasma unsur-unsur ada yang berupa unsur anorganik. Dalam protoplasma unsur anorganik dalam bentuk sebagai berikut:

  1. Dalam bentuk garam, misalnya: natrium klorida (NaCl), kalium nitrat (KNO3 ), kalsium sulfat (CaSO4 ).
  2. Dalam bentuk asam, misalnya: asam klorida (HCl), asam nitrat (HNO3 ), asam karbonat (H2 CO3).
  3. Dalam bentuk basa, misalnya: natrium hidroksida (NaOH), kalium hidroksida (KOH).

Senyawa organik di dalam protoplasma tersusun oleh unsur C, H, dan O. Senyawa organik terdiri dari: karbohidrat, lemak dan protein yang merupakan sumber energi di dalam protoplasma.

Kesimpulan

Jadi pengertian dari Membran Plasma yaitu suatu selaput yang membungkus suatu massa protoplasma. Sedangkan protoplasma yang mengelilingi nukleus disebut sitoplasma. Itulah yang dapat admin sampaikan kepada anda semoga bermanfaat. Selanjutnya anda baca juga pembahasan tentang Organela Sel.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×